Cara Kalibrasi Luxmeter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Luxmeter Terbaik

0

Profesional pencahayaan menggunakan pengukur cahaya juga disebut luxmeter untuk mengukur jumlah cahaya di ruang atau pada permukaan kerja tertentu. Luxmeter memiliki sensor yang mengukur cahaya yang jatuh di atasnya dan memberi pengguna pembacaan iluminasi yang dapat diukur.

Perangkat genggam ini biasanya digunakan oleh fotografer untuk membantu menghitung pencahayaan yang tepat. Namun, mereka juga merupakan alat penting yang digunakan untuk mengukur dan memverifikasi tingkat cahaya di lingkungan binaan. Luxmeter adalah alat yang sangat berguna jika Anda mengukur cahaya untuk keselamatan atau pencahayaan berlebih, yang menyebabkan ketegangan mata dan pemborosan energi.

Keuntungan tambahan menggunakan lux meter adalah dapat dikalibrasi. Mengapa ini penting? Dan bagaimana cara kalibrasi luxmeter tersebut? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Luxmeter

Melaksanakan kalibrasi pada perangkat pengukur cahaya ini memang sangat penting. Akan tetapi, Anda harus tahu jika dalam melaksanakan kalibrasi alat ukur harus ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi luxmeter yang benar.

Untuk mengetahui standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi luxmeter, yang harus Anda perhatikan adalah prosedur yang sudah diterapkan oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Luxmeter

Untuk melaksanakan kalibrasi luxmeter, standar acuannya adalah dengan memperhatikan pengukuran dengan satuan internasional. Metode kalibrasi yang sesuai dengan KAN adalah TO-EM-8.01 (Direct Comparison), IK-KL-LS39, BS ISO/CIE 19476:2014.

Prosedur Cara Kalibrasi Luxmeter

Menemukan standar acuan sudah, metode sudah, saatnya untuk melaksanakan kalibrasi pada luxmeter dengan menggunakan prosedur sebagai berikut:

  1. Persiapkan luxmeter yang akan Anda kalibrasi serta alat kalibrasi yang akan digunakan.
  2. Setelah itu, Anda bisa mencari nilai kalibrasinya dengan menggunakan rentang ukur sebagai berikut:
  • 100 lux ~ 1900 lux
  • 0 lux ~ 50 lux
  • 51 lux – 100 lux
  • 101 lux ~ 200 lux
  • 201 lux ~ 300 lux
  • 301 lux ~ 400 lux
  • 401 lux ~ 500 lux
  • 501 lux ~ 600 lux
  • 601 lux ~ 700 lux
  • 701 lux ~ 800 lux
  • 801 lux ~ 900 lux
  • 901 lux ~ 1000 lux
  • 1001 lux ~ 2000 lux
  1. Apabila ada salah satu dari rentang ukur yang pengukurannya tidak sesuai dengan deviasi sesuai batas toleransi, akan dilakukan pembenaran pengukurannya.
  2. Cari ketidakpastian dari proses kalibrasi luxmeter dengan berbagai faktor seperti suhu dan juga kelembapan pada ruang kalibrasinya.
  3. Terakhir, dokumentasikan seluruh proses dan pengukuran dari luxmeter untuk membuat laporan hasil kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Luxmeter

Cara kalibrasi luxmeter yang rumit demikian akan dilakukan secara berkala. Jadi, tidak hanya Anda melakukan satu kali saja selama masa penggunaan dari luxmeter tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang frekuensi kalibrasi luxmeter Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan kalibrasi luxmeter, Anda dapat mempercayakannya kepada jasa kalibrasi terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi luxmeter akan memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Ini tentunya akan sangat penting untuk bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang akurat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Anda akan menerima bukti sertifikat kalibrasi sebagai jaminan bahwa luxmeter Anda telah diukur dengan akurasi tinggi. Sertifikat ini hanya bisa diterbitkan oleh jasa kalibrasi luxmeter yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN.

Layanan Jasa Kalibrasi Luxmeter Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi luxmeter yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN? Anda bisa mempercayakannya kepada Kalibrasi.com! 

Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan jasa kalibrasi luxmeter. Semua mitra di Kalibrasi.com sudah terakreditasi oleh KAN dan memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Luxmeter di Kalibrasi.com

Untuk ruang lingkup kalibrasi luxmeter, Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup fotometri yang di mana untuk kalibrasinya akan dilakukan oleh mitra yang terakreditasi yaitu PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Luxmeter dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan berbagai kelebihan, seperti standar acuan yang jelas, metode yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan. Percayakan urusan kalibrasi luxmeter Anda kepada Kalibrasi.com untuk memastikan hasil yang akurat dan sesuai standar. 

Dapatkan penawaran menarik lainnya dengan mengisi form penawaran kalibrasi di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.