Cara Kalibrasi Energy Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Energy Meter Terakreditasi

0

Bagi orang awam, pasti kita mengetahui alat ukur listrik yang bernama meteran listrik. Sebenarnya alat ukur meteran listrik ini memiliki banyak nama salah satunya jenisnya yakni energy meter. di mana energy meter ini merupakan alat perekam total pemakaian energi listrik dalam satuan kilowatt-hour (KWH) oleh berbagai peralatan listrik yang terhubung padanya. Dengan bacaan yang ditampilkan pada energy meter, pengguna dapat memantau dan mengelola pemakaian listrik secara efisien, serta memahami besaran tagihan listrik yang akan diterima.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya cara kalibrasi energy meter dan rekomendasi jasa kalibrasi energy meter terpercaya untuk memastikan akurasi dan keandalan pengukuran energi listrik sesuai kebutuhan Anda.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Energy Meter

Pertama kita akan membahas bagaimana menentukan standar acuan, metode kalibrasi, dan juga cara kalibrasi energy meter yang benar. Karena penting bagi kita untuk mengikuti standar yang ada agar mendapatkan hasil kalibrasi yang tepat dan diakui.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Energy Meter

Cara kalibrasi energy meter harus mengacu pada standar yang telah ditetapkan untuk jenis alat ini. Hal ini memastikan bahwa kalibrasi dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Standar metode kalibrasi energy meter dapat disesuaikan dengan referensi energy meter yang telah diakui dan teruji keakuratannya yakni IK/LAB/7.2-LKAL.01.017 dengan Pengukuran Langsung sekaligus rentang ukurnya ditentukan antara 60.0 V ~ 220 V; 0.1 A ~ 10 A, 57.7 V ~ 240 V ; 0.005 A – 100 A, hingga 57.7 V ~ 240 V ; 0.005 A ~ 100 A.

Prosedur Cara Kalibrasi Energy Meter

Adapun tahapan dalam cara kalibrasi energy meter berikut ini.

  • Tahap persiapan melibatkan penyiapan alat, pemeriksaan kondisi fisik, dan pengaturan lingkungan yang stabil. 
  • Selanjutnya, tahap pelaksanaan kalibrasi melibatkan pengaturan parameter energy meter sesuai dengan standar. 
  • Data hasil pengukuran akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, dan ketidakpastian untuk menentukan batas toleransi yang diterima. 
  • Akhirnya, laporan kalibrasi akan dibuat untuk mencatat hasil kalibrasi dan menjadi bukti bahwa energy meter telah dikalibrasi dengan benar.

Frekuensi Kalibrasi untuk Energy Meter

Setelah mengetahui cara kalibrasi energy meter dengan benar. Maka yang perlu menentukan frekuensi kalibrasinya agar dapat dilakukan kalibrasi secara berkala. Hal ini tentu mungkin bisa membingungkan apalagi tanpa memiliki pengetahuan yang mendalam seputar kalibrasi. Namun tentang saja, Anda dapat berkonsultasi untuk menentukan frekuensi kalibrasi kepada ahlinya seperti Kalibrasi.com dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin muncul dibenak Anda bagaimana jika melakukan cara kalibrasi energy meter sendiri atau menyerahkannya ke jasa kalibrasi energy meter. Sebenarnya masing-masing pilihan memiliki kekurangan ataupun kelebihannya. Namun begitu menggunakan jasa kalibrasi energy meter memiliki beberapa keuntungan dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi energy meter memiliki keunggulan dalam menggunakan standar yang tertelusur dan berlaku secara internasional. Para teknisi kalibrasi yang berpengalaman menjalankan proses kalibrasi sesuai dengan standar yang diakui dan teruji keakuratannya. Hal ini memberikan keyakinan bahwa hasil kalibrasi akan akurat dan dapat diandalkan.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Menggunakan jasa kalibrasi energy meter akan memberikan bukti berupa sertifikat kalibrasi yang resmi. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa energy meter telah melewati proses kalibrasi dan memenuhi standar yang ditetapkan. Dengan sertifikat kalibrasi, pengguna alat dapat dengan mudah menunjukkan keabsahan hasil kalibrasi kepada pihak yang berkepentingan.

Layanan Jasa Kalibrasi Energy Meter Terakreditasi KAN

Jika Anda memilih jasa kalibrasi energy meter, pastikan Anda memilih yang sudah terakreditasi KAN seperti Kalibrasi.com. karena Kalibrasi.com dipastikan para ahli kalibrasi yang sudah berpengalaman dan juga melakukan cara kalibrasi energy meter dengan benar. Layanan di Kalibrasi.com didukung oleh mitra-mitra terpercaya yang telah terakreditasi KAN, sehingga Anda dapat mempercayakan alat Anda pada ahli kalibrasi yang profesional.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Energy Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup yang lengkap untuk kalibrasi energy meter dan berbagai alat ukur lainnya. Adapun beberapa mitra yang bekerja dengan Kalibrasi.com dipastikan sudah terakreditasi KAN dan profesional, seperti PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan PT. Mutuagung Lestari.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Energy Meter dari Kalibrasi.com

Kelebihan jasa kalibrasi energy meter dari Kalibrasi.com meliputi standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai, dan prosedur yang terstruktur dengan baik. Selain itu, tersedia opsi pembayaran fleksibel yang memudahkan pelanggan. Kemudahan dalam logistik juga menjadi keunggulan Kalibrasi.com, sehingga alat yang membutuhkan kalibrasi dapat diandalkan untuk dikirim dan diambil dengan aman.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh jasa kalibrasi energy meter, Kalibrasi.com menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang memerlukan kalibrasi energy meter atau alat ukur lainnya. Untuk mendapatkan layanan kalibrasi yang terpercaya dan terakreditasi, Anda dapat mengisi form di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.