Cara Kalibrasi Durometer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Durometer Terbaik

0

Kebutuhan akan jasa kalibrasi durometer saat ini memang semakin meningkat. Sebelum kesana mari kita bahas terlebih dahulu apa itu durometer. 

Durometer sendiri merupakan jenis alat ukur yang digunakan untuk menghitung tingkat kekerasan benda berdasarkan tekanan atau perlawanan pada sebuah penetrasi jarum dengan pegas. Durometer sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan sesuai dengan jenis materialnya seperti misalnya karet, kayu, plastik dan lain sebagainya.

Dengan fungsinya yang sangat membutuhkan keakuratan pengukuran mengingat pengukurannya yang cukup sensitif terhadap kekerasan suatu benda. Durometer ini juga sama seperti alat ukur lainnya yang mana dapat mengalami penyimpangan dalam pengukurannya sehingga harus dikalibrasi. Maka dari itu mari kita bahas bagaimana cara kalibrasi durometer dan juga jasa kalibrasi durometer di Kalibrasi.com berikut ini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Durometer

Dalam cara kalibrasi durometer agar menjadi lebih akurat, maka Anda memerlukan standar acuan yang sesuai dengan standar internasional. Dalam standar ini terdapat metode kalibrasi dan juga prosedur atau cara kalibrasi durometer yang harus ditentukan untuk memastikan keakuratan pengukuran.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Durometer

Adapun standar acuan yang digunakan dapat disesuaikan dengan tipe durometer yang digunakan. Adapun metode kalibrasi yang digunakan yakni ASTM D2240-15 tipe A atau tipe D. Skala A digunakan untuk plastik lembut, sementara skala D digunakan untuk material yang lebih keras. Setiap skala memberikan nilai antara 0 hingga 100, dengan nilai yang lebih tinggi menunjukkan kekerasan yang lebih tinggi pula.

Prosedur Cara Kalibrasi Durometer

Dalam cara kalibrasi durometer terdiri dari beberapa tahapan, untuk lebih dapat memahaminya mari kita lihat beberapa tahapan cara kalibrasi durometer berikut ini.

  • Tahap Persiapan, Langkah awal dalam kalibrasi durometer adalah persiapan. Pada tahap ini, Anda perlu menyiapkan alat yang akan dikalibrasi, memeriksa kondisi fisiknya, dan memastikan bahwa durometer berada dalam keadaan yang baik. Pastikan juga lingkungan di sekitar alat stabil dan sesuai agar hasil pengukuran akurat.
  • Tahap Pelaksanaan, Setelah tahap persiapan, lanjutkan ke tahap pelaksanaan kalibrasi. Pada tahap ini, Anda akan melakukan pengaturan parameter pada durometer sesuai dengan standar yang berlaku. Pengaturan ini mencakup kecepatan rotasi, waktu pengendapan, dan pengaturan lain yang relevan. Setelah pengaturan dilakukan, catatlah data mengenai kinerja durometer.
  • Tahap Menghitung Data dan Ketidakpastian, Data yang terkumpul akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, nilai maksimum, minimum, dan perhitungan ketidakpastian. Hal ini bertujuan untuk menentukan batas toleransi yang dapat diterima.
  • Tahap Membuat dan Menerbitkan Laporan, Tahapan terakhir dalam kalibrasi durometer adalah pembuatan laporan kalibrasi. Laporan ini berisi informasi mengenai hasil kalibrasi, deviasi, ketidakpastian, dan catatan penting lainnya. Laporan tersebut akan menjadi bukti bahwa alat telah dikalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Frekuensi Kalibrasi untuk Durometer

Dari cara kalibrasi durometer diatas, ada beberapa hal yang dapat menentukan interval atau frekuensi seberapa seringnya durometer ini dikalibrasi. Seperti setiap 6 bulan sekali atau berapa jam pemakaiannya, penentuan interval ini mungkin cukup sulit ditentukan oleh orang awam, makanya Kalibrasi.com bisa menjadi solusi untuk Anda dalam menentukannya atau bisa langsung klik banner di bawah ini untuk mengkonsultasikan sesuai dengan jenis durometer yang Anda miliki.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melakukan kalibrasi secara mandiri mungkin bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran. Namun menggunakan jasa kalibrasi durometer jauh lebih menguntungkan seperti mendapatkan sertifikat, dan juga dijamin keakuratannya sesuai dengan standar internasional.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Salah satu keuntungan utama menggunakan jasa kalibrasi durometer adalah bahwa proses kalibrasi dilakukan oleh para ahli yang menggunakan standar yang tertelusur dan berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi durometer, Anda akan mendapatkan bukti berupa sertifikat kalibrasi durometer. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa alat Anda telah dikalibrasi secara profesional dan sesuai standar yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Durometer Terakreditasi KAN

Pastikan Anda memilih jasa kalibrasi durometer yang terakreditasi KAN seperti Kalibrasi.com. layanan ini mencakup berbagai ruang lingkup kalibrasi durometer, dan juga memiliki kelebihan lain yang mungkin tidak ditemukan di penyedia jasa kalibrasi lainya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Durometer di Kalibrasi.com

Adapun Mitra-mitra kalibrasi terpercaya seperti PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan PT. Mutuagung Lestari merupakan beberapa contoh mitra yang telah terakreditasi KAN dan tersedia di Kalibrasi.com sehingga ruang lingkup yang luas bisa memudahkan Anda dalam memilih jenis alat ukur yang Anda miliki.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Durometer dari Kalibrasi.com

Adapun beberapa kelebihan jasa kalibrasi Durometer dari Kalibrasi.com diantaranya memiliki standar acuan yang jelas, prosedur yang dilakukan oleh ahli yang profesional, hingga logistik yang dapat diandalkan. Bagaimana apakah Anda tertarik kalibrasi di Kalibrasi.com? cukup isi formulir di bawah ini dan Anda akan dihubungi oleh pihak Kalibrasi.com untuk penjadwalannya.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.