Cara Kalibrasi Gelas Ukur dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Gelas Ukur Terakreditasi

0

Pekerjaan yang dilakukan laboratorium pastinya menggunakan alat-alat dengan berbagai macam jenis dan fungsinya. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah gelas ukur, yang secara umum banyak digunakan oleh laboratorium untuk membantu dalam penelitian yang dilakukan. Gelas Ukur adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk mengukur volume suatu larutan atau zat cair dengan tepat.

Gelas ukur memiliki beberapa variasi ukuran dari mulai 10 ml, 25 ml, 100 ml, dan yang paling besar adalah 1000 ml atau 1 liter. Sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mengukur dan menjadi salah satu alat yang berperan penting dalam berbagai bidang maka alat ini perlu dikalibrasi. Kalibrasi gelas ukur dilakukan untuk memverifikasi dan menyesuaikan keakuratan gelas ukur dan memastikan konsistensi hasil pengukurannya.

Sebuah alat ukur tidak akan selamanya akurat akan ada masa ketika alat yang digunakan secara terus menerus maka juga akan menurunkan kekuatannya, itulah mengapa kalibrasi berperan penting untuk suatu alat ukur tidak terkecuali untuk gelas ukur. Nah dalam pelaksanaanya kalibrasi pun tidak boleh dilakukan sembarangan, terdapat standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang harus dipatuh, dan untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Gelas Ukur

Kalibrasi harus dilakukan secara tepat dan akurat untuk menjamin nilai yang ditunjukkan oleh alat sesuai dengan ukuran yang telah diatur untuk menyamarkan hasil kalibrasi alat ukur di seluruh dunia. Itulah mengapa terdapat standar acuan, metode, dan cara yang sesuai. Lebih lengkapnya berikut penjelasannya :

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Gelas Ukur

Kalibrasi gelas ukur harus dilaksanakan sesuai dengan standar acuan yang berlaku sesuai dengan satuan internasional (SI). Standar acuan yang berdasarkan pada SI pastinya akan mempengaruhi akan metode dan rentang ukur yang digunakannya. Dengan mengikuti standar satuan internasional menandakan Anda sudah tepat dalam menentukkan metodenya yatu ISO 4787 : 2010

Prosedur Cara Kalibrasi Gelas Ukur

Seperti umumnya prosedur, pastinya terdiri dari beberapa cara yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan dari kalibrasi gelas ukur itu sendiri. Adapun cara kalibrasi gelas ukur diantaranya : 

  1. Persiapan kalibrasi gelas ukur, yang meliputi menyiapkan alat yang hendak dikalibrasi, pelaksana kalibrasi, mengecek kondisi lingkungan, hingga menyiapkan metode kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi, dilakukan mulai dari pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, hingga menentukan ketidakpastian hasil kalibrasi.
  3. Menghitung data kalibrasi yang sebelumnya telah diperoleh dari data pengamatan
  4. Menentukkan ketidakastian kalibrasi yang didapatkan dari hasil perhitungan kalibrasi.
  5. Membuat dan menerbitkan laporan hasil kalibrasi

Frekuensi Kalibrasi untuk Gelas Ukur

Untuk menentukkan frekuensi kalibrasi gelas ukur, sebenarnya tidak ada hal yang pasti karena setiap alat ukur memiliki frekuensi kalibrasi yang berbeda. Namun umumnya kalibrasi setidaknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau dapat disesuaikan dengan penggunaan dari gelas ukur itu sendiri atau menyesuaikan rekomendasi dari pabrikannya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah menyimak penjelasan yang sebelumnya telah disampaikan, Anda telah mengetahui jika prosedur kalibrasi tidaklah mudah dilakukan. Oleh karenanya jika Anda bingung dengan prosedur kalibrasi Anda dapat percayakan prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi gelas ukur. Anda pun akan mendapatkan keuntungan seperti berikut :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan mempercayakan kalibrasi pada jasa kalibrasi berkredibel yang mana sudah mengantongi izin akreditasi dari KAN tentunya Anda akan memperoleh kepastian akurasi bahwa alat ukur mampu tertelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah terakreditasi KAN tentunya akan memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikat kalibrasi yang asli. Untuk Anda pastinya sertifikat kalibrasi ini akan meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan kepercayaannya 

Layanan Jasa Kalibrasi Gelas Ukur Terakreditasi KAN

Setelah menyimak penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, bagi Anda yang sedang membutuhkan layanan jasa kalibrasi gelas ukur memilih layanan jasa kalibrasi yang tersedia di Kalibasi.com adalah pilihan yang tepat. 

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital penyedia jasa kalibrasi yang telah bekerjasama dengan mitra yang telah terakreditasi KAN. Mencari jasa kalibrasi gelas ukur menjadi lebih mudah dilakukan dengan Kalibrasi.com. simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Gelas Ukur di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas, tidak terkecuali untuk alat ukur Gelas ukur dalam ruang lingkup kalibrasi volumetric. Mitra Kalibrasi.com yang melayani kalibrasi dalam ruang lingkup  kalibrasi volumetric diantaranya seperti PT. Mutuagung Lestari, PT. Qualis Indonesia, PT. Mandiri Transforma Global, dan PT. Hilab Sciencetama.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Gelas Ukur dari Kalibrasi.com

Pelayanan yang diberikan Kalibrasi.com akan memudahkan Anda dalam melakukan kalibrasi gelas ukur karena sebagai penyedia layanan kalibrasi platform ini memiliki banyak kelebihan yang diantaranya sebagai berikut :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi gelas ukur Anda dapat mengunjungi website Kalibrasi.com atau Anda juga dapat mengisi form yang telah artikel ini cantumkan berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.