Cara Kalibrasi Height Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Height Gauge Terakreditasi

0

Height gauge atau biasa disebut dengan pengukur ketinggian adalah alat pengukur presisi yang dapat digunakan untuk menentukan ketinggian suatu objek atau benda kerja dengan presisi dan akurasi yang sangat tinggi, atau untuk memberikan lokasi yang ditandai pada item relatif terhadap bidang referensi untuk penggunaan selanjutnya.

Alat ukur ini terdiri dari gerbong geser dengan stilus atau juru tulis bergerak yang dipasang pada balok atau kolom sumbu vertikal yang berisi skala pengukuran. Balok dikonfigurasikan sehingga tegak lurus dengan dasar pengukur ketinggian, yang biasanya dibuat menggunakan bahan kaku untuk menambah stabilitas instrumen untuk pengukuran. Akan tetapi, pengukuran dari ketinggian ini bisa jadi memiliki pengukuran yang tidak benar, maka dari itu dilakukanlah kalibrasi.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Height Gauge

Kalibrasi height gauge akan sangat penting untuk memberikan height gauge pengukuran tinggi yang sangat akurat dan juga sudah sesuai dengan standar pengukuran tinggi yang berlaku. Akan tetapi, bagaimana cara kalibrasi height gauge banyak yang masih belum mengerti jika ada standar acuan, metode, dan prosedurnya tersendiri.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Height Gauge

Yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah standar acuan. Standar acuan dari kalibrasi height gauge adalah dengan melakukan pengukuran tinggi sesuai dengan satuan internasional. Selain itu, metode juga harus Anda perhatikan.

Kalibrasi pada height gauge akan selalu menggunakan metode yang sudah ditetapkan dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN yaitu JIS B 7517:1993;IK-KAL-D 08.

Prosedur Cara Kalibrasi Height Gauge

Setelah mengetahui standar acuan dan juga metode kalibrasi dari height gauge, prosedur kalibrasinya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan alat kalibrasi dan standar acuan untuk kalibrasi height gauge.
  2. Atur nol height gauge dengan stabil.
  3. Kalibrasi jarak ukur dengan standar acuan.
  4. Kalibrasi perpindahan dengan blok kalibrasi.
  5. Verifikasi hasil kalibrasi dengan menggunakan faktor ketidakpastian kalibrasi.
  6. Catat semua langkah dan hasil kalibrasi untuk dokumentasi. 

Frekuensi Kalibrasi untuk Height Gauge

Height gauge akan dilaksanakan kalibrasi sesuai dengan frekuensi yang ditentukan. Akan tetapi, pada dasarnya 12 bulan sekali memang cukup untuk kalibrasi dari height gauge apabila tidak ada faktor lain yang mempengaruhi.

Jika Anda bingung dengan frekuensi kalibrasi height gauge Anda, konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Bingung dengan cara kalibrasi height gauge? Anda lebih baik mencari jasa kalibrasi height gauge saja. Jika Anda tidak memiliki kompetensi yang cukup dalam metrologi, lebih baik mempercayakan kalibrasi height gauge kepada jasa terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional). Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi height gauge bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan dan salah satunya adalah hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, proses kalibrasinya juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Kalibrasi di jasa kalibrasi height gauge yang terakreditasi bisa memberikan kepada Anda kepercayaan karena akan ada bukti sertifikat kalibrasi height gauge yang akan diberikan kepada Anda.

Layanan Jasa Kalibrasi Height Gauge Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi yang terpercaya dan juga sudah terakreditasi KAN? Kalibrasi.com adalah jawabannya! Sebagai jasa kalibrasi height gauge, Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda berbagai kemudahan dan juga keuntungan dalam pelaksanaan kalibrasi rutin alat ukur Anda.

Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang menyediakan kalibrasi dengan ruang lingkup luas.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Height Gauge di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Jasa kalibrasi height gauge dari Kalibrasi.com akan bisa sekali Anda lakukan karena ada mitra terakreditasi di kalibrasi instrumen panjang seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT PANANJUNG ANUGRAH SOLUTION
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Height Gauge dari Kalibrasi.com

Selain kelebihan di atas, Kalibrasi.com juga bisa memberikan kepada Anda keuntungan di antaranya:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menarik sekali bukan? Jika Anda tertarik dengan kalibrasi height gauge Anda di Kalibrasi.com, segera buat permintaan kalibrasi dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.