Cara Kalibrasi Pressure Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Pressure Gauge Terbaik

0

Salah satu jenis alat ukur yang berada di dalam ruang lingkup tekanan adalah pressure gauge. Pressure gauge sendiri adalah alat ukur yang mungkin sering kita temui di perindustrian. Alat ini memiliki kegunaan paling umum adalah untuk mengukur tekanan fluida baik cairan ataupun gas dalam suatu sistem tertutup tergantung untuk apa kegunaannya dan pengaplikasiannya. 

Namun begitu, sama seperti alat ukur lainnya pressure gauge ini juga penting untuk memastikan keakuratan dan keandalan hasil pengukuran yang dihasilkan. Maka dari itu, mari kita pelajari lebih dalam tentang cara kalibrasi pressure gauge sekaligus rekomendasi jasa kalibrasi pressure gauge yang profesional untuk Anda.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Pressure Gauge

Sebelum melakukan cara kalibrasi pressure gauge, penting bagi kita untuk memahami standar acuan dan metode kalibrasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui diantaranya.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Pressure Gauge

Standar acuan yang digunakan untuk kalibrasi pressure gauge ini harus sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Dengan standar acuan yang digunakan ini, pressure gauge bisa menggunakan metode kalibrasi BS EN 837-1:1998. Metode ini menetapkan syarat dan metode pengujian untuk pressure gauge dengan rentang ukur dari 0 bar – 10 bar hingga 600 bar – 1600 bar.

Prosedur Cara Kalibrasi Pressure Gauge

Proses dan cara kalibrasi pressure gauge terdiri dari beberapa langkah penting, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan laporan.

Langkah persiapan adalah cara kalibrasi pressure gauge yang pertama kali adalah persiapan peralatan, pemilihan pelaksana kalibrasi, pengkondisian lingkungan, hingga pemilihan metode kalibrasi yang sesuai standar seperti yang disebutkan diatas. 

Lalu pada proses pelaksanaan kalibrasi pressure gauge adalah pengamatan awal, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, hingga menentukan ketidakpastian. Setelah pengamatan awal dan penyetelan, dilakukan pengamatan lagi pada kewajaran penunjukkan alat. Setelah itu, dilakukan pengukuran pada titik ukur tertentu mengikuti dokumen acuan kalibrasi.

Setelah dilakukan kalibrasi, maka tahapan terakhir dari cara kalibrasi pressure gauge adalah pembuatan laporan dengan melibatkan perhitungan data kalibrasi sesuai dengan metode kalibrasi yang digunakan sekaligus menentukan ketidakpastian kalibrasi. Adapun hasil yang muncul kemudian akan dituangkan menjadi sertifikat kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Pressure Gauge

Dari beberapa hal yang dilakukan dengan cara kalibrasi pressure gauge yang harus diketahui seberapa berkalanya melakukan kalibrasi tersebut yang disebut interval atau frekuensi kalibrasi. Dalam menentukan frekuensi atau interval kalibrasi bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti misalnya frekuensi penggunaan, kepentingan hasil pengukuran, dan persyaratan kualitas atau standar yang berlaku. 

Karena setiap situasi unik, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kalibrasi untuk menentukan jadwal kalibrasi yang tepat untuk alat Anda. Anda bisa juga klik banner di bawah ini untuk melaksanakan konsultasi ke tim ahli di Kalibrasi.com yang menyediakan jasa kalibrasi pressure gauge yang terpercaya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa keuntungan menggunakan jasa kalibrasi dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri? Meski kalibrasi bisa dilakukan sendiri dengan alat dan sumber daya yang tepat, ada beberapa keuntungan menggunakan jasa kalibrasi pressure gauge yang profesional.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Selain itu jasa kalibrasi pressure gauge biasanya menggunakan standar yang sudah tertelusur ke standar yang lebih tinggi. Sehingga hasil kalibrasi pada alat ukur tersebut bisa dipertanggungjawabkan dan dipercaya.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi pressure yang profesional Anda dipastikan akan mendapatkan sertifikasi kalibrasi yang bisa menjadi bukti kalibrasi dan validasi terhadap alat ukur Anda. Selain itu sertifikasi kalibrasi ini juga bisa menjadi bukti untuk kepatuhan terhadap standar industri yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Pressure Gauge Terakreditasi KAN

Dari bahasan cara kalibrasi pressure gauge diatas, sebaiknya proses kalibrasi ini diserahkan ke penyedia jasa kalibrasi pressure gauge yang terpercaya seperti Kalibrasi.com. Kalibrasi.com adalah suatu platform kalibrasi online yang memiliki mitra-mitra yang terakreditasi KAN. Dengan akreditasi ini menjadi bukti bahwa setiap hasil pengukurannya sesuai standar yang berlaku.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Pressure Gauge di Kalibrasi.com

Selain terpercaya, Kalibrasi.com juga menyediakan ruang lingkup kalibrasi yang lengkap, termasuk ruang lingkup tekanan dalam melakukan kalibrasi pressure gauge dan ruang lingkup lainnya. 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Pressure Gauge dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com juga memiliki kelebihan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan, seperti misalnya standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran yang fleksibel, dan logistik yang bisa diandalkan. Sehingga apabila Anda berminat untuk menggunakan jasa kalibrasi pressure gauge di Kalibrasi.com Anda bisa mengunjungi website resminya atau bisa juga mengisi formulir di artikel bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.