Cara Kalibrasi Dial Indicator dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Dial Indicator Terbaik

0

Dial indicator atau yang biasa disebut dengan dial gauge merupakan salah satu alat ukur dengan skala yang sangat kecil dengan ketelitian 0,01mm. Dial indicator memiliki bentuk yang mirip dengan jam analog dengan dua sampai tiga jarum penunjuk.

Seperti alat ukur lain, dial indicator juga harus melakukan kalibrasi berkala. Kalibrasi dial indicator tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan, melainkan harus sesuai dengan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi dial indicatpr yang tepat? mari kita bahas!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Dial Indicator

Keakuratan dan kualitas kalibrasi dial indicator sangat bergantung pada standar acuan, metode, dan cara kalibrasi dial indicator. Standar acuan, metode, dan cara kalibrasi dial indicator yang tepat akan menghasilkan kalibrasi yang terakreditasi, akurat, dan berkualitas. Berikut ini adalah penjelasan tentang standar acuan, metode, dan cara kalibrasi dial indicator yang tepat:

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Dial Indicator

Standar acuan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi dial indicator harus mengacu pada dokumen Komite Akreditasi Nasional. Berdasarkan dokumen dari Komite Akreditasi Nasional, standar acuan dalam pelaksanaan kalibrasi dial indicator yang meliputi rentang ukur, ketidakpastian, dan metode kalibrasi adalah sebagai berikut:

Rentang ukur dial indicator berkisar antara 0mm hingga 100mm dengan nilai ketidakpastian mulai dari 0.9μm hingga 5.8μm. Metode yang dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi dial indicator terdiri atas beberapa metode yaitu metode IK-KM-DM09, JIS B7503:2017, dan JIS B7533:2015.

Prosedur Cara Kalibrasi Dial Indicator

Prosedur cara kalibrasi dial indicator meliputi beberapa tahapan kalibrasi yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, perhitungan data, penetapan nilai ketidakpastian, dan tahap pembuatan serta penerbitan laporan.

Pada tahap persiapan, dial indicator yang akan dikalibrasi dan alat yang digunakan untuk kalibrasi harus disiapkan dan dipastikan kondisinya dalam keadaan baik dan dapat berfungsi normal. Kemudian, kalibrasi dapat dilaksanakan. Pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan oleh teknisi kalibrasi yang kompeten dan berpengalaman agar kalibrasi dilakukan sesuai dengan syarat dan standar yang telah ditentukan.

Setelah kalibrasi selesai dilaksanakan, data kalibrasi dihitung dengan objektif, lalu ditentukan nilai ketidakpastiannya. Kemudian, barulah laporan hasil kalibrasi dibuat dan diterbitkan. Pembuatan laporan hasil kalibrasi dial indicator harus sesuai dan mengacu pada SNI 19-17025.

Frekuensi Kalibrasi untuk Dial Indicator

Setelah kalibrasi dilaksanakan dan laporan hasil kalibrasi telah dibuat dan diterbitkan. Frekuensi kalibrasi dapat ditentukan. Frekuensi kalibrasi secara umum dapat didefinisikan sebagai rentang atau jarak waktu antara kalibrasi terakhir dengan kalibrasi yang akan dilaksanakan berikutnya. 

Sebenarnya frekuensi kalibrasi dial indicator dapat berbeda-beda sesuai dengan kondisi alat. Oleh karena itu, untuk menetapkan frekuensi kalibrasi yang tepat, kami merekomendasikan untuk melaksanakan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi dial indicator.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dapat dilakukan baik secara perorangan (individu) atau dengan menggunakan jasa kalibrasi. Namun, kalibrasi dial indicator dengan menggunakan jasa kalibrasi memiliki lebih banyak keuntungan. Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan jasa kalibrasi dial indicator adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menggunakan jasa kalibrasi dial indicator yang terakreditasi dan berkualitas, jasa kalibrasi tersebut pasti telah mengacu pada standar nasional maupun internasional sehingga dapat menjamin hasil kalibrasi tertelusur dan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang terakreditasi juga berhak memberikan sertifikasi kalibrasi sehingga Anda dapat memperoleh bukti sertifikat kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas hanya dengan menggunakan jasa kalibrasi yang terakreditasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Dial Indicator Terakreditasi KAN

Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan jasa kalibrasi dial indicator yang terakreditasi Kan dan berkualitas yaitu jasa kalibrasi dial indicator dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com menyediakan berbagai layanan yang menarik yaitu sebagai berikut:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Dial Indicator di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan berbagai ruang lingkup kalibrasi termasuk untuk dial indicator sehingga pengguna dapat melakukan kalibrasi berbagai jenis alat ukur. Dengan luasnya ruang lingkup kalibrasi yang disediakan, artinya kalibrasi.com juga telah memahami aspek-aspek kalibrasi secara luas sehingga dapat dipercaya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Dial Indicator dari Kalibrasi.com

Jasa kalibrasi dial indicator yang disediakan oleh kalibrasi.com juga memiliki berbagai kelebihan yaitu standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai standar, prosedur yang tepat, opsi pembayaran fleksibel, dan layanan logistic yang dapat diandalkan. 

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com, Anda dapat mengajukan permintaan dan menghubungi kalibrasi.com dengan cara mengisi form yang telah disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.