Cara Kalibrasi Medical Gas Analyzer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Medical Gas Analyzer Terbaik

0

Untuk keselamatan pasien, medical gas analyzer dirancang untuk terus mengukur kualitas oksigen penggunaan medis, karbon monoksida (CO), dan karbon dioksida (CO2) yang disalurkan melalui jaringan pipa gas medis rumah sakit atau fasilitas atau di mana pun outlet gas medis tersedia. Gas-gas ini harus dikontrol secara ketat untuk memenuhi standar operasi saat ini. Sistem pengukuran medical gas analyzer sudah dirancang untuk sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi Anda dan juga untuk pasien.

Dalam bidang medis, memang membutuhkan penanganan yang sangat ekstra untuk berbagai alat medisnya, terutama dalam segi akurasi dalam pengukuran. Termasuk untuk medical gas analyzer, ini harus dilakukan kalibrasi.

Walaupun Anda sudah tahu hal tersebut, akan tetapi bagaimana cara kalibrasi medical gas analyzer ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Dalam pelaksanaan kalibrasi instrumen apapun itu termasuk untuk medical gas analyzer, Anda harus tahu bahwa caranya memang sangat rumit dan itu memang membutuhkan kompetensi yang tinggi tentang ilmu pengukuran atau metrologi.

Cara kalibrasi medical gas analyzer ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu standar acuannya dan juga metode yang digunakan. Selama 2 faktor tersebut sudah ada, maka kalibrasi medical gas analyzer bisa dilakukan sesuai dengan prosedur.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Kalibrasi pada medical gas analyzer ini akan dilakukan dengan menggunakan standar acuan pengukuran CO2 dan juga O2. Pengukuran ini akan menggunakan satuan internasional cmol/mol. 

Untuk metode kalibrasinya, kalibrasi medical gas analyzer akan menggunakan SOP-CAL-06C.

Prosedur Cara Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Setelah standar acuan sudah diperoleh, metode pun juga bisa ditentukan mana yang benar, selanjutnya beginilah cara kalibrasi medical gas analyzer yang sesuai dengan prosedur:

  1. Persiapan Kalibrasi: Pastikan semua peralatan dan alat ukur kalibrasi sudah siap, termasuk standar acuan yang sesuai, metode yang tepat, dan persiapan tempat kalibrasi.
  2. Pelaksanaan Kalibrasi: Lakukan kalibrasi medical gas analyzer dengan mengukur gas dengan menggunakan standar acuan yang sudah ditentukan.
  3. Evaluasi Hasil Kalibrasi: Periksa apakah ada perbedaan nilai antara hasil kalibrasi medical gas analyzer dengan standar acuan. Jika ada perbedaan, lakukan koreksi hingga mencapai tingkat toleransi yang dapat diterima.
  4. Hitung Ketidakpastian: Lakukan perhitungan ketidakpastian dari proses kalibrasi medical gas analyzer, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti suhu dan kelembapan lingkungan.
  5. Dokumentasi dan Laporan: Seluruh proses kalibrasi harus didokumentasikan secara rinci dan disusun dalam laporan kalibrasi. Laporan ini menjadi bukti bahwa medical gas analyzer telah dijalankan dengan tepat dan sesuai standar yang berlaku.

Frekuensi Kalibrasi untuk Medical Gas Analyzer

Sebenarnya untuk kapan kalibrasi dari medical gas analyzer ini akan dilakukan pencarian terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkannya harus dilakukan kalibrasi. Akan tetapi, jika melihat berbagai instrumen analitik lainnya, kalibrasi medical gas analyzer ini setidaknya dilakukan kalibrasi setiap 12 bulan sekali.

Atau, apabila Anda bingung frekuensi kalibrasi untuk medical gas analyzer, klik banner di bawah ini untuk melakukan konsultasi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Selama Anda memahami bagaimana cara kalibrasi medical gas analyzer yang tepat, Anda bisa melakukannya sendiri. Akan tetapi, menurut Permenkes no.54 tahun 2015, kalibrasi memang harus dilakukan oleh jasa kalibrasi instrumen analitic yag sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Dengan hal ini, maka memang sudah pasti ada alasan kenapa kalibrasi di jasa kalibrasi medical gas analyzer itu sangat menguntungkan. 

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Apabila Anda melaksanakan kalibrasi medical gas analyzer di jasa kalibrasi yang terakreditasi, Anda akan mendapatkan hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, Anda jadi tidak ragu karena proses kalibrasinya sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Kalibrasi di jasa kalibrasi medical gas analyzer juga akan bisa memberikan bukti sertifikat kalibrasi yang akan sangat berguna untuk kepercayaan Anda dan juga pasien Anda bahwa alat kesehatan yang Anda miliki akurat hasil pengukurannya.

Layanan Jasa Kalibrasi Medical Gas Analyzer Terakreditasi KAN

Apakah Anda mencari jasa kalibrasi medical gas analyzer yang sudah terakreditasi KAN? Maka Kalibrasi.com adalah pilihan yang tepat! Sebagai platform online kalibrasi terpercaya, Kalibrasi.com menyediakan berbagai keuntungan dalam kalibrasi alat ukur apa pun.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Medical Gas Analyzer di Kalibrasi.com

Ruang lingkup kalibrasi medical gas analyzer di Kalibrasi.com sangat luas, dan Anda bisa melakukan kalibrasi medical gas analyzer dengan aman karena mitra Kalibrasi.com sudah terakreditasi, seperti PT Qualis Indonesia, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan PT. Hilab Sciencetama.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Medical Gas Analyzer dari Kalibrasi.com

Kelebihan menggunakan jasa kalibrasi medical gas analyzer dari Kalibrasi.com antara lain standar acuan yang jelas, metode sesuai standar, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang andal.

Jadi, jika Anda tertarik untuk melaksanakan kalibrasi medical gas analyzer pilihan Anda, langsung saja isi form di bawah ini dan dapatkan penawaran kalibrasi yang sesuai kebutuhan Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.