Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tarik Terakreditasi

0

Mesin uji tarik adalah sebuah mesin pengujian yang digunakan untuk menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material. Di dalam penggunaannya alat ini bekerja dengan memberikan gaya tekan atau gaya tarik pada bahan yang diujikan. Pada umumnya pengujian ini dilakukan ada benda-benda keras yang memiliki unsur karbon seperti, logam, besi baja, dan lain sebagainya.

Mesin uji baja dapat Anda temui dalam pembangunan atau konstruksi yang mana pastinya memerlukan peranan baja yang memiliki tingkat kekokohan tinggi. Baja yang digunakan dalam konstruksi tersebut akan dilakukan pengujian dengan menggunakan mesin uji tarik untuk mengetahui kekuatan material tersebut. Hasil pengujian akan memberikan informasi mengenai seberapa besar pengukuran yang akan diuji terhadap bahan konstruksi baja yang digunakan.

Maka dari itu untuk memastikan mesin uji tarik dapat diandalkan sebagaimana standarisasinya, setiap alat mesin uji tarik yang akan digunakan harus dilakukan kalibrasi. Prosedur  kalibrasi akan membantu alat mengurangi resiko hasil pengujian yang tidak memenuhi standar regulasi. Itulah mengapa dalam melakukan kalibrasi terdapat ketentuan yang wajib dipatuhi setiap pelaksana kalibrasi, selengkapnya pada penjelasan berikut!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Telah disinggung sebelumnya kalibrasi dilakukan dengan memenuhi beberapa ketentuan yang Ada diantaranya standar acuan,metode dan cara kalibrasi mesin uji tarik. Untuk lebih lengkapnya mengenai ketika ketentuan tersebut pelajari selengkapnya pada penjelasan berikut!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Standar acuan kalibrasi diatur sesuai dengan satuan internasional dimana standar SI akan menyamaratakan hasil kalibrasi mesin uji tarik di seluruh dunia. Sedangkan  standar metode sendiri berisi standar acuan kalibrasi yang meliputi rentang ukur, metode kalibrasi, dan nilai ketidakpastian. Semua itu mengacu pada dokumen dari KAN.

Prosedur Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Untuk mencapai tujuan kalibrasi terdapat prosedur cara yang wajib dilaksanakan sebagaimana yang telah diatur sesuai standar. dalam pelaksanaannya terdapat lima langkah penting cara prosedur kalibrasi mesin uji tarik yaitu persiapan alat-bahan hingga metode yang akan digunakan, pelaksanaan dengan cara pengamatan dan analisa, perhitungan data kalibrasi,menentukkan ketidakpastian dan membuat laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Mesin Uji Tarik

Dalam menentukkan frekuennsi kalibrasi setiap alat ukur sebenarnya tidak dapat dipukul sama rata karena terdapat faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya frekuensi kalibrasi untuk mesin uji tarik. Namun secara umum frekuensi kalibrasi dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun.

Apabila Anda masih bingung dalam menentukkan frekuensi kalibrasi untuk mesin uji tarik Anda, kami merekomendasikan untuk melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi mesin uji tarik Anda yang dapat Anda lakukan dengan klik gambar berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah menyimak penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, Anda telah mengetahui ada banyak hal yang harus dipahami untuk melakukan kalibrasi. Maka dari itu jika Anda kesulitan dalam melakukan kalibrasi Anda dapat menggunakan jasa kalibrasi yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi. Prosedur kalibrasi yang dilakukan pada jasa kalibrasi memiliki keuntungan yang diantaranya :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Agar terjamin hasil kalibrasi yang mampu tertelusur ke standar nasional Indonesia maupun internasional, pilihlah jasa kalibrasi yang telah berpengalaman dan tentunya telah terakreditasi KAN sebagai bukti laboratorium kalibrasi yang berkualitas.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah terakreditasi KAN memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi asli. Oleh karenanya setelah alat ukur dinyatakan lulus kalibrasi Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang dapat digunakan untuk jaminan kualitas dan kelayakan alat.

Layanan Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tarik Terakreditasi KAN

telah Anda simak penjelasan sebelumnya mengenai kalibrasi mesin uji ukur yang mana akan lebih baik jika dilakukan oleh teknisi ahli yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi. Butuh jasa kalibrasi mesin uji tarik? Kalibrasi.com dapat menjadi solusi terbaiknya.

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital nomor 1 di Indonesia sebagai penyedia layanan jasa kalibrasi dengan pilihan jasa kalibrasi yang beragam, semua mitra yang memiliki laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN serta pelayanan kalibrasi dengan akses yang mudah. Termasuk layanan jasa kalibrasi mesin uji tarik.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Mesin Uji Tarik di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan jasa kalibrasi sesuai kebutuhan Anda dengan ruang lingkup yang luas dan lengkap termasuk untuk kalibrasi mesin uji tarik dalam ruang lingkup kalibrasi gaya.  Mitra Kalibrasi.com yang melayani jasa kalibrasi dalam ruang lingkup ini seperti  PT Qualis Indonesia, PT Mutuagung lestari, PT Pananjung Anugrah Solution, PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tarik dari Kalibrasi.com

Selain memiliki ruang lingkup yang luas, Kalibrasi.com juga menawarkan kelebihan dalam melakukan kalibrasi dan membantu Anda dalam melakukan penawaran jasa kalibrasi yang lebih mudah dan efisien. kelebihan tersebut diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Bagaimana apakah Anda berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi mesin uji tarik dari Kalibrasi.com? Anda dapat segera mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan buat permintaan kalibrasi, atau lebih mudahkan Anda dapat mengisi form yang telah tim Kalibrasi.com sediakan dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.