Cara Kalibrasi Light Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Light Meter Kredibel

0

Pengukur cahaya atau light meter adalah perangkat yang dapat membaca cahaya sekitar suatu pemandangan, juga dapat mengukur cahaya langsung yang berasal dari sumber cahaya utama Anda. Cukup dengan melihat namanya, Anda dapat dengan mudah mengetahui bahwa light meter digunakan untuk mengukur intensitas cahaya. Anda biasanya akan melihat fotografer profesional mengeluarkan perangkat “walky-talky-ish” kecil, ya itu adalah versi eksternal dari light meter.

Light meter tidak selalu merupakan perangkat terpisah, sebagian besar fotografer lebih suka versi eksternal. Kamera Anda memiliki pengukur cahaya bawaan, tetapi hanya mengukur cahaya reflektif.

Alat yang satu ini perlu untuk dilakukan kalibrasi dengan rutin agar pengukurannya bisa tepat dan akurat. Tapi, bagaimana cara kalibrasi light meter yang baik sehingga bisa menghasilkan light meter yang akurat? Mari kita cari tahu di sini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Light Meter

Light meter memerlukan kalibrasi seiring dengan berjalannya waktu alat ukur cahaya ini digunakan. Pada dasarnya, semua alat ukur memang memerlukan tindakan kalibrasi dengan interval tertentu dan dengan kondisi yang tertentu. Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga jika kalibrasi alat ukur termasuk light meter memiliki standar acuan dan juga metode kalibrasinya tersendiri.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Light Meter

Kalibrasi pada light meter akan selalu menggunakan standar acuan dengan menggunakan satuan internasional untuk pengukuran intensitas cahaya. Itu merupakan hal yang sangat wajib karena sudah sesuai dengan standar internasional.

Selain itu, metode kalibrasinya juga harus Anda perhatikan, yaitu TO-EM-8.01 (Direct Comparison), IK-KL-LS39, BS ISO/CIE 19476:2014. 

Prosedur Cara Kalibrasi Light Meter

Apabila Anda sudah mengerti standar acuan dan juga metode kalibrasi light meter yang benar, sekarang sudah saatnya Anda bisa masuk ke dalam tahap cara kalibrasi light meter yang sesuai dengan prosedur. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki peralatan kalibrasi yang sesuai untuk light meter. Siapkan standar cahaya dengan intensitas yang diketahui untuk digunakan selama kalibrasi.
  2. Penyesuaian Nol: Tempatkan light meter pada lingkungan yang stabil dan atur alat pada nilai nol atau nol referensi menggunakan tombol atau pengatur yang sesuai. Pastikan bahwa light meter telah terkalibrasi dengan benar pada titik nol.
  3. Kalibrasi Intensitas Cahaya: Gunakan standar cahaya dengan intensitas yang diketahui. Atur light meter pada jarak dan kondisi yang sesuai dengan nilai yang diketahui dari standar cahaya. Pastikan bahwa light meter menunjukkan nilai yang akurat sesuai dengan standar cahaya.
  4. Verifikasi Hasil: Setelah kalibrasi selesai, lakukan verifikasi untuk memastikan hasil kalibrasi light meter. Pastikan ketepatan dan akurasi alat dalam mengukur intensitas cahaya.
  5. Dokumentasi: Catat semua langkah dan hasil dari proses kalibrasi light meter. Simpan catatan sebagai bukti kalibrasi dan buat laporan hasil kalibrasi untuk referensi dan dokumentasi lebih lanjut.

Frekuensi Kalibrasi untuk Light Meter

Kalibrasi dengan cara yang demikian tidak Anda lakukan satu kali selama pemakaian light meter saja. Akan tetapi, ada interval tertentu yang mengharuskan kalibrasi ulang untuk light meter.

Apabila Anda masih bingung dengan frekuensi kalibrasi untuk light meter, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Memahami bagaimana cara kalibrasi light meter bagi yang awam memang sangat sulit. Akan tetapi, bagaimanapun juga Anda membutuhkan alat ukur ini. Jadi, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa kalibrasi light meter saja yang dijamin memberikan Anda keuntungan.

Selama Anda memilih jasa kalibrasi light meter yang sudah terakreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional), Anda mendapatkan keuntungan yang pasti sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi menggunakan jasa kalibrasi light meter akan bisa membuat hasil kalibrasinya bisa tertelusur. Tentu saja, pelaksanaannya sudah sesuai dengan standar yang berlaku seperti cara yang ada di atas tersebut.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain itu, jasa kalibrasi light meter yang terakreditasi KAN juga bisa menerbitkan sertifikat kalibrasi untuk light meter Anda yang sangat berguna untuk kepercayaan akurasi light meter untuk Anda dan juga konsumen.

Layanan Jasa Kalibrasi Light Meter Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang mencari jasa kalibrasi light meter dengan akreditasi KAN? Jawaban yang sangat tepat untuk pertanyaan tersebut adalah di Kalibrasi.com saja! Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi yang bekerja sama dengan berbagai laboratorium kalibrasi di seluruh Indonesia. Jadi, dijamin ruang lingkupnya sangat luas.

Ada berbagai keuntungan mengapa Anda harus mempercayakan Kalibrasi.com dibandingkan dengan jasa kalibrasi lainnya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Light Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas. Mau alat ukur atau instrumen apapun, Kalibrasi.com bisa siap membantu Anda dalam melaksanakan kalibrasi rutin alat ukur Anda. Adanya ruang lingkup kalibrasi fotometri bisa memberikan kepada Anda jasa kalibrasi light meter dengan laboratorium kalibrasi KAN yang melaksanakannya yaitu PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Light Meter dari Kalibrasi.com

Ada juga berbagai kelebihan dari jasa kalibrasi light meter di Kalibrasi.com, yaitu :

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik dengan jasa kalibrasi light meter di Kalibrasi.com? Anda bisa mengisi form penawaran kalibrasi di bawah ini, dan dapatkan penawaran menarik lainnya yang sudah menunggu Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.