Cara Kalibrasi Gas Leak Detector dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Gas Leak Detector Terakreditasi

0

Gas alam adalah sumber energi yang relatif aman, efisien, dan nyaman, menyediakan lebih dari separuh rumah di Amerika Serikat dengan panas dan kemampuan untuk memasak makanan, pakaian kering, dan air panas. Namun jika gas alam Anda tidak dipasang atau dirawat dengan benar, kebocoran gas alam dapat menjadi risiko kesehatan dan sumber bahaya di rumah Anda.

Ada juga sumber potensial uap beracun lainnya di rumah Anda, termasuk asap dari generator gas yang tidak berventilasi baik, tungku gas, dan bahkan garasi yang terpasang. Maka dari itu, penggunaan dari gas leak detector ini menjadi sangat penting. Terlebih di dalam dunia pabrik dan juga industri lainnya yang banyak pipa-pipa yang mengalirkan gas.

Untuk mengetahui kebocoran gas, gas leak detector adalah alat yang sangat tepat. Akan tetapi, meneliti lebih lanjut apakah pengukurannya akurat itu sangat penting dengan melaksanakan kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi gas leak detector tersebut?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Gas Leak Detector

Melaksanakan kalibrasi pada gas leak detector memang sangat penting, akan tetapi yang lebih penting adalah mengerti cara kalibrasi gas leak detector yang benar. Sampai sekarang ini, untuk melaksanakan kalibrasi harus ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi yang sesuai dengan prosedur dan juga standar internasional.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Gas Leak Detector

Dalam kalibrasi gas leak detector, standar acuan yang digunakan adalah mengukur dengan satuan internasionalnya yaitu ppm. Standar acuannya adalah 0,001 PPM (0-1 PPM);0,01 PPM atau 0,001 PPM(0~10 PPM);0,1 PPM atau 0,01 PPM(0~100 PPM); 1 PPM atau 0,1 PPM (0~1000 PPM); 1 PPM(0~1000 PPM di atas); 0,01 mg/L(0~200% mg/L); 0,1%LEL(0-100%LEL); 0,01%(0-100%VOL).

Bagaimana dengan metode kalibrasinya? Untuk metode kalibrasi yang digunakan adalah menggunakan metode IK.TUT-01.

Prosedur Cara Kalibrasi Gas Leak Detector

Selain standar acuan dan juga metode, prosedur cara kalibrasi gas leak detector harus Anda perhatikan juga. Untuk prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang sesuai dengan gas yang akan diuji. Persiapkan juga gas kalibrasi dengan konsentrasi yang diketahui, biasanya gas dengan konsentrasi rendah digunakan untuk kalibrasi.
  2. Kalibrasi Nol: Tempatkan gas leak detector pada area tanpa kebocoran gas dan atur alat ke nilai nol. Ini akan mengkalibrasi alat pada titik awal tanpa adanya kebocoran gas.
  3. Kalibrasi Span: Kemudian, bawa alat ke area dengan gas kalibrasi yang diketahui dan atur alat pada nilai konsentrasi yang sesuai. Ini akan mengkalibrasi perangkat pada titik lain untuk memastikan ketepatan deteksi gas.
  4. Verifikasi Hasil: lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasinya. Verifikasi ini akan membutuhkan penilaian seperti ketidakpastian dari hasil kalibrasinya.
  5. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi gas leak detector seperti, tanggal, dan informasi lain yang relevan. Pastikan untuk menyimpan catatan kalibrasi sebagai bukti kualitas dan akurasi alat.

Frekuensi Kalibrasi untuk Gas Leak Detector

Pada umumnya, kalibrasi gas leak detector dilakukan dengan frekuensi 1 tahun sekali atau 12 bulan sekali. Tapi, hal tersebut tidak bisa menjadi patokan sepenuhnya. Ada beberapa faktor yang mengharuskan kalibrasi gas leak detector bisa lebih cepat daripada waktu tersebut.

Jadi, apabila Anda bingung kapan untuk melaksanakan kalibrasi gas leak detector, konsultasikan sekarang juga dengan klik banner konsultasi di bawah ini! 

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dengan diri sendiri terkadang memiliki kendalanya sendiri, misalkan saja kurangnya pemahaman tentang ilmu kalibrasi baik Anda ataupun karyawan yang ada pada industri Anda. Akan tetapi, santai saja karena Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi gas leak detector.

Kalibrasi menggunakan jasa kalibrasi gas leak detector memang sangat menguntungkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Setiap kalibrasi di jasa kalibrasi, maka Anda bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang dapat tertelusur. Selain itu, sudah pasti untuk semua cara kalibrasi gas leak detector dijamin sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selanjutnya, adalah Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Sertifikat kalibrasi ini akan sangat penting digunakan sebagai bukti bahwasannya gas leak detector yang Anda miliki ini sudah bisa digunakan dengan baik dengan akurasi yang tepat.

Layanan Jasa Kalibrasi Gas Leak Detector Terakreditasi KAN

Bagaimana? Menguntungkan sekali bukan apabila Anda mengandalkan jasa kalibrasi gas leak detector? Apalagi yang sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN, pastinya akan memberikan hasil yang sesuai dengan standar internasional dan juga nasional.

Kalibrasi.com adalah layanan jasa kalibrasi gas leak detector yang terakreditasi KAN. Sudah menjadi platform online kalibrasi di Indonesia yang terpercaya dan juga memiliki jangkauan kalibrasi yang luas, Kalibrasi.com akan bisa memberikan layanan kalibrasi gas leak detector Anda dengan baik.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Gas Leak Detector di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ini bisa dibuktikan dengan adanya ruang lingkup kalibrasi instrumen analitic. Hal ini bisa terjadi karena Kalibrasi.com memiliki mitra yang sangat banyak dan semuanya sudah mendapatkan akreditasi dari KAN. Untuk kalibrasi gas leak detector akan dilaksanakan di laboratorium kalibrasi berikut:

  • Tangerang: PT Qualis Indonesia
  • Jakarta Timur: PT. Trusur Unggul Teknusa
  • Jakarta Utara: PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi Gas Leak Detector dari Kalibrasi.com

Mengandalkan jasa kalibrasi gas leak detector seperti Kalibrasi.com merupakan pilihan yang bijak. Ada berbagai kelebihan lain seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Semua kelebihan tersebut memang sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan kalibrasi mudah, cepat, dan juga terpercaya. Lakukan penawaran kalibrasi gas leak detector Anda sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.