Cara Kalibrasi Dial Caliper dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Dial Caliper Terakreditasi

0

Kebutuhan akan alat ukur yang dapat mengukur dimensi objek dengan sangat presisi oleh perindustrian memang sangat penting. Maka dari itu diperlukan alat yang bernama dial caliper ini untuk mengukur dimensi suatu objek baik eksternal maupun internal. Dial caliper ini mirip seperti vernier caliper bedanya terletak pada cara pembacaannya yang menggunakan jarum atau dial indicator. 

Namun begitu keakuratan dalam pengukuran harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran. Untuk itu mari kita simak penjelasan tentang cara kalibrasi dial caliper berikut ini sekaligus memberikan jasa kalibrasi dial caliper yang terbaik untuk Anda.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Dial Caliper

Untuk melakukan kalibrasi pada dial caliper, diperlukan standar acuan yang sesuai dengan satuan internasional, metode kalibrasi yang tepat, serta prosedur cara kalibrasi dial caliper yang akurat. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa hasil kalibrasi akan valid dan dapat diandalkan.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Dial Caliper

Pada cara kalibrasi dial caliper, standar acuan yang digunakan harus mengacu ke satuan dan standar yang berlaku secara internasional. Dalam standar acuan ini metode kalibrasi yang digunakan adalah JIS B7507:2016. Pada metode kalibrasi ini menggunakan rentang ukur mulai dari 2 mm – 20 mm hingga 80 mm untuk jenis outside dial caliper dan sedangkan untuk inside dial caliper menggunakan 5 mm – 15 mm hingga 20 mm – 40 mm.

Prosedur Cara Kalibrasi Dial Caliper

Cara kalibrasi dial caliper terdiri dari beberapa tahapan penting seperti berikut:

  • Cara kalibrasi dial caliper pertama di mulai dari pengecekan fisik dial caliper untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan fisik yang dapat mempengaruhi hasil pengukuran. 
  • Kemudian, dial caliper dikalibrasi dengan menggunakan standar acuan dan metode kalibrasi yang telah ditetapkan. Selama proses kalibrasi, dial caliper diuji dengan melakukan pengukuran pada objek dengan dimensi yang telah diketahui kemudian dicatat untuk penentuan ketidakpastian kalibrasi selanjutnya. 
  • Setelah cara kalibrasi dial caliper selesai, dial caliper harus dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Frekuensi Kalibrasi untuk Dial Caliper

Frekuensi kalibrasi sendiri adalah waktu di mana alat ukur ini dilakukan kalibrasi secara berkala. Dalam penentuan frekuensi kalibrasi dial caliper ini juga bisa ditentukan oleh beberapa faktor yang secara teknis mungkin cukup sulit bagi orang awam. Namun sekarang Anda bisa melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi ini kepada ahlinya yakni penyedia jasa kalibrasi dial caliper Kalibrasi.com dengan cara mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Memilih menggunakan jasa kalibrasi dial caliper kepada ahlinya adalah suatu hal yang sangat bijak ketimbang melakukan kalibrasi secara mandiri. Mengapa demikian? Karena banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan jasa kalibrasi dial caliper ke profesional seperti di bawah ini.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Penyedia jasa kalibrasi yang profesional pastinya memberikan layanan kalibrasi yang sesuai dengan standar yang telah diakui dan berlaku di dunia internasional. Sehingga setiap hasil kalibrasinya sudah teruji dan dapat dipertanggungjawabkan. Lebih lagi, hasil kalibrasi bisa ditelusuri dan dibuktikan kebenarannya ke standar yang lebih tinggi.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Sebagai bukti validitas dan keakuratan hasil kalibrasi, jasa kalibrasi pasti akan memberikan sertifikat kalibrasi. Yang mana keberadaan sertifikat ini sangat penting sebagai bukti otentik bahwa dial caliper telah dikalibrasi dan telah memenuhi standar yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Dial Caliper Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com sebagai penyedia jasa kalibrasi dial caliper yang terakreditasi KAN merupakan solusi kalibrasi yang paling tepat untuk Anda. Maka dari itu, pastikan Anda pilih kalibrasi.com untuk mendapatkan kalibrasi yang terbaik dan juga paling lengkap dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Dial Caliper di Kalibrasi.com

Berbicara tentang ruang lingkup yang luas, Kalibrasi.com menjadi penyedia jasa kalibrasi dial caliper yang memiliki mitra terakreditasi KAN profesional. Artinya Anda akan mendapatkan layanan kalibrasi yang lengkap tanpa perlu lagi mencari penyedia jasa lainnya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Dial Caliper dari Kalibrasi.com

Jasa kalibrasi dial caliper dari Kalibrasi.com menawarkan sejumlah kelebihan, sebut saja prosedur kalibrasi yang sudah pasti tepat, pembayaran dengan opsi yang lengkap, dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan ragu lagi untuk pilih Kalibrasi.com sebagai mitra kalibrasi Anda yang terpercaya dengan mengisi formulir di bawah ini untuk melakukan pemesanan langsung Kalibrasi.com.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.