Cara Kalibrasi DWT dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi DWT Terakreditasi

0

Untuk dapat melakukan pengukuran secara tepat tentunya dibutuhkan sebuah alat ukur yang akurat.  Seperti dalam penggunaan alat ukur yang bernama DWT. Pernah mendengar alat ini sebelumnya? Dead Weight tester atau DWT adalah sebuah alat ukur yang digunakan dalam pengukuran tekanan tinggi, seperti hidrolik.

DWT biasanya digunakan untuk kalibrasi pengukur tekanan karena memiliki akurasi yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai standar utama. Alat ini ada banyak jenisnya tergantung pada aplikasinya dan dioperasikan dengan oli (hidrolik) atau dengan udara (pneumatik). Untuk perawatan keakuratan alat ini dapat dilakukan dengan prosedur kalibrasi 

Prosedur kalibrasi sendiri bukanlah prosedur sembarangan dan seharusnya dilakukan oleh seorang ahli yang sudah berpengalaman. Hal ini karena dalam melakukan kalibrasi DWT terdapat ketentuan yang wajib dipahami oleh setiap pelaksana. Ketentuan tersebut meliputi standar acuan, metode dan cara kalibrasi DWT, lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi DWT

Dalam pelaksanaan kalibrasi mematuhi setia ketentuan yang ada adalah sebuah keharusan. Ketidakpatuhan pada ketentuan kalibrasi dapat menyebabkan kesalahan dalam melakukan kalibrasi. adapun standar acuan, metode dan cara kalibrasi juga perlu diketahui pemilik alat ukur . untuk lebih lengkapnya telah artikel ini rangkum dalam penjelasan berikut!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi DWT

Standar acuan digunakan untuk menjadi pedoman ukuran dan menyamaratakan hasil kalibrasi di seluruh dunia. Oleh karenanya standar acuan harus sesuai dengan satuan  internasional (SI). Dengan menerapkan standar acuan SI, metode kalibrasi dan rentang ukur pastinya turut menyesuaikan. Untuk metode kalibrasi DWT telah diatur dalam EURAMET/cg-3/v 1.0(2011)

Prosedur Cara Kalibrasi DWT

Sebagai sebuah prosedur untuk memastikan kalibrasi DWT mencapai tujuannya yaitu keakuratan tentunya ada cara kalibrasi DWT yang harus dilakukan. Lebih lengkapnya berikut ini!

  1. Lakukan persiapan yang dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan kalibrasi, menunjuk teknisi kalibrasi, mempersiapkan tempat kalibrasi, dan menentukan metode kalibrasi yang tepat
  2. Melaksanakan kalibrasi, pada cara ini DWT akan dilakukan pengamatan awal,kemudian diatur ulang, dan dilakukan pengamatan kembali untuk melihat perbedaan nilai saat sebelum dan sesudah diatur ulang. Data yang diperoleh kemudian dicatat.
  3. Melakukan perhitungan atas data kalibrasi yang diperoleh. Hasil perhitungan kemudian akan digunakan sebagai dasar dalam menentukkan ketidakpastian dan membuat kesimpulan kalibrasi.
  4. Setelah semua data telah diperoleh cara terakhir adalah membuat laporan kalibrasi dan menerbitkannya.

Frekuensi Kalibrasi untuk DWT

Untuk menentukkan frekuensi kalibrasi seenarnya pada setiap alat ukur memiliki frekuensi kalibrasi yang berbeda-beda. Pada kalibrasi DWT umumnya dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun atau juga dapat setiap 6 bulan sekali. Namun untuk menentukkan frrekuensi kalibrasi itu kembali lagi pada penggunaan alat ukur itu sendiri, semakin sering digunakan semakin rapat pula frekuensi kalibrasi. 

Jika Anda membutuhkan informasi terkait frekuensi kalibrasi, Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan klik gambar dibawah ini

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah Anda mengetahui ketentuan dalam melakukan kalibrasi alat ukur, yang mana dalam melakukan kalibrasi dibutuhkan pengetahuan serta pengalaman di bidang kalibrasi untuk menghindari kesalahan dalam melakukan kalibrasi. Oleh karenanya melibatkan jasa kalibrasi adalah pilihan yang tepat dari pada melakukan kalibrasi sendiri. Dengan menggunakan jasa kalibrasi akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Hasil kalibrasi yang dilakukan oleh jasa kalibrasi berkredibel lebih terjamin keakuratan dan mampu tertelusur ke standar nasional Indonesia maupun internasional.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah terakreditasi akan memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi. sehingga apabila Anda melakukan kalibrasi pada jasa kalibrasi terakreditasi pastinya akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi asli.

Layanan Jasa Kalibrasi DWT Terakreditasi KAN

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam melakukan kalibrasi bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh karenanya dibutuhkan seorang ahli yang dapat melakukan kalibrasi sesuai dengan standarnya. Mencari jasa kalibrasi DWT? Kalibrasi.com dapat menjadi solusinya. Karena platform ini memberikan pelayanan jasa kalibrasi sesuai kebutuhan Anda.

Sebuah platform yang mampu memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa kalibrasi yang sesuai kebutuhan bisnis Anda. Kalibras.com telah bekerja sama dengan mitra yang telah terakreditasi KAN serta menyediakan pilihan jasa kalibrasi yang beragam. Termasuk dalam jasa kalibrasi DWT yang selengkapnya dalam penjelasan berikut :

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi DWT di Kalibrasi.com

Kalibras.com menawarkan berbagai layanan jasa kalibrasi dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas salah satunya ruang lingkup kalibrasi tekanan untuk kalibrasi DWT. Mitra Kalibrasi.yang menyediakan jasa kalibrasi ini diantaranya PT Qualis Indonesia, PT Mutuagung Lestari, PT Pananjung Anugrah Solution, dan PT Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi DWT dari Kalibrasi.com

Tidak hanya saja layanan jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com memberikan kelebihan yang diantaranya sebagai berikut :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Bukankah jasa kalibrasi DWT yang ditawarkan Kalibrasi.com akan memudahkan Anda dalam mencari jasa kalibrasi yang tepat? Oleh karenanya jika Anda berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi DWT dari Kaliasi.com Anda dapat mengunjungi laman resmi Kalibrasi.com atau lebih mudahnya Anda dapat mengisi form yang telah tersedia dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.