Cara Kalibrasi External Thread Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi External Thread Gauge Kredibel

0

External Thread Gauge merupakan pengukur ulir eksternal yang memiliki fungsi untuk mengukur dimensi luar suatu benda untuk kontrol ukuran pekerjaan ulir. Cara kerja alat ini dapat disesuaikan dengan sekrup yang terintegrasi di dalam badan pengukur. Dalam setiap pengukur ulir terdiri dari dua bagian yaitu pengukur GO dan pengukur NO GO. 

Pada umumnya alat ini terbuat dari baja tahan karat atau baja tungsten karbida dimana ukuran alat nantinya akan ditentukkan sesuai dengan standar internasional. Sebagai sebuah alat ukur tentunya tidak selamanya alat selalu akurat ketika digunakan. ada kalanya alat ini mengalami keausan yang menyebabkan penurunan performanya.

Maka dari itu External Thread Gauge membutuhkan kalibrasi secara berkala untuk mempertahankan kehandalannya dalam melakukan pengukuran dimensi. di dalam artikel berikut ini akan kami sampaikan tentang bagaimana ketentuan kalibrasi yang tepat dan memilih rekomendasi jasa kalibrasi terpercaya, untuk selengkapnya berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi  External Thread Gauge

Dalam pelaksanaan kalibrasi terdapat beberapa ketentuan yang wajib diperhatikan dalam pelaksanaan kalibrasi yang di antaranya standar acuan, metode, cara kalibrasi dan juga frekuensi kalibrasi. Ketentuan tersebut harus dipahami oleh setiap pelaksana kalibrasi agar tercapai hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar. Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi  External Thread Gauge

Untuk mencapai hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar alat, maka dibutuhkan pedoman kalibrasi yang telah diatur oleh unit metrology legal. adapun standar acuan yang digunakan tersebut harus sesuai dengan satuan internasional. Penggunaan standar SI tentunya telah diadaptasi di Indonesia dan untuk metode kalibrasi External Thread Gauge harus mengacu pada dokumen dari KAN yaitu EURAMET/cg-10/v.2.0(2007)

Prosedur Cara Kalibrasi  External Thread Gauge

Selain standar acuan, untuk mencapai hasil kalibrasi yang berstandar pastinya harus menerapkan prosedur cara kalibrasi External Thread Gauge berdasarkan pedoman yang berlaku. Adapun cara kalibrasi External Thread Gauge meliputi beberapa tahapan diantaranya :

  • Tahapan persiapan yang meliputi persiapan alat-bahan kalibrasi hingga metode
  • Tahapan pelaksanaan, yang dilakukan dengan melakukan pengamatan dan analisa
  • Tahapan Perhitungan, data yang telah diperoleh kemudian dihitung menggunakan metode
  • Tahapan penentuan ketidakpastian dan membuat kesimpulan
  • Tahapan membuat laporan dan melakukan penerbitan laporan.

Frekuensi Kalibrasi untuk  External Thread Gauge

Perlu Anda ingat jika Kalibrasi tidak cukup dilakukan sekali, melainkan secara berkala. Definisi berkala tersebut setiap alat memiliki frekuensi kalibrasi yang berbeda-beda karena beberapa faktor ketidakpastian kalibrasi. Tetapi secara umum kalibrasi dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun. 

Untuk menghindari kesalahan dalam menentukan frekuensi kalibrasi, lakukanlah konsultasi terkait frekuensi kalibrasi External Thread Gauge Anda dengan klik gambar yang ada berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dari penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya sebagai prosedur yang penting bagi alat ukur karena menentukan kelayakan sebuah alat ukur. prosedur kalibrasi akan lebih baik dilakukan pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi daripada melakukan kalibrasi sendiri. Karena hasil kalibrasi pada jasa kalibrasi akan lebih terjamin hasilnya. Adapun keuntungan menggunakan jasa kalibrasi seperti :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Hasil kalibrasi yang tertelusur adalah salah satu tujuan dari Kalibrasi oleh karenanya dengan melibatkan jasa kalibrasi akan lebih menjamin hasil kalibrasi yang mampu tertelusur ke standar nasional Indonesia dan internasional.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah terakreditasi akan memperoleh hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi asli. Oleh karenanya pilihlah jasa kalibrasi yang telah terakreditasi untuk mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi External Thread Gauge Terakreditasi KAN

Nah setelah mengetahui pentingnya kalibrasi dilakukan oleh jasa kalibrasi yang berkredibel, tentunya dalam pelaksanaan kalibrasi tersebut sudah semestinya dilakukan oleh teknisi ahli di bidang kalibrasi. Anda dapat percayakan Kalibrasi.com sebagai solusi terbaik pelayanan jasa kalibrasi yang menyediakan beragam jasa kalibrasi.

Sebagai platform layanan jasa kalibrasi, Kalibrasi.com hanya akan bekerjasama dengan mitra laboratorium kalibrasi yang telah  terakreditasi sehingga dalam pengujiannya hasil kalibrasi akan lebih terjamin kualitas dan konsistensinya. Berbagai layanan Kalibrasi.com tersebut salah satunya layanan jasa kalibrasi External Thread Gauge berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi External Thread Gauge di Kalibrasi.com

Sebagaimana layanan yang ditawarkan oleh Kalibrasi.com, platform in menyediakan banyak ruang lingkup dan untuk External Thread Gauge masuk ke dalam ruang lingkup kalibrasi panjang. Mitra Kalibrasi.com yang menyediakan layanan kalibrasi dalam ruang lingkup jasa diantaranya PT Qualis Indonesia. PT Mutuagung Lestari, PT Pananjung Anugrah Solution, PT Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi External Thread Gauge dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memberikan pelayanan dengan akses yang mudah, namun tidak sampai disitu saja berikut kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari jasa kalibrasi External Thread Gauge dari Kalibrasi.com berikut ini!

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Yuk segera lakukanlah kalibrasi External Thread Gauge Anda sebelum terlambat di Kalibrasi.com. Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi External Thread Gauge Anda dapat mengisi form yang tersedia berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.