Cara Kalibrasi Methana Detektor dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Methana Detektor Kredibel

0

Metana atau gas alam (CH4) adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan memiliki berat molekul yang lebih ringan dari gas udara. Meskipun tidak beracun, namun metana sangat mudah terbakar (R12) dan berpotensi meledak. Oleh karena itu, penggunaan detektor metana menjadi penting untuk mendeteksi dan mengukur keberadaan gas ini dan mencegah potensi bahaya. 

Methana detektor membantu dalam pencegahan kecelakaan yang mungkin terjadi akibat kehadiran metana yang mudah terbakar. Selain itu, ketika metana terkumpul dalam konsentrasi tinggi di ruang dengan ventilasi yang buruk, dapat menggantikan oksigen dan menyebabkan masalah pernapasan. Oleh karena itu, deteksi dan pemantauan konsentrasi metana menjadi kunci untuk menjaga keselamatan di lingkungan kerja dan area lain yang berpotensi mengandung gas metana.

Untuk mewujudkan keselamatan kerja menggunakan methana detektor, pastikan Anda melakukan secara rutin untuk methana detektor bisa memberikan pengukuran yang tepat. Bagaimana cara kalibrasi methana detektor ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Methana Detektor

Melaksanakan kalibrasi pada methana detektor, yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah standar acuan. Setiap kalibrasi alat ukur tentu saja harus ada acuannya untuk menentukan apakah pengukuran dari methana detektor sudah akurat atau belum.

Selain itu, ada juga metode dan juga prosedur yang khusus untuk melaksanakan kalibrasi methana detektor. 

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Methana Detektor

Dalam pelaksanaan kalibrasi untuk methana detektor, standar acuan yang dipakai secara internasional adalah mengacu kepada satuan internasional. Standar acuan ini akan sangat berpengaruh untuk mengehtahui apakah penghitungan methana detektor dalam satuan ppm bisa akurat.

Dan juga, untuk metode yang digunakan untuk instrumen analitik seperti methana detektor ini menggunakan IKM-ES-7.2.1 yang dijamin paling akurat dan sesuai dengan standar Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Prosedur Cara Kalibrasi Methana Detektor

Bagaimana dengan cara kalibrasi methana detektor ini? Ada beberapa prosedur yang harus dilalui, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini termasuk untuk alat kalibrasi, methana detektor yang sudah dicek kondisi fisiknya dan juga sudah dibersihkan, lalu standar acuannya.
  2. Setelah persiapan selesai, selanjutnya adalah dengan melaksanakan kalibrasinya. Pelaksanaan kalibrasi ini akan menggunakan standar acuan serta metode yang tepat untuk menentukan nilai kalibrasi.
  3. Jika ada deviasi atau penyimpangan nilai dari penghitungan sesuai dengan standar acuan, maka akan dibenarkan sampai titik bisa ditoleransi.
  4. Lalu, jangan lupa untuk menghitung ketidakpastian dari nilai kalibrasinya seperti adanya suhu, kelembapan, dan lain-lain yang bisa mempengaruhi nilai kalibrasinya.
  5. Terakhir, dokumentasikan seluruh proses kalibrasi methana detektor untuk pembuatan laporan hasil kalibrasi methana detektor.

Frekuensi Kalibrasi untuk Methana Detektor

Kalibrasi untuk kebanyakan instrumen analitik seperti methana detektor contohnya, adalah dilakukan selama 6 bulan sekali. Frekuensi ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi dari methana detektor itu sendiri.

Apabila Anda bingung dengan kapan harus dilakukannya kalibrasi methana detektor, Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apakah Anda kesulitan dengan cara kalibrasi methana detektor? Tenang saja, Anda bisa mencari jasa kalibrasi methana detektor yang terpercaya. Tidak ada salahnya Anda mempercayakan pihak ketiga untuk melaksanakan kalibrasi methana detektor Anda. 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, namun ada 2 keuntungan yang paling jelas dan paling bermanfaat untuk industri Anda selain akurasi yang tepat.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Pertama adalah jaminan jika hasil kalibrasinya bisa tertelusur. Selain itu, proses kalibrasinya juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku secara internasional. Ini akan didapatkan apabila Anda menggunakan jasa kalibrasi methana detektor yang terakreditasi oleh KAN.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Pastinya, apabila Anda menggunakan jasa kalibrasi methana detektor terakreditasi KAN, Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang dapat meningkatkan kepercayaan customer terhadap industri Anda.

Layanan Jasa Kalibrasi Methana Detektor Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi methana detektor yang terakreditasi KAN? Maka jawaban yang pasti adalah Kalibrasi.com! Kalibrasi.com sudah membuktikan sendiri bagaimana sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia bisa memberikan layanan kalibrasi dengan keuntungan yang sangat banyak.

Sudah ada banyak perusahaan berbagai sektor mempercayakan Kalibrasi.com karena kompetensinya dalam pelaksanaan kalibrasi alat ukur sesuai dengan standar internasional.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Methana Detektor di Kalibrasi.com

Tidak kaget jika banyak yang mempercayakan Kalibrasi.com, ini karena ada ruang lingkup kalibrasi yang luas seperti contohnya adalah instrumen analitik. Ada berbagai mitra dari Kalibrasi.ocm yang bisa melaksanakan kalibrasi instrumen analitic seperti methana detektor, di antaranya:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi Methana Detektor dari Kalibrasi.com

Terakreditasi tentu saja adalah keunggulan dari Kalibrasi.com. Akan tetapi, apakah sampai situ saja keuntungannya? Tentu saja tidak! Kalibrasi.com memiliki kelebihan jasa kalibrasi methana detektor lainnya seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menguntungkan sekali bukan? apabila Anda membutuhkan jasa kalibrasi methana detektor, bisa bekerja sama dengan Kalibrasi.com dengan membuat penawaran kalibrasi methana detektor pada form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.