Cara Kalibrasi Harmonisa Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Harmonisa Meter Terbaik

0

Mengukur kualitas daya dan menemukan bugbear di jaringan yang mengotak-atik daya dianggap sebagai pekerjaan bergaji tinggi. Setiap jaringan listrik dan masalahnya dengan harmonisa, transien, atau gangguan adalah unik dan perlu perencanaan yang matang, pengaturan panggung, pengukuran, dan akhirnya pemahaman dimana masalahnya. Itulah yang dilakukan oleh para insinyur berkualitas tinggi.

Kalibrasi harmonisa memang sangat penting untuk dilakukan. Pengukurannya akan menggunakan harmonisa meter. Akan tetapi, seperti alat ukur yang lain di kelistrikan, kalibrasi akan sangat menguntungkan. Bagaimana cara kalibrasi harmonisa meter ini? 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Harmonisa Meter

Harmonisa meter adalah instrumen yang relatif sederhana untuk mengukur dan merekam data distorsi harmonik. Biasanya, harmonisa meter berisi meteran dengan layar tampilan bentuk gelombang, kabel voltase, dan probe arus.

Beberapa alat ukur ini adalah perangkat genggam dan yang lainnya ditujukan untuk penggunaan di atas meja. Beberapa instrumen memberikan gambaran tentang bentuk gelombang dan distorsi harmonik yang berkaitan dengan saat pengukuran dilakukan. Instrumen lain mampu merekam snapshot serta rekaman distorsi harmonik yang berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Untuk kalibrasinya, harmonisa meter akan menggunakan standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi harmonisa meter yang sudah sesuai dengan standar internasional dan nasional yang diatur oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Harmonisa Meter

Standar acuan untuk kalibrasi harmonisa meter adalah dengan mengukur fungsi ammeter dengan arus AC. Ini merupakan standar acuan untuk kalibrasi internasional. Sedangkan untuk metode kalibrasinya akan menggunakan IK-E-16.

Prosedur Cara Kalibrasi Harmonisa Meter

Setelah memahami standar acuan dan juga metode kalibrasi dari harmonisa meter, untuk cara kalibrasi harmonisa meter yang sesuai dengan prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan alat kalibrasi dan juga harmonisa meter yang sudah Anda lakukan pembersihan dan pengecekan fisik.
  2. Setelah persiapan memang sudah selesai, saatnya untuk mencari nilai kalibrasinya. Ini akan menggunakan standar acuan fungsi ammeter dengan arus AC.
  3. Apabila memang ada ketidakpastian dalam nilai kalibrasi, maka Anda bisa melakukan pembenaran pengukurannya.
  4. Cari ketidakpastian dari proses kalibrasi. Proses kalibrasi ini akan menggunakan berbagai faktor.
  5. Terakhir, dokumentasikan seluruh proses kalibrasi harmonisa meter untuk membuat hasil laporan kalibrasi harmonisa meter.

Frekuensi Kalibrasi untuk Harmonisa Meter

Kalibrasi untuk harmonisa meter akan dilaksanakan kalibrasi untuk frekuensi tertentu. Biasanya, harmonisa meter ini akan dilaksanakan kalibrasi dengan interval 12 bulan sekali. Akan tetapi, itu tidak bisa menjadi patokan karena ada beragam faktor.

Konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini untuk frekuensi kalibrasi harmonisa meter.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda merasa bingung dengan cara kalibrasi light box yang rumit, tidak perlu khawatir. Anda dapat mempercayakan proses kalibrasi tersebut kepada jasa kalibrasi, karena mereka memberikan berbagai keuntungan. Jasa kalibrasi harmonisa meter yang harus Anda pilih adalah yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi harmonisa meter akan melakukan kalibrasi dengan tertelusur dan sesuai standar yang berlaku. Hasil kalibrasi pun dapat dipercaya dan akurat, baik untuk Anda maupun konsumen.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Keuntungan lainnya adalah Anda akan menerima sertifikat kalibrasi yang menyatakan bahwa harmonisa meter Anda telah dikalibrasi dengan benar dan akurat. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti kepatuhan dan keandalan alat dalam proses pengukuran.

Layanan Jasa Kalibrasi Harmonisa Meter Terakreditasi KAN

Cari jasa kalibrasi harmonisa meter yang terbaik dan terpercaya? Pilih Kalibrasi.com saja! Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com menawarkan layanan kalibrasi berbagai instrumen kelistrikan, termasuk harmonisa meter, dengan akreditasi dari KAN.

Ada berbagai kelebihan dari Kalibrasi.com yang menanti Anda. Apa saja itu? 

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Harmonisa Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi harmonisa meter sebagai instrumen kelistrikan. Ada berbagai mitra dari kalibrasi untuk instrumen kelistrikan seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Itu semua adalah mitra terakreditasi dari Kalibrasi.com yang menyediakan layanan jasa kalibrasi harmonisa meter.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Harmonisa Meter dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan berbagai kelebihan, termasuk standar acuan jelas, metode yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan. Percayakan Kalibrasi.com sebagai pilihan jasa kalibrasi harmonisa meter Anda.

Lakukan penawaran kalibrasi harmonisa meter sekarang dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.