Cara Kalibrasi H2S Detector dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi H2S Detector Terbaik

0

Hidrogen sulfida (H2S) dapat ditemukan di banyak industri dan aplikasi, termasuk fasilitas peleburan besi, tempat pembuangan sampah, pabrik pengolahan makanan, dan tempat pembuatan bir. Pembangkit listrik tenaga nuklir menggunakan hidrogen sulfida untuk menghasilkan air berat sebuah alternatif untuk air biasa yang memungkinkan reaktor menggunakan uranium biasa sebagai pengganti uranium yang diperkaya. Petani menggunakan hidrogen sulfida sebagai desinfektan pertanian. Hidrogen sulfida sangat mudah terbakar, meledak, dan sangat beracun.

Pada dasarnya memang penggunaan dari H2S memang sangat penting selama dalam batas yang wajar, akan tetapi, bagaimana untuk mendeteksi batas wajar tersebut? Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan kalibrasi.

Kalibrasi H2S detector memang sangat penting untuk dilakukan. Apakah Anda menjadi salah satu yang memiliki instrumen ini? Pelajari bagaimana cara kalibrasi H2S detector di sini! 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi H2S Detector

Dalam melaksanakan kalibrasi instrumen, Anda memerlukan cara bagaimana untuk bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang optimal sehingga pengukurannya nanti akan bisa sesuai dengan standar kembali. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi yang tepat.

Untuk H2 detector, memiliki semua indikasi tersebut yang berbeda dengan instrumen yang lain. Apa saja itu?

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi H2S Detector

Pertama adalah standar acuan. Cara kalibrasi H2S detector yang benar adalah dengan menggunakan standar acuan sesuai dengan satuan internasional. Itu adalah standar yang sudah ditetapkan oleh ISO sebagai standar internasional pengukuran.

Dan juga untuk metode kalibrasinya atau dokumen standar dan teknik yang digunakan, H2S detector akan menerapkan metode IK-TUT-01 

Prosedur Cara Kalibrasi H2S Detector

Bagaimana dengan cara kalibrasi H2S detector? Apabila memang sudah mengetahui standar acuan dan juga metodenya, kalibrasi H2S detector akan dilakukan sesuai dengan prosedur berikut:

  1. Persiapkan alat kalibrasi, standar acuan, dan juga H2S detector yang sudah dilakukan pengecekan fisik serta pembersihan.
  2. Persiapan sudah siap maka selanjutnya adalah mencari atau menentukan nilai kalibrasinya. Penentuan ini akan mempengaruhi selama proses kalibrasi berlangsung. Tentunya ini akan menggunakan standar acuan yang tepat. Rentang ukurnya adalah sebagai berikut:
  • 10 ppm
  • 50 ppm
  • 100 ppm
  1. Setiap rentang ukur apabila memang ada kesalahan pengukuran, maka akan dibenarkan dengan melakukan kalibrasi.
  2. Hitung juga ketidakpastian kalibrasi setelah semua proses kalibrasi selesai. Ketidakpastian ini meliputi kejadian yang tidak terduga ataupun seperti suhu dan kelembapan yang ada di laboratorium kalibrasi.
  3. Dokumentasi semua proses kalibrasi H2S detector untuk membuat laporan hasil kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk H2S Detector

H2S detector pada umumnya akan dilakukan kalibrasi setiap 12 bulan sekali. Akan tetapi, akan ada beberapa faktor yang mempengaruhi frekuensi kalibrasi H2S detector. Apabila Anda masih bingung, coba Anda klik banner di bawah ini untuk melakukan konsultasi kapan H2S detector Anda harus dikalibrasi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Bingung tentang bagaimana cara kalibrasi H2S detector sendiri? Tenang saja, sekarang ini Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi H2S detector yang dijamin bisa melakukan kalibrasi dengan mudah dan juga tepat.

Ini tentu saja akan memberikan kepada Anda berbagai keuntungan daripada Anda melakukan kalibrasi sendiri yang belum tentu Anda atau karyawan Anda punya kompetensi untuk ilmu pengukuran.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi yang dilakukan di jasa kalibrasi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN bisa memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu juga cara kalibrasi H2S detectornya akan dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dan terakhir, pastinya Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Bukti sertifikat ini akan sangat penting agar Anda tahu bahwa H2S detector Anda bisa mengukur H2S dengan akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi H2S Detector Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi H2S detector yang terakreditasi oleh KAN? Kalibrasi.com bisa sekali untuk membantu Anda! Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda jasa kalibrasi H2S detector yang sesuai dengan standar internasional.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi H2S Detector di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com bisa melakukan kalibrasi H2S detector karena memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas yang ditawarkan kepada Anda, salah satunya instrumen analitik pada H2S detector. Ini bisa terjadi karena Kalibrasi.com memiliki mitra terakreditasi di antaranya:

  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi H2S Detector dari Kalibrasi.com

Tidak sampai disitu saja, Kalibrasi.com juga akan memberikan Anda kelebihan lain dalam melaksanakan kalibrasi H2S detector seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Bagaimana? Tertarik dengan jasa kalibrasi H2S detector dari Kalibrasi.com? Silahkan isi form penawaran kalibrasi di bawah ini untuk mendapatkan layanannya dan temukan berbagai keuntungan lainnya dari Kalibrasi.com!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.