Cara Kalibrasi Gas Buang dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Gas Buang Terpercaya

0

Alat yang kita kenal dengan nama gas analyzer memang mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum. Namun, alat ini sangat penting dalam berbagai industri seperti pertanian, manufaktur, dan pengelolaan limbah. Alat ini berfungsi untuk mengukur konsentrasi atau kualitas senyawa gas tertentu dalam campuran beberapa gas. 

Melalui pemantauan tingkat gas dalam operasi, pemilik fasilitas dan manajer dapat memastikan keselamatan karyawan dan kualitas produk. Gas buang yang diukur oleh gas analyzer ini mencakup CO2, CO, NO2, dan O2. Bagi industri, alat ini sangat penting, termasuk dalam proses kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi gas buang dan juga di mana sih tempat yang menyediakan jasa kalibrasi gas buang yang tepat? Mari kita bahas berikut ini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Gas Buang

Untuk melakukan kalibrasi pada gas analyzer, dibutuhkan standar acuan yang sesuai dengan satuan internasional, metode kalibrasi yang tepat, dan prosedur yang benar.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Gas Buang

Standar acuan untuk kalibrasi gas buang adalah IK-I-43. Standar ini menjadi patokan dalam melakukan cara kalibrasi gas buang. Dengan metode kalibrasi ini dilakukan kalibrasi memiliki rentang ukur yang 5000 ppm untuk CO2, 100 pp untuk CO, 5 ppm untuk NO2, dan 20.9% untuk 02.

Prosedur Cara Kalibrasi Gas Buang

Cara kalibrasi gas buang melibatkan beberapa langkah penting, dimulai dari persiapan alat dan metode, pelaksanaan kalibrasi, hingga pelaporan hasil. Persiapan mencakup peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi. Sedangkan pelaksanaan meliputi pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, hingga menentukan ketidakpastian.

Frekuensi Kalibrasi untuk Gas Buang

Adapun beberapa hal yang penting dalam melakukan kalibrasi gas buang salah satunya menentukan seberapa sering alat ukur ini dilakukan kalibrasi atau istilahnya frekuensi kalibrasi. Sebenarnya kalibrasi sendiri tidak bisa menggunakan patokan umumnya karena setiap alat ukur memiliki faktor yang berbeda-beda tergantung dari pemakaiannya ataupun jenis alatnya.. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli tentang frekuensi kalibrasi yang paling tepat untuk alat Anda dengan cara mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melakukan kalibrasi sendiri adalh suatu opsi yang paling murah bagi beberapa perusahaan, namun melakukan kalibrasi menggunakan jasa kalibrasi menawarkan banyak keuntungan. Ada beberapa perbedaan antara melakukan kalibrasi sendiri dan menggunakan jasa kalibrasi gas buang seperti beberapa hal berikut ini.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi gas buang dipastikan menggunakan standar yang tertelusur dan berlaku, sehingga Anda bisa memastikan kalibrasi yang Anda terima sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi gas buang, Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi gas buang yang menjadi bukti bahwa alat Anda telah dikalibrasi dengan benar.

Layanan Jasa Kalibrasi Gas Buang Terakreditasi KAN

Proses kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, sehingga Kalibrasi.com hadir dengan memberikan jasa kalibrasi gas buang untuk menjadi solusi yang paling tepat untuk Anda. Kalibrasi.com menawarkan layanan yang terakreditasi KAN dan memiliki ruang lingkup yang lengkap.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Gas Buang di Kalibrasi.com

Ruang lingkup untuk kalibrasi gas buang di Kalibrasi.com mencakup berbagai jenis alat dan berbagai industri termasuk ruang lingkup instrumen analitik. Mitra Kalibrasi.com yang terakreditasi KAN siap membantu Anda dengan kebutuhan kalibrasi Anda.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Gas Buang dari Kalibrasi.com

Beberapa kelebihan menggunakan jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com antara lain standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran yang fleksibel, dan layanan logistik yang dapat diandalkan. Jadi, jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi gas buang, tidak perlu ragu untuk memilih Kalibrasi.com dengan mengisi formulir di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.