Cara Kalibrasi Micro Pipet dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Micro Pipet Kredibel

0

Alat ukur atau instrumen yang sering digunakan dalam proses pemipetan di laboratorium salah satunya adalah mikro pipet. Alat ini sangat membantu dalam mengambil sejumlah larutan atau reagen tertentu dalam jumlah yang sangat kecil dan memiliki akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pipet pada umumnya. Berdasarkan jenis atau variasinya mikropipet memiliki beberapa kategori yang diantaranya ada mikro pipet P20, P200, dan P1000. 

Sebagai sebuah alat ukur tentunya untuk menguji ketelitian dari mikropipet dapat dilakukan dengan kalibrasi. Prosedur ini akan memastikan mikropipet dapat mengukur secara lebih presisi dan akurat. Untuk mencapainya maka dalam melakukan kalibrasi harus mematuhi ketentuan kalibrasi mikropipet. Apa sajakah ketentuan tersebut? Untuk lebih lengkapnya dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Micro Pipet

Sebagai sebuah prosedur yang berperan penting dalam mendukung pengukuran yang akurat. Kalibrasi telah diatur standar acuan, metode, dan caranya untuk memastikan hasil kalibrasi sesuai dengan yang diharapan dan tujuan dari kalibrasi mikropipet itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh terkait kalibrasi mikro pipet, simak penjelasan dalam beberapa poin berikut

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Micro Pipet

Standar acuan dalam pelaksanaan kalibrasi micro pipet harus sesuai dengan sistem internasional (SI). Dengan berpedoman ada standar internasional pastinya juga akan mempengaruhi pada kesesuaian metode dan rentan ukurnya. sebagaimana aturannya untuk metode micro pipet yang sesuai dengan SI adalah IK-KM-VL08, ISO 8655-2:2002.

Prosedur Cara Kalibrasi Micro Pipet

Terdapat beberapa prosedur cara yang wajib dipatuhi saat melakukan kalibrasi untuk mencapai hasil kalibrasi yang diharapkan. Adapun cara ini harus dilakukan secara sistematis agar prosedur kalibrasi tidak terjadi kesalahan. Cara kalibrasi micro pipet diantaranya :

  1. Menyiapkan alat hingga metode sebelum pelaksanaan kalibrasi termasuk menunjuk pelaksana kalibrasi yang berkompeten dan mengecek tempat kalibrasi.
  2. Melakukan pengamatan yang dilakukan dengan cara pengamatan awal, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur dan menentukkan ketidakpastian.
  3. Menghitung data hasil kalibrasi sesuai metode kalibrasi dengan memperhatikan rentang ukur kalibrasi pipet berikut : 
  • 0μl ~ 10μl
  • 10μl ~ 20μl
  • 20μl ~ 50μl
  • 50μl ~ 100μl
  • 100μl ~ 200μl
  • 200μl ~ 1000μl
  • 1000μl ~ 5000μl
  • 5000μl ~ 10000μl
  1. Menentukkan ketidakpastian darihasilperhitungan serta membuat kesimpulan dari hasilkalibrasi micro pipet
  2. Membuat dan menerbtkan laporan hasil kalibrasi

Frekuensi Kalibrasi untuk Micro Pipet

Untuk menentukkan frekuensi hasil kalibrasi sebenarnya tidak dapat disamaratakan hal ini karena setiap alat ukur memiliki faktor penyebab yang berbeda-beda. Namun secara umum micro pipet direkomendasikan untuk kalibrasi minimal setiap 6 bulan sekali. Meskipun begitu frekuensi kalibrasi dikembalikan lagi ke pengguna alat karna mereka yang dianggap lebih paham atas pemakaian micro pipet

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dari penjelasan yang telah disampaikan diatas Anda dapat  memahami jika kalibrasi yang dilakukan tidaklah mudah dilakukan. Seorang pelaksana kalibrasi haruslah memahami tentang standar pengukuran dan detail jalannya prosedur kalibrasi. Maka dari itu akan lebih terjamin jika kalibrasi dilakukan oleh jasa kalibrasi yang telah berkompeten dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri. Karena ada keuntungan yang akan Anda dapatkan diantaranya :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi yang berkompeten pasti telah terakreditasi KAN sebagai laboratorium yang berkualitas dalam melakukan kalibrasi yang dapat memastikan micro pipet berstandar ukur yang mampu tertelusur ke standar nasional Indonesia (SNI) maupun internasional.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi pastinya juga mendapatkan hak dalam menerbitkan sertifikat kalibrasi asli yang mana dapat menjadi bukti bahwa alat ukur telah dikalibrasi dengan sertifikat tersebut.

Layanan Jasa Kalibrasi Micro Pipet Terakreditasi KAN

Sedang mencari jasa kalibrasi micro pipet? Anda tidak salah mengklik artikel ini, karena disini Anda akan menemukkan jasa kalibrasi micro pipet terbaik dari Kalibrasi.com. platform ini menyediakan jasa kalibrasi yang telah bekerjasama dengan mitra-mitra terbaik yang terakreditasi KAN sehingga memiliki kualitas dan kompetensi di bidang kalibrasi. Nah untuk itu selengkapnya mengenai layanan jasa kalibrasi micro pipet dari Kalibrasi.com berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Micro Pipet di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memberikan pelayanan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup yang luas tidak terkecuali untuk micro pipet dalam ruang lingkup kalibrasi volumetric. Mitra Kalibrasi.com yang melayani kalibrasi dalam ruang lingkup  kalibrasi volumetric diantaranya seperti PT. Mutuagung Lestari, PT. Qualis Indonesia, PT. Mandiri Transforma Global, dan PT. Hilab Sciencetama.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Micro Pipet dari Kalibrasi.com

Adapun sebagai penyedia layanan kalibrasi platform ini memiliki banyak kelebihan yang diantaranya sebagai berikut :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi micro pipet, kami sudah menyiapkan form yang dapat Anda isi untuk mengajukan permintaan jasa kalibrasi micro pipet yang telah artikel ini cantumkan berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.