Cara Kalibrasi Data Logger dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Data Logger Terakreditasi

0

Dalam beberapa bidang pekerjaan manusia efisiensi dan efektifitas kerja sangat dibutuhkan misalnya saja dalam pencatatan suhu yang dapat berubah setiap menit bahkan detik dengan cara manual yang sangat tidak efisien. Atas permasalahan tersebut pencatatan data yang mudah dapat dilakukan dengan alat bernama data logger.

Data logger merupakan sebuah rangkaian alat elektronik yang digunakan untuk mencatat data pada interval waktu selama periode tertentu secara terus menerus yang terhubung dengan sensor dan instrumen. Alat ini memiliki fungsi sebagai alat untuk mencatat data atau logging dari sensor. Alat bukanlah alat yang sederhana oleh karenanya diutuhkan kepastian hasil pengukuran yang sesuai stadar menggunakan prosedur kalibrasi.

Kalibrasi akan membantu alat dalam menjaga keakuratan dan memastikan alat dapat digunakan secara baik tanpa menimbulkan kerugian apapun. Dalam pelaksanaan kalibrasi tersebut juga memiliki aturan yang wajib dipatuhi pelaksana kalibrasi, Apa sajakah aturan tersebut? penjelasan selengkapnya berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Data Logger

Untuk Mencapai tujuan kalibrasi yaitu keakuratan dan ketertelusuran, maka dalam pelaksanaan kalibrasi terdapat hal-hal yang wajib dilakukan dalam ketentuan kalibrasi yang telah diatur. Adapun ketentuan kalibrasi yang dimaksud meliputi standar acuan, metode kalibrasi, dan cara kalibrasi data logger. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Data Logger

Standar acuan adalah standar ukuran yang  tingkat akurasinya tertinggi yang dimiliki oleh unit pelaksana teknis. Dalam kalibrasi pun standar acuan yang digunakan harus sesuai dengan satuan internasional (SI). sedangkan untuk metode kalibrasi data logger yang meliputi rentang ukur dan ketidakpastian kalibrasi mengacu pada dokumen yang diterbitkan oleh KAN sebagai pedoman metode kalibrasi.

Prosedur Cara Kalibrasi Data Logger

Sebagai prosedur pastinya ada tata cara dalam pelaksanaan kalibrasi data logger yang diantaranya meliputi 5 tahapan penting dalam cara kalibrasi data logger. Adapun tahapan tersebut diantaranya seperti persiapan alat bahan hingga metode, pelaksana kalibrasi, menghitung data kalibrasi, menentukkan ketidakpastian dan membuat kesimpulan, serta terakhir membuat laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Data Logger

Dalam menentukkan frekuensi kalibrasi sebenarnya tidak dapat disama ratakan untuk setiap alat ukur. Namun secara umum Anda dapat melakukan kalibrasi data logger minimal setiap satu kali dalam satu tahun. Namun kembali lagi banyaknya frekuensi kalibrasi ditentukan oleh banyak faktor seperti durasi penggunaan alat. 

Jika Anda bingung dalam menentukkan frekuensi kalibrasi yang baik bagi data logger Anda dapat melakukan konsultasi terkait frekuensi data logger kepada ahlinya dengan cara klik gambar yang tercantum dibawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jadi bagaimana sudah memahami tentang standar acuan, metode dan juga cara kalibrasi data logger? Jika Anda bingung dengan prosedurnya, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan jasa kalibrasi yang telah berkompeten dalam melakukan kalibrasi daripada harus melakukan kalibrasi sendiri. Berikut keuntungan ketika menggunakan jasa kalibrasi yang diantaranya seperti :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Untuk mencapai hasil yang dapat tertelusur standar yang lebih tinggi, maka lakukanlah kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah memahami prosedur kalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah terakreditasi KAN akan memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi yang asli. Oleh karenanya pilih jasa kalibrasi KAN agar setelah alat dinyatakan lulus uji akan mendapatkan bukti sertifikat. 

Layanan Jasa Kalibrasi Data Logger Terakreditasi KAN

Sebagaimana penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, Kalibrasi yang baik adalah yang dilakukan oleh teknisi yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi. Apakah Anda sedang mencari jasa kalibrasi yang berkompeten? di Kalibrasi.com adalah solusinya. Anda dapat  menemukan jasa kalibrasi sesuai kebutuhan Anda dengan mudah dalam satu platform di Kalibrasi.com.

Kalibrasi.com sendiri adalah sebuah platform digital yang memberikan layanan jasa kalibrasi dengan beragam pilihan, biaya yang terjangkau, lokustik yang aman tanpa masalah dan pastinya mtra yang tergabung dalam Kalibrasi.com telah terakreditasi KAN. adapun pelayanan yang ditawarkan Kalibrasi.com sangat beragam salah satunya jasa kalibrasi data logger.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Data Logger di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan berbagai macam ruang lingkup yang menyediakan berbagai macam ruang lingkup yang luas dan lengkap. salah satu yang tersedia di platform ini adalah ruang lingkup kalibrasi suhu dan kelembaban untuk kalibrasi data logger. Beberapa  mitra yang menyediakan kalibrasi dalam ruang lingkup ini diantaranya PT Qualis Indonesia, PT Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT Mutuagung Lestari, PT TUV NORD Indonesia, dan PT Pananjung Anugrah Solution

Kelebihan Jasa Kalibrasi Data Logger dari Kalibrasi.com

Sebagai platform jasa kalibrasi dengan akses yang mudah, Kalibrasi.com memiliki kelebihan dalam jasa data logger aitu diantaranya :  

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Berminat melakukan jasa kalibrasi data logger dari Kalibrasi.com? Dibawah ini terdapat form yang dapat Anda isi untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi data logger, selengkapnya yuk isi form berikut!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.