Cara Kalibrasi Gloss Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Gloss Meter Terakreditasi

0

Gloss atau kilapan diukur dengan menyorotkan jumlah cahaya yang diketahui pada permukaan dan menghitung reflektansi. Sudut cahaya dan metode pengukuran reflektansi ditentukan oleh permukaan.

Kilapan ini diukur menggunakan gloss meter yang mengarahkan cahaya pada sudut tertentu ke permukaan uji dan secara bersamaan mengukur jumlah pantulan. Jenis permukaan yang akan diukur menentukan sudut gloss meter yang akan digunakan dan dengan sedemikian rupa menyesuaikan dengan model gloss meter. Apapun itu jenisnya, tapi yang pasti gloss meter yang Anda miliki tersebut harus Anda kalibrasi secara rutin untuk menentukan akurasinya.

Bagaimana cara kalibrasi gloss meter yang benar dan juga sesuai dengan prosedur? Mari kita cari tahu di sini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Gloss Meter

Kalibrasi gloss meter dan juga berbagai alat ukur lainnya di instrumen fotometri memang sangat penting. Akan tetapi, yang lebih penting daripada itu adalah Anda paham bagaimana cara kalibrasinya mulai dari standar acuan kalibrasi, metode kalibrasi yang sesuai, dan juga cara kalibrasi gloss meter yang sesuai dengan prosedur dan juga standar internasional.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Gloss Meter

Kalibrasi gloss meter ini akan menggunakan standar acuan pembandingan dengan menggunakan gloss meter secara langsung. Ini memang menjadi salah satu cara yang paling tepat dan juga sudah sesuai dengan standar internasional.

Selain itu, KAN (Komite Akreditasi Nasional) juga mengisyaratkan bahwasannya kalibrasi gloss meter harus menggunakan metode MKSP GM-01.

Prosedur Cara Kalibrasi Gloss Meter

Setelah memahami kalibrasi dari gloss meter dari standar acuan dan juga metode kalibrasinya, berikut adalah cara kalibrasi gloss meter yang sudah sesuai dengan prosedur:

  1. Persiapkan alat kalibrasi, gloss meter, standar acuan, dan metode yang akan digunakan. Jika diperlukan, lakukan pemeriksaan fisik gloss meter untuk memastikan tidak ada kerusakan.
  2. Lakukan pengukuran nilai kalibrasi dengan menggunakan standar acuan yang berlaku.
  3. Identifikasi deviasi atau selisih dari hasil pengukuran. Jika ada pengukuran di luar toleransi pada setiap rentang ukur, lakukan koreksi atau pembenaran.

Rentang ukur pada kalibrasi gloss meter adalah sebagai berikut:

  • 20 derajat kilap 1 = 69 gloss – 110 gloss dengan toleransi 3.3 gloss
  • 20 derajat kilap 2 = 69 gloss – 110 gloss dengan toleransi 2.4 gloss
  • 60 derajat kilap 1 = 82 gloss – 106 gloss dengan toleransi 2.4 gloss
  • 60 derajat kilap 2 = 82 gloss – 106 gloss dengan toleransi 2.2 gloss
  1. Hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi gloss meter, yang meliputi faktor-faktor seperti suhu, kelembapan, human error, dan lainnya.
  2. Dokumentasikan semua langkah dan hasil dari proses kalibrasi gloss meter. Ini akan membantu dalam pembuatan laporan hasil kalibrasi yang akurat dan terpercaya

Frekuensi Kalibrasi untuk Gloss Meter

Kalibrasi gloss meter bukanlah satu kali saja selama pemakaian, melainkan memerlukan interval tertentu untuk kalibrasi ulang. Ini juga berlaku untuk semua alat ukur yang ada di dalam ruang lingkup fotometri.

Jika Anda masih bingung dengan kapan waktu yang tepat untuk kalibrasi gloss meter, Anda bisa konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mengandalkan jasa kalibrasi gloss meter memberikan keuntungan bagi yang tidak familiar dengan proses kalibrasi. Pilihlah jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) untuk mendapatkan manfaat berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi oleh jasa terakreditasi memastikan hasil yang tertelusur dan sesuai standar. Ini membuktikan bahwasannya cara kalibrasi gloss meter sudah benar dan dijamin akurasinya.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang terakreditasi dapat menyediakan sertifikat kalibrasi untuk memperkuat kepercayaan akurasi gloss meter. Ini juga penting untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen.

Layanan Jasa Kalibrasi Gloss Meter Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com sebagai platform online kalibrasi menyediakan jasa kalibrasi gloss meter yang terakreditasi KAN. Kalibrasi.com juga akan menawarkan kepada Anda berbagai penawaran yang sangat menarik dan tidak akan bisa Anda dapatkan di jasa kalibrasi gloss meter lainnya di Indonesia.

Jangkauan kalibrasi dari Kalibrasi.com memang sangat luas, ini bias mencakup semua daerah di Indonesia. Dimanapun Anda berada, kalibrasi gloss meter di Kalibrasi.com bisa Anda lakukan!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Gloss Meter di Kalibrasi.com

Dengan ruang lingkup yang luas, Anda dapat mempercayakan kalibrasi gloss meter kepada PT. Mandiri Transforma Global yang bekerja sama dengan Kalibrasi.com.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Gloss Meter dari Kalibrasi.com

Selain akreditasi KAN, Kalibrasi.com menawarkan berbagai kelebihan, termasuk standar acuan jelas, metode yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan.

Jangan ragu untuk menggunakan jasa kalibrasi gloss meter dari Kalibrasi.com. Isi form penawaran kalibrasi di bawah ini dan nikmati penawaran menarik lainnya!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.