Cara Kalibrasi Geotech GA 5000 dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Geotech GA 5000 Terbaik

0

Geotech GA 5000 adalah gas analyzer yang sangat akurat untuk aplikasi biogas. Alat ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan proyek biogas, dan merupakan penganalisa gas yang mudah dioperasikan yang sangat cocok untuk analisis gas digester anaerobik. Dengan kemudahan penggunaan dan kemampuan portable nya, Geotech GA 5000 dapat mengukur komposisi gas dengan tingkat akurasi yang dapat diandalkan di berbagai sektor, seperti pertanian, pabrik pengolahan makanan, dan fasilitas pengolahan air limbah.

Namanya alat ukur pasti ada masanya untuk mengalami akurasi yang menurun seiring dengan penggunaanya dan waktu penggunaannya. Untuk menentukan apakah ada penyimpangan dari alat ukur tersebut, dibutuhkanlah kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi Geotech GA 5000 ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Geotech GA 5000

Dalam melaksanakan kalibrasi instrumen apapun itu, harus ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi yang sesuai dengan prosedur. Hal tersebut akan menentukan hasil kalibrasi dari instrumen. Termasuk untuk Geotech GA 5000, harus sesuai dengan ketentuan yang sudah disebutkan di atas.

Maka dari itu, dibutuhkanlah standar kompetensi yang tinggi untuk bisa melakukan kalibrasi pada Geotech GA 5000 dengan baik dan benar agar menghasilkan hasil kalibrasi yang sesuai. 

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Geotech GA 5000

Untuk melaksanakan kalibrasi pada Geotech GA 5000, yang harus diperhatikan pertama kali adalah standar acuan. Setiap instrumen memiliki standar acuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk Geotech GA 5000 akan menggunakan standar acuan secara umum, yaitu disesuaikan dengan pengukuran satuan internasional atau SI.

Dan, untuk metode kalibrasi Geotech GA 5000 yang benar adalah IKM-ES-7.2.1 yang menentukan nilai kalibrasinya akan tepat pengukurannya agar hasil kalibrasinya bisa akurat.

Prosedur Cara Kalibrasi Geotech GA 5000

Dalam pelaksanaan kalibrasi Geotech GA 5000, harus mengikuti berbagai prosedur yang telah ditetapkan dan diatur dalam ISO 17025. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Persiapan
    Siapkan Geotech GA 5000 yang telah dibersihkan, serta alat kalibrasi berupa standar acuan.
  1. Kalibrasi
    Lakukan kalibrasi Geotech GA 5000 untuk setiap rentang ukur menggunakan standar acuan yang sesuai dengan metode yang digunakan.
  1. Pencatatan Data Nilai Kalibrasi
    Catat hasil pengukuran dan lakukan kalibrasi ulang jika ditemukan deviasi atau ketidakakuratan.
  1. Hitung Ketidakpastian
    Hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi Geotech GA 5000. Ada beberapa faktor seperti suhu, kelembapan, dan faktor lainnya yang terjadi karena pelaksana kalibrasi.
  1. Dokumentasi
    Susun dokumentasi dari seluruh proses kalibrasi untuk disertakan dalam laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Geotech GA 5000

Secara umum, kalibrasi untuk instrumen analitik seperti Geotech GA 5000 ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Akan tetapi, pada Geotech GA 5000 yang sudah pernah dilakukan kalibrasi, Anda bisa melakukan kalibrasi ulang sesuai dengan tanggal yang ada pada sertifikat kalibrasinya.

Apabila Anda masih bingung tentang frekuensi kalibrasi Geotech GA 5000, Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melaksanakan kalibrasi pada Geotech GA 5000 memang tidak mudah, Anda tentu saja akan sangat kesulitan jika tidak ada standar kompetensi untuk melakukanya atau pada karyawan Anda yang tidak bisa melakukannya. Maka dari itu, biasanya untuk kebutuhan kalibrasi akan diserahkan kepada penyedia jasa kalibrasi Geotech GA 5000.

Akan ada berbagai keuntungan dalam menggunakan jasa kalibrasi Geotech GA 5000 daripada Anda melakukan kalibrasi sendiri, yaitu:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Setiap kalibrasi yang dilakukan pada jasa kalibrasi Geotech GA 5000 akan memberikan hasil yang sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, hasil kalibrasinya juga bisa ditelusuri. Selama Anda mempercayakan jasa kalibrasi Geotech GA 5000 yang sudah terakreditasi KAN, semua itu bisa Anda dapatkan.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Keuntungan selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi. Dengan adanya sertifikat kalibrasi Geotech GA 5000 ini, Anda dijamin bisa percaya bahwa kalibrasi Geotech GA 5000 Anda berjalan dengan normal dan masih layak untuk digunakan dengan akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Geotech GA 5000 Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang mencari di mana jasa kalibrasi Geotech GA 5000 yang terpercaya dengan keuntungan di atas? Anda bisa mempercayakannya kepada Kalibrasi.com!

Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai keuntungan dan juga kemudahan dalam melaksanakan kalibrasi instrumen yang Anda miliki sesuai dengan standar.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Geotech GA 5000 di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas, salah satunya adalah instrumen analitik. Geotech GA 5000 yang Anda miliki bisa sekali Anda percayakan di Kalibrasi.com karena kompetensi dari kalibrasinya terjamin. 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Geotech GA 5000 dari Kalibrasi.com

Ada juga kelebihan lainnya dari jasa kalibrasi Geotech GA 5000 dari Kalibrasi.com, di antaranya:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik dalam menggunakan layanan jasa kalibrasi Geotech GA 5000 di Kalibrasi.com? Anda bisa melakukan penawaran kalibrasi sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.