Cara Kalibrasi Earth Tester dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Earth Tester Terakreditasi

0

Bagi Anda yang bekerja di bidang kelistrikan mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya earth tester. Dari namanya earth tester ini digunakan sebagai alat ukur nilai resistansi atau ketahanan pada tanah terhadap sistem grounding. Grounding sendiri adalah pengaman yang dapat menghubungkan bagian instalasi listrik kedalam tanah, tujuannya agar aliran arus listrik yang bocor bisa langsung disalurkan ke tanah dan mencegah bahaya seperti kebakaran ataupun sengatan listrik.

Dengan nilai pengukuran yang penting inilah mengapa earth tester perlu dikalibrasi secara berkala untuk memastikan akurasi dan reliabilitas hasil pengukurannya. Mari kita bahas bagaimana cara kalibrasi earth tester dan juga rekomendasi jasa kalibrasi earth tester yang profesional.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Earth Tester

Kalibrasi adalah proses penyesuaian atau perbandingan alat ukur dengan standar acuan yang memiliki ketelitian yang lebih tinggi. Standar acuan adalah alat ukur yang telah disertifikasi oleh lembaga yang berwenang dan sesuai dengan satuan internasional (SI). dan juga metode kalibrasi yang harus sesuai dengan standar acuannya.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Earth Tester

Untuk cara kalibrasi Earth Tester, standar acuan yang digunakan adalah resistor box atau kotak resistor, yaitu alat yang memiliki nilai resistansi yang diketahui dengan pasti dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Metode kalibrasi yang digunakan untuk IKE-02 dengan rentang ukur 0.1 ohm ~ 2 ohm hingga mencapai 2 kohm ~ 10 kohm.

Prosedur Cara Kalibrasi Earth Tester

Berikut adalah langkah-langkah cara kalibrasi Earth Tester menggunakan metode 3 titik:

  • Cara kalibrasi earth tester yang pertama adalah melakukan persiapan terhadap earth tester yang harus dikalibrasi, menentukan metode kalibrasi yang tepat, dan juga pengkondisian lingkungan kalibrasinya.
  • Pelaksanaan kalibrasi dilakukan pada earth tester dengan pengukuran sesuai dengan rentang ukurnya. 
  • Analisis data dari pengukuran sebelumnya sehingga dapat ditentukan nilai rata-rata, nilai deviasinya, dan nilai ketidakpastiannya.
  • Cara kalibrasi earth tester yang terakhir adalah pembuatan laporan kalibrasi yang mencantumkan hasil pengukuran, selisih, batas kesalahan, dan status kalibrasi (lulus atau gagal) untuk setiap nilai resistansi yang digunakan.

Frekuensi Kalibrasi untuk Earth Tester

Adapun beberapa faktor yang mungkin bisa mempengaruhi frekuensi kalibrasi earth tester diantaranya frekuensi penggunaan, kondisi lingkungan, spesifikasi pabrik, dan persyaratan regulasi. Secara umum, disarankan untuk melakukan kalibrasi setidaknya sekali dalam setahun atau sesuai dengan rekomendasi produsen. Namun untuk lebih pastinya Anda bisa langsung konsultasi kepada ahlinya dengan cara mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin dari sebagian dari orang setelah mengetahui cara kalibrasi earth tester ini bisa langsung melakukannya secara mandiri. Namun begitu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan jasa kalibrasi earth tester yang profesional dan terpercaya, seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan jasa kalibrasi earth tester yang profesional pasti mengacu ke standar internasional yang berlaku. Dengan standar acuan ini maka kalibrasi akan memiliki ketelitian yang lebih tinggi dari alat ukur yang akan dikalibrasi dan dapat ditelusuri ke standar yang lebih tinggi. 

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jika Anda menggunakan jasa kalibrasi earth tester, Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang sah dan diakui oleh pihak-pihak terkait. Sertifikat kalibrasi ini berisi informasi penting seperti hasil pengukuran, deviasi, status kalibrasi, dan identitas alat ukur dan standar acuan yang digunakan.

Layanan Jasa Kalibrasi Earth Tester Terakreditasi KAN

Adapun beberapa cara kalibrasi earth tester yang mungkin lebih baik jika dilakukan oleh ahlinya yang sudah memiliki pengalaman dan kompetensi dalam bidang ini. Kalibrasi.com bekerja sama dengan mitra-mitra kalibrasi yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan memiliki ruang lingkup yang lengkap.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Earth Tester di Kalibrasi.com

Ruang lingkup adalah daftar alat ukur yang dibagi menjadi beberapa ruang lingkup kalibrasi seperti ruang lingkup kelistrikan untuk jasa kalibrasi earth tester. Mitra-mitra kalibrasi yang memiliki ruang lingkup ini antara lain adalah:

  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT Mutuagung Lestari

Dan masih banyak lagi mitra kalibrasi terpercaya lainnya. Mitra-mitra ini telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi Earth Tester dengan standar acuan yang tertelusur dan metode kalibrasi yang sesuai.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Earth Tester dari Kalibrasi.com

Selain memiliki ruang lingkup yang lengkap, jasa kalibrasi Earth Tester dari Kalibrasi.com juga memiliki kelebihan-kelebihan lainnya, seperti Standar acuan jelas, metode kalibrasi yang pasti, opsi pembayaran yang lengkap, logistik yang tentu saja handal. Dengan demikian, Anda dapat menikmati layanan jasa kalibrasi Earth Tester yang profesional dan terpercaya dari Kalibrasi.com. Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com, silahkan isi form di bawah ini dan tunggu Kalibrasi.com yang akan menghubungi Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.