Cara Kalibrasi Refractometer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Refractometer Terbaik

0

Refraktometer adalah alat laboratorium penting yang digunakan untuk mengukur konsentrasi zat dengan memanfaatkan indeks bias atau refraksi cahaya. Pentingnya peran refraktometer dalam berbagai aplikasi membutuhkan kalibrasi rutin untuk memastikan keakuratan dan kehandalannya. Berikut ini adalah cara kalibrasi refraktometer serta rekomendasi tempat melakukan jasa kalibrasi refraktometer.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Refractometer

Penting bagi kita untuk mempersiapkan standar acuan dan metode kalibrasi sebelum melakukan prosedur dari cara kalibrasi refractometer. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan standar acuan dan prosedur kalibrasi refractometer di bawah ini.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Refractometer

Standar acuan untuk kalibrasi refraktometer biasanya mengacu kepada standar internasional. Dalam metode ini, refraktometer dikalibrasi menggunakan larutan dengan konsentrasi tertentu yang sudah diketahui yakni OIML R 142:2008. Rentang ukur untuk refraktometer adalah 5.02 Brix hingga 30 Brix.

Prosedur Cara Kalibrasi Refractometer

Untuk melakukan cara kalibrasi refractometer dengan benar maka ada beberapa tahapan yang perlu dilalui diantaranya ada tahapan persiapan, pelaksanaan, perhitungan ketidakpastian, dan yang terakhir adalah pelaporan.

Tahapan persiapan ini mencakup persiapan alat ukur, pelaksana kalibrasi, pengkondisian lingkungan kalibrasi, dan menentukan metode kalibrasi.

Pelaksanaan meliputi pengamatan dan pengukuran sesuai dengan spesifikasinya. Lalu dilakukan penghitungan data kalibrasi untuk menentukan nilai deviasi, rata-rata, dan nilai regresi.

Kemudian cara kalibrasi refractometer selanjutnya penting untuk mengetahui dan menentukan ketidakpastian kalibrasi. Penentuan ketidakpastian kalibrasi bisa ditentukan oleh beberapa faktor.

Cara kalibrasi refractometer yang terakhir adalah melakukan pelaporan kalibrasi sesuai dengan pedoman standar internasional.

Frekuensi Kalibrasi untuk Refractometer

Frekuensi kalibrasi bergantung pada seberapa sering Anda menggunakan refraktometer. Sebagai aturan umum, refraktometer harus dikalibrasi sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa berkonsultasi ke penyedia jasa kalibrasi refractometer yang profesional dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Meskipun Anda bisa melakukan kalibrasi sendiri, menggunakan jasa kalibrasi profesional memiliki banyak keuntungan. Di antaranya adalah kepastian bahwa kalibrasi dilakukan dengan benar dan sesuai standar yang berlaku. Selain itu Anda bisa mendapatkan keuntungan lainya dengan menyerahkannya ke jasa kalibrasi refractometer profesional, diantaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Layanan kalibrasi profesional juga memastikan bahwa kalibrasi yang dilakukan dapat ditelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga dipastikan hasil kalibrasi yang dihasilkan berkualitas dan akurat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setelah proses kalibrasi, Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagai bukti bahwa refraktometer Anda telah dikalibrasi dan siap digunakan. Sekaligus sebagai pemenuhan regulasi hukum yang diterapkan di Indonesia.

Layanan Jasa Kalibrasi Refractometer Terakreditasi KAN

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang paling akurat dan terpercaya, pilihlah jasa kalibrasi refraktometer yang sudah terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) seperti Kalibrasi.com. Kalibrasi.com merupakan perusahaan kalibrasi yang mengumpulkan para mitra yang terbaik di Indonesia dan tentunya sudah terakreditasi KAN.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Refractometer di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com merupakan salah satu layanan jasa kalibrasi refraktometer terakreditasi KAN. Dengan ruang lingkup yang luas dan tim profesional yang berpengalaman, mereka menawarkan layanan kalibrasi refraktometer yang berkualitas dan terpercaya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Refractometer dari Kalibrasi.com

Dengan melakukan kalibrasi refraktometer secara rutin dan dengan benar, Anda bisa memastikan bahwa alat Anda selalu memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Maka dari itu Kalibrasi.com hadir untuk membantu Anda dalam melakukan kalibrasi secara berkala dengan menawarkan berbagai keuntungan untuk Anda. Jadi, tidak perlu ragu lagi, segera gunakan jasa kalibrasi refractometer di Kalibrasi.com, atau bisa juga langsung isi formulir di bawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.