Cara Kalibrasi Mesin Uji Tekan dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tekan Terbaik

0

Alat ukur yang digunakan dalam sektor industri memiliki banyak macam,  rupa, fungsi dan bentuknya. Salah satunya dalam ruang lingkup kalibrasi gaya dimana alat mesin uji tekan seringkali digunakan oleh beberapa sektor pekerjaan industri seperti perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi untuk menunjang kinerja manusianya  Mesin uji tekan merupakan suatu alat uji mekanik yang berguna untuk mengukur dan mengetahui keakuratan benda terhadap gaya tekan.

Mesin uji tekan umumnya menggunakan sistem komputerisasi yang dapat dikendalikan seta dapat mencatat hasil pengukuran dengan akurasi yang lebih tinggi. Alat ini akan memberikan hasil pengukuran kekuatan dari benda yang diukur mengenai besaran pengukuran yang diuji harus sesuai standarisasi yang diinginkan tercapai dengan sempurna.

Sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mengukur pastinya alat ini harus dipastikan kehandalannya untuk melindungi keamanan dan keselamatan lingkungan disekitar dengan cara secara rutin melakukan kalibrasi. Kalibrasi yang dilakukan harus mematuhi setiap ketentuan yang telah diatur sesuai dengan kondisi alat. Ketentuan tersebut meliputi standar acuan, metode, dan cara kalibrasi, untuk memahami selengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Kalibrasi bukanlah prosedur yang dapat dilakukan dengan sembarangan, oleh karenanya terdapat beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan saat melakukan kalibrasi. dengan mematuhi ketentuan ini kalibrasi mesin uji tekan akan lebih dipercaya keakuratannya. Untuk memahami selengkapnya mengenai standar aca, metode dan cara kalibrasi dapat Anda simak berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Sebuah standar digunakan sebagai pedoman untuk memberikan kepastian nilai yang dapat disamaratakan. Oleh karena dalam penyelenggaraan kalibrasi harus mematuhi standar acuan yang sesuai dengan satuan internasional (SI). Selain itu untuk metode dan rentang ukur akan menyesuaikan dengan SI yaitu TO-MD-3.02, ISO 7500/1 :2018, 1 kgf = 9.80665 N, 1 tf = 10 kN

Prosedur Cara Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Sama halnya untuk dengan standar acuan yang harus dipatuhi agar tercapai standar nilai yang diharapkan juga dibarengi dengan prosedur cara kalibrasi mesin uji tekanan yang benar, urut dan terstruktur. Adapun cara dalam kalibrasi mesin uji tekan diantaranya sebagai berikut :

  1. Persiapan dari mulai alat ukur yang hendak dikalibrasi
  2. Pelaksanaan kalibrasi dan analisa
  3. Menghitung data kalibrasi mesin uji tekan
  4. Menentukkan faktor ketidakpastian kalibrasi
  5. Menyusun dan menerbitkan laporan kalibrasi

Frekuensi Kalibrasi untuk Mesin Uji Tekan

Frekuensi kalibrasi pada alat ukur ditentukan oleh banyak hal seperti dari penggunaan alat ukur, kondisi lingkungan dan masih banyak lainnya. oleh karenanya dalam menentukan frekuensi kalibrasi tidak dapat disamaratakan. Tetapi pada umumnya kalibrasi dilakukan secara berkala minimal satu kali dalam satu tahun.

Apakah Anda masih bingung untuk menentukkan frekuensi klibrasi yang tepat? Anda dapat melakukan konsultasi mengenai frekuensi kalibrasi untuk mesin uji tekan ini dengan klik gambar berikut !

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam melakukan kalibrasi terdapat banyak ketentuan yang mana setiap pelaksana kalibrasi harus memahaminya. Dengan jasa kalibrasi hasil kalibrasi alat ukur akan lebih terjamin keakuratannya dan sesuai dengan standar kalibrasi yang berlaku. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari menggunakan jasa kalibrasi daripada melakukan kalibrasi sendiri. Keuntungan tersebut diantaranya seperti :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Agar setiap alat ukur dapat memberikan hasil ukur yang dapat diterima keabsahannya, alat ukur tersebut perlu mempunyai ketelusuran pada standar nasional maupun standar internasional. Oleh karenanya pilihlah jasa kalibrasi yang terakreditasi ketertelusuran alat pastinya akan lebih terjamin.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi KAN akan memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi asli. Alat Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi setelah alat ukur Anda dinyatakan lulus uji kalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tekan Terakreditasi KAN

Dari penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya untuk melakukan kalibrasi Anda perlu memilih jasa kalibrasi berkompeten yang telah memiliki tenaga ahli bidang kalibrasi. Dalam hal Anda dapat percayakan kepada Kalibrasi.com yang dapat menjadi solusi dalam mencari jasa kalibrasi yang tepat bagi alat ukur Anda.

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital terpercaya penyedia layanan jasa kalibrasi yang telah bekerjasama dengan mitra terakreditasi dengan pelayanan penawaran jasa kalibrasi yang mudah di akses , pilihan jasa kalibrasi yang beragam, serta pengantaran logistic tanpa masalah. Termasuk juga ketersediaan jasa kalibrasi mesin uji tekanan, untuk lebih lengkapnya mengenai layanan ini simak penjelasan berikut :

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Mesin Uji Tekan di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com adalah platform pelayanan jasa kalibrasi yang beragam dengan memiliki ruang lingkup luas dan lengkap. Diantara salah satunya terdapat ruang lingkup kalibrasi gaya untuk kalibrasi mesin uji tekan. Beberapa mitra yang melayani jasa kalibrasi dalam ruang lingkup ini seperti PT Qualis Indonesia, PT Mutuagung lestari, PT Pananjung Anugrah Solution, dan PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tekan dari Kalibrasi.com

Selain yang telah disebutkan diatas, Kalibrasi.com pastinya memiliki kelebihan lain dalam melakukan kalibrasi mesin uji tekan yang diantaranya  :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Anda tertarik melakukan penawaran jasa kalibrasi mesin uji tekan di Kalibrasi.com? kunjungi website resmi Kalibrasi.com untuk mendapatkan penawaran menarik dari mitra, Atau langsung melakukan mengajukan penawaran dengan mengisi form yang telah tim Kalibrasi.com cantumkan berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.