Cara Kalibrasi LED Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi LED Meter Terbaik

0

LED meter yang sudah profesional yang dikalibrasi secara khusus untuk mengukur cahaya yang dipancarkan dari pencahayaan LED. Sebagian besar LED standar yang disediakan saat ini diukur dalam candela, namun, karena meningkatnya permintaan LED sebagai pengganti lampu pijar di pasar penerangan umum, Lumen sekarang sering digunakan sebagai unit pengukuran keluaran cahaya. Dan pastinya LED meter memang menjadi salah satu alat ukur yang sangat penting untuk dimiliki.

Tapi, untuk menentukan kecerahan dan warna yang tepat untuk LED harus ada kalibrasi dengan menggunakan LED meter. Menuntut pengukuran dengan LED yang akurat menjadi tugas dari LED meter. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi LED Meter

Setiap alat ukur memiliki cara kalibrasi yang berbeda-beda, sama halnya dengan LED meter. LED meter ini harus ada cara kalibrasi LED meter yang sangat benar juga dan dengan prosedurnya sendiri. Untuk melaksanakan kalibrasi, Anda harus menggunakan standar acuan dan juga metode yang benar.

Sampai dengan sekarang ini, metode dan juga standar acuan dari kalibrasi LED meter adalah menggunakan Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi LED Meter

Dalam melaksanakan kalibrasi LED meter atau light meter, kalibrasinya harus menggunakan standar acuan dengan pengukuran menurut candela yang merupakan satuan internasional dalam pengukuran intensitas cahaya.

Selain itu, untuk metode dari kalibrasi dari LED meter akan selalu menggunakan IK-KL-LS39, BS ISO/CIE 19476:2014 yang sudah menjadi standar internasional dalam pelaksanaan kalibrasi LED meter.

Prosedur Cara Kalibrasi LED Meter

Setelah memahami standar acuan dan juga metode kalibrasi dari LED meter, sekarang saatnya Anda bisa memahami bagaimana cara kalibrasi LED meter yang sudah sesuai dengan prosedur. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki peralatan kalibrasi yang sesuai untuk LED meter. Sediakan standar cahaya dengan intensitas yang diketahui untuk digunakan selama kalibrasi.
  2. Penyesuaian Nol: Tempatkan LED meter pada lingkungan yang stabil dan atur alat pada nilai nol atau nol referensi menggunakan tombol atau pengatur yang sesuai. Pastikan bahwa LED meter telah terkalibrasi dengan benar pada titik nol.
  3. Kalibrasi Intensitas Cahaya: Gunakan standar cahaya dengan intensitas yang diketahui. Atur LED meter pada jarak dan kondisi yang sesuai dengan nilai yang diketahui dari standar cahaya. Pastikan bahwa LED meter menunjukkan nilai yang akurat sesuai dengan standar cahaya.
  4. Verifikasi Hasil: Setelah kalibrasi selesai, lakukan verifikasi untuk memastikan hasil kalibrasi LED meter. Pastikan ketepatan dan akurasi alat dalam mengukur intensitas cahaya.
  5. Dokumentasi: Catat semua langkah dan hasil dari proses kalibrasi LED meter. Simpan catatan sebagai bukti kalibrasi dan buat laporan hasil kalibrasi untuk referensi dan dokumentasi lebih lanjut.

Frekuensi Kalibrasi untuk LED Meter

LED meter memiliki interval kalibrasi yang berbeda dengan berbagai instrumen pengukuran lainnya. Untuk LED meter, biasanya frekuensi kalibrasinya bisa sampai 24 bulan sekali. Tapi ini juga tergantung beberapa kondisi di mana di luar itu bisa membuat LED meter bisa dilakukan kalibrasi lebih cepat.

Maka dari itu, jika Anda bingung dengan frekuensi kalibrasi LED meter, Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Merasa semua cara kalibrasi LED meter tersebut susah untuk Anda pahami? Akan tetapi Anda memang membutuhkan LED meter dengan tingkat akurasi yang tinggi? Tenang saja sekarang Anda bisa mempercayakannya kepada jasa kalibrasi LED meter.

Akan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan jasa kalibrasi ini, di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi LED meter yang sudah terakreditasi dari KAN akan bisa memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, pengerjaannya pun juga dijamin sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Mempercayakan jasa kalibrasi LED meter yang terakreditasi Kan juga bisa memberikan Anda kepercayaan bahwa LED meter Anda sudah memiliki pengukuran yang akurat karena mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi LED meter.

Layanan Jasa Kalibrasi LED Meter Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN untuk bisa memberikan Anda layanan kalibrasi LED meter yang sesuai? Anda bisa mempercayakannya kepada Kalibrasi.com! Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda layanan kalibrasi terpercaya.

Akan ada berbagai penawaran yang sangat menarik bagi Anda yang melaksanakan kalibrasi di Kalibrasi.com.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi LED Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ini karena Kalibrasi.com merupakan jaringan kalibrasi nasional yang sudah memiliki mitra di berbagai ruang lingkup dan berbagai daerah di Indonesia juga.

Untuk kalibrasi instrumen fotometri, Kalibrasi.com mempercayakannya kepada PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi LED Meter dari Kalibrasi.com

Tertarik dengan Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi LED meter? Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan dibandingkan Anda memilih yang lain, yaitu:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menarik sekali bukan? Apabila Anda berminat untuk melaksanakan kalibrasi rutinan pada LED meter Anda, isikan form penawaran kalibrasi di Kalibrasi.com di bawah ini dan dapatkan juga penawaran menarik lainnya!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.