Cara Kalibrasi pH Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi pH Meter Terpercaya

0

pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur keasaman atau kebasaan suatu larutan juga dikenal sebagai pH. pH adalah satuan ukuran yang menggambarkan derajat keasaman atau kebasaan. Itu diukur pada skala 0 hingga 14.

Informasi kuantitatif yang diberikan oleh nilai pH mengungkapkan tingkat aktivitas asam atau basa dalam hal aktivitas ion hidrogen. Nilai pH suatu zat berhubungan langsung dengan rasio konsentrasi ion hidrogen (H+) dan ion hidroksil (OH-).

Biasanya, memang penggunaan dari pH meter ini ada di dalam dunia budidaya ikan dan juga untuk menentukan air mineral yang bagus atau tidak. Karena sensornya sudah pasti terkena air terus menerus, akan mengakibatkan sensornya melemah, dan itulah saatnya kalibrasi harus dilakukan.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi pH Meter

Kalibrasi alat ukur memang sangat penting untuk dilakukan pada semua instrumen entah itu instrumen pengukuran untuk keamanan dalam bekerja atau untuk kemajuan dari sebuiah industri tentang kualitas produknya.

Sama seperti pH meter, kalibrasi alat ukur ini memang sangat penting. Akan tetapi, Anda harus mengerti bahwa cara kalibrasi pH meter ini harus menggunakan standar acuan, metode, dan juga prosedur yang sudah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional demi pemenuhan standar internasional.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi pH Meter

Melaksanakan kalibrasi pada pH meter harus dengan standar acuan yang jelas. Sampai sekarang ini, KAN memberikan instruksi untuk melaksanakan kalibrasi pH meter dengan menggunakan standar acuan dengan pengukuran pH dari 4 sampai dengan 12. 

Untuk metode kalibrasinya, pH meter akan dilaksanakan menggunakan metode UTSIKLK-IA-02.

Prosedur Cara Kalibrasi pH Meter

Bagiamana dengan cara kalibrasi pH meter yang sudah sesuai dengan prosedur? Selama Anda sudah bisa memahami standar acuan serta metodenya, kalibrasi pH meter dapat dilaksanakan melalui proses berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda telah memiliki alat kalibrasi yang sesuai dengan pH meter yang akan diuji. Siapkan juga larutan kalibrasi dengan pH yang diketahui.
  2. Kalibrasi Nol: Celupkan pH meter pada larutan dengan pH netral (pH 7) dan atur alat ke nilai pH 7 juga. Ini akan mengkalibrasi alat pada titik awal tanpa adanya perbedaan pH.
  3. Kalibrasi Span: setelah itu, celupkan pH meter Anda pada larutan dengan pH yang diketahui dan sesuai dengan rentang pengukuran pH meter Anda. Atur alat pada nilai pH yang sesuai dengan rentang ukur berikut:
  • 4 pH
  • 7pH
  • 10 pH
  • 12pH
  1. Verifikasi Hasil: Lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasi pH meter. Verifikasi ini akan memerlukan penilaian seperti ketidakpastian dari hasil kalibrasi. Ketidakpastian yang diperluas dari setiap rentang ukur adalah sebagai berikut:
  • 0.03 pH
  • 0.03 pH
  • 0.05 pH
  • 0.03 pH
  1. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi pH meter, termasuk tanggal, larutan kalibrasi yang digunakan, dan informasi lain yang relevan. Pastikan untuk menyimpan catatan kalibrasi sebagai bukti kualitas dan akurasi alat.

Frekuensi Kalibrasi untuk pH Meter

Kalibrasi tidak dilakukan selama sekali seumur hidup untuk pH meter. Akan tetapi akan ada masanya kalibrasi akan dilaksanakan kembali. Dari hal tersebut kita bisa tahu kalau pH meter ini memiliki frekuensi kalibrasinya.

Jika Anda bingung kapan seharusnya kalibrasi pH meter dilaksanakan, lakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Memahami cara kalibrasi pH meter yang benar memang sulit, Anda harus mengerti betul tentang ilmu metrology atau penmgukuran. Hal ini memang menjadi standar kompetensi untuk pelaksana kalibrasi.

Jika Anda tidak bisa, tenang saja karena Anda bisa mengandalkan jasa kalibrasi pH meter. Selama Anda mempercayakannya kepada jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi dari KAN, ini bisa memberikan keuntungan kepada Anda di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi yang mengandalkan jasa kalibrasi pH meter terakreditasi akan memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur untuk pengehtahuan Anda bisa mengerti apakah pH meter Anda memang akurat. Selain itu, kalibrasinya akan dilakukan dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Akurasi adalah segalanya di laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN. Kalibrasi di jasa kalibrasi pH meter juga akan bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang berguna untuk kepercayaan Anda dan juga konsumen terhadap pH meter Anda bisa mengukur pH dengan benar.

Layanan Jasa Kalibrasi pH Meter Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi pH meter yang terakreditasi dari KAN. Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com memberikan layanan yang sangat menguntungkan untuk kebutuhan kalibrasi instrumen analitic Anda.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi pH Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com bisa memberikan kalibrasi pH meter karena memiliki ruang lingkup yang luas. Ini terbukti dengan adanya kerjasama Kalibrasi.com dengan mitra yang terakreditasi di antaranya:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi pH Meter dari Kalibrasi.com

Tidak akan rugi jika Anda memilih jasa kalibrasi pH meter di Kalibrasi.com, karena adanya akreditasi dari KAN, Anda bisa menemui berbagai kelebihan lainnya seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Bagaimana? Tertarik dengan Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi pH meter pilihan Anda? Berikan penawaran kalibrasi Anda dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.