Cara Kalibrasi Optical Level dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Optical Level Terpercaya

0

Optical level merupakan sebuah alat sensor yang menggunakan prinsip  refleksi total. Dimana sensor pada alat ini digunakan untuk deteksi level titik dan juga pemantauan zat padat dan cair yang secara terus menerus. secara umum alat ini digunakan dalam pengukuran cairan korosif, organic dan berair di industri.

Apabila Anda membutuhkan perangkat canggih dan tahan lama untuk penginderaan level titik industri, optical level adalah solusinya. Namun sebagai perangkat pengukuran optical level butuh dilakukan kalibrasi secara berkala untuk menjaga keakuratan dan kualitas hasil pengukuran yang dilakukan oleh alat. 

Dalam pelaksanaanya kalibrasi dilakukan dengan mematuhi ketentuan yang telah diatur adapun ketentuan tersebut meliputi standar acuan,metode dan cara kalibrasi. Yuk teruslah baca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang ketentuan kalibrasi optical level yang wajib dipatuhi untuk memberikan hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Optical Level

Terdapat beberapa ketentuan yang wajib dilakukan dalam melakukan kalibrasi yaitu diantaranya standar acuan, metode, dan cara kalibrasi. Agar kalibrasi optical level mencapai  hasil yang sesuai dengan standar alat maka ketentuan tersebut  harus dipatuhi. penjelasan selengkapnya simak berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Optical Level

Standar acuan digunakan untuk menyamarkan hasil kalibrasi khususnya untuk optical level di seluruh dunia. Standar acuan harus memiliki tingkat akurasi tertinggi oleh karenanya standar acuan harus sesuai dengan satuan internasional (SI). Dimana dalam metode yang digunakan mengacu pada SI yang meliputi ketidakpastian dan rentang ukur sesuai dengan  ISO 17123-3:2001

Prosedur Cara Kalibrasi Optical Level

Dalam pelaksanaan kalibrasi meliputi beberapa tahapan, yang diantaranya seperti persiapan, pelaksanaan, analisis data, penentuan ketidakpastian dan pembuatan laporan. Untuk lebih lengkapnya berikut cara kalibrasi optical level :

  • Persiapan yang dilakukan dengan menyiapkan alat dan bahan kalibrasi, persiapkan pelaksana kalibrasi, mengecek kondisi lingkungan, dan menetapkan metode kalibrasi yang tepat.
  • Tahap berikutnya melakukan pelaksanaan kalibrasi yang dilakukan dengan cara pengamatan dan analisis terhadap data hasil kalibrasi.
  • Data kalibrasi yang telah diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan metode kalibrasi.
  • Menentukkan ketidakpastian berdasarkan hasil perhitungan kalibrasi dan membuat kesimpulan kalibrasi.
  • Membuat laporan hasil kalibrasi yang mencakup data pengukuran, ketidakpastian, srta kesesuaian dengan standar yang berlaku.

Frekuensi Kalibrasi untuk Optical Level

Frekuensi kalibrasi untuk optical level secara umum dapat dilakukan secara berkala setidaknya satu kali dalam satu tahun. Namun penentuan ini tidak dapat disamaratakan karena banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya frekuensi kalibrasi optical level.

Apabila Anda bingung untuk menentukkan frekuensi kalibrasi untuk optical level. Anda dapat melakukan konsultasi terkait frekuensi Kalibrasi alat ukur yang Anda gunakan dengan klik gambar dibawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah menyimak penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, ketentuan dalam melakukan kalibrasi tidaklah mudah dilakukan oleh orang-orang pada umumnya.  Oleh karenanya kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh yang telah berpengalaman dengan melibatkan jasa kalibrasi. Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa kalibrasi.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Lakukanlah kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah berpengalaman dan telah terakreditasi agar hasil kalibrasi mampu tertelusur ke standar yang lebih tinggi yaitu standar nasional Indonesia maupun internasional

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi yang telah terakreditasi, setelah alat dinyatakan lolos uji kalibrasi, alat akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi asli yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan jaminan kualitas.

Layanan Jasa Kalibrasi Optical Level Terakreditasi KAN

Sebagaimana yang telah disampaikan tersebut, kalibrasi menjadi salah satu pekerjaan yang tidak mudah dan tentunya dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman dibidang kalibrasi. Pada umumnya kalibrasi dilakukan oleh teknisi ahli kalibrasi untuk menjamin hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar. Nah di Kalibrasi.com dapat menjadi solusi bagi Anda yang mencari jasa kalibrasi optical level yang terpercaya.

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital penyedia layanan jasa kalibrasi yang memiliki menyediakan berbagai pilihan jasa kalibrasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dengan mitra yang telah terakreditasi KAN Kalibrasi.com juga menyediakan pelayanan jasa kalibrasi dengan akses yang mudah dan dijangkau termasuk untuk layanan jasa kalibrasi optical level berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Optical Level di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan jasa kalibrasi dengan banyak ruang lingkup dan untuk optical level masuk ke dalam ruang lingkup panjang di Kalibrasi.com. adapun mitra laboratorium yang menyediakan jasa kalibrasi ini seperti PT Qualis Indonesia. PT Mutuagung Lestari, PT Pananjung Anugrah Solution dan PT Mandiri Transforma Global. 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Optical Level dari Kalibrasi.com

Selain menyediakan ruang lingkup yang luas dan lengkap, Kalibrasi.com juga memiliki kelebihan dalam jasa kalibrasi optical level yang diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Anda berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi optical level dari Kalibrasi.com? Anda dapat mengunjungi website resmi Kalibrasi.com untuk dapatkan informasi selengkapnya dan untuk melakukan penawaran Anda dapat langsung mengisi form yang tersedia dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.