Cara Kalibrasi Light Box dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Light Box Terakreditasi

0

Light box merupakan perangkat atau panel penampil gambar yang memiliki bentuk fisik tipis dan minimalis. Alat ini memiliki berbagai kegunaan, mulai dari display atau pameran, penunjuk informasi, lokasi wisata, hingga bingkai lukisan yang terlihat modern. Light box ini memiliki berbagai fungsi, terutama dalam dunia marketing, yang bisa memperkuat sebuah brand. Bukan hanya desain yang menarik, light box juga dapat berfungsi sebagai tempat informasi untuk meningkatkan wawasan konsumen.

Meskipun bentuknya mirip dengan neon box, light box memiliki beberapa keunggulan, seperti variasi bentuk yang lebih beragam, seperti spiral, tabung, lonjong, dan bentuk lainnya.

Light box ini juga bisa dilakukan kalibrasi apabila memang dibutuhkan dan diharuskan sesuai dengan prosedur. Bagaimana cara kalibrasi light box ini? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Light Box

Kalibrasi pada light box memang sangat penting untuk membuatnya bisa memberikan pencahayaan yang sesuai. Akan tetapi, tentu saja yang menjadi masalah sekarang ini adalah Anda tidak mengerti betul bagaimana cara kalibrasi light box.

Dalam kalibrasi light box, Anda harus memahami standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang benar. Bagaimana itu?

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Light Box

Standar acuan dari kalibrasi light box adalah dengan menggunakan pengukuran kuat cahaya dan juga suhu warna. Kalibrasinya juga menggunakan direct comparison. Sedangkan untuk metode kalibrasinya, light box akan menggunakan metode LB-01-H. 

Prosedur Cara Kalibrasi Light Box

Lantas bagaimana cara kalibrasi light box yang benar tersebut? Ada yang sudah sesuai dengan prosedur dan diterapkan oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN, yaitu:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang cocok untuk angle gauge yang akan diuji. Sediakan blok sudut (angle block) sebagai standar acuan untuk proses kalibrasi.
  2. Pencarian Nilai Kalibrasi: Lakukan pencarian nilai kalibrasinya dengan menggunakan rentang ukur sebagai berikut:
  • 2856K
  • 0 lux ~ 2000 lux
  • 0 mW/cm² ~ 1000 mW/cm²
  1. Verifikasi Hasil: Lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasi angle gauge. Periksa ketidakpastian hasil kalibrasi yang mungkin dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan ruangan kalibrasi.
  2. Hitung Ketidakpastian: Anda bisa melakukan penghitungan ketidakpastian dari proses kalibrasi light box seperti faktor suhu dan juga kelembapan yang ada pada light box dan ruang kalibrasi.
  3. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi angle gauge dan gunakan catatan ini untuk menyusun laporan hasil kalibrasi angle gauge serta pembuatan sertifikat kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Light Box

Untuk setiap instrumen fotometri seperti light box, tidak ada instruksi secara khusus yang membahas kapan seharusnya untuk melaksanakan kalibrasi. Akan tetapi, ini memang menjadi hal yang sangat wajib.

Jadi, Anda bisa konsultasikan sekarang juga untuk kapan seharusnya melaksanakan kalibrasi light box dengan klik banner di bawah ini. 

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika dilihat dari cara kalibrasi light box yang sangat rumit, mungkin Anda akan bingung bagaimana cara melaksanakannya. Tapi, Anda sadar jika ini memang butuh. Maka dari itu, Anda bisa mengandalkan jasa kalibrasi light box karena mereka akan bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Menggunakan jasa kalibrasi memberikan keuntungan karena proses kalibrasi akan dilakukan dengan tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Hasil kalibrasi akan dapat dipercaya dan akurat baik itu untuk Anda ataupun konsumen.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Keuntungan selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan bukti berupa sertifikat kalibrasi yang menyatakan bahwa light box Anda telah dikalibrasi dengan benar dan akurat. Sertifikat ini dapat digunakan sebagai bukti kepatuhan dan keandalan alat dalam proses pengukuran.

Layanan Jasa Kalibrasi Light Box Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang mencari di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi light box yang terbaik dan dapat diandalkan? Pastikan Anda memilih Kalibrasi.com saja!

Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang bisa memberikan kepada Anda layanan kalibrasi berbagai instrumen fotometri seperti light box. Kalibrasi.com juga sudah mendapatkan akreditasi dari KAN.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Light Box di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup untuk kalibrasi light box yaitu instrumen fotometri. Laboratorium kalibrasi PT. Mandiri Transforma Global merupakan mitra terakreditasi dari Kalibrasi.com yang akan memberikan kepada Anda layanan jasa kalibrasi light box.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Light Box dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan kepada Anda berbagai kelebihan di antaranya:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Berbagai kelebihan tersebut bisa Anda dapatkan secara pasti apabila Anda mempercayakan Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi light box pilihan Anda.

Lakukan penawaran kalibrasi light box sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.