Cara Kalibrasi Resistor dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Resistor Terpercaya

0

Resistor yakni suatu benda/salah satu komponen elektronika yang memiliki sifat menghalangi/membendung arus listrik mengalir pada sebuah media hantar, sehingga besar arus yang mengalir pada input terminal akan menjadi lebih kecil dibanding arus output.

Karena terjadi perbedaan jumlah arus pada output, karenanya akan terjadi perubahan tegangan pada terminal resistor tersebut. Resistor amat umum diaplikasikan pada perlengkapan elektronik, sedangkan formatnya berbeda-beda. Dan juga, resistor ternyata sangat membutuhkan kalibrasi. Memangnya bagaimana cara kalibrasi resistor ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Resistor

Kalibrasi resistor memang menjadi salah satu yang sangat penting untuk membuat resistor bisa berjalan dengan lancar untuk membentuk aliran arus listrik dengan jumlah tertentu. Hal inilah yang membuat resistor akan sangat penting untuk diketahui spesifikasi lebih jelasnya.

Ada standar acuan, metode, dan cara kalibrasi resistor secara khusus yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan kalibrasi resistor.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Resistor

Kalibrasi untuk resistor akan selalu menggunakan pengukuran dengan satuan internasional. Untuk resistor sendiri akan dihitung dengan menggunakan satuan ohm. Tentu saja apabila Anda sudah mengerti standar acuannya, Anda harus memahami tentang metode kalibrasinya.

Untuk metode kalibrasi resistor yang akan selalu menjadi metode terbaik dan juga sesuai prosedur diterapkan oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN adalah IK-KL-LS25.

Prosedur Cara Kalibrasi Resistor

Setelah mengerti standar acuan dan juga metode kalibrasinya, Anda bisa melakukan kalibrasi resistor dengan cara kalibrasi resistor sebagai berikut:

Persiapkan alat pengukur suhu warna yang terkalibrasi, lampu tipe A yang akan diuji, dan sumber cahaya standar dengan suhu warna yang diketahui.

  • Persiapkan resistor dan Anda bisa mempersiapkan juga alat kalibrasinya.
  • Tempatkan alat pengukur pada resistor atau istilahnya di instalasi, atur nilai nol, dan pastikan terkalibrasi dengan benar.
  • Kalibrasi dengan menggunakan standar acuan yang sudah sesuai dengan rentang ukurnya juga sesuai nilai yang diketahui.
  • Verifikasi hasil kalibrasi untuk memastikan ketepatan dan akurasi alat pengukur.
  • Catat semua langkah dan hasil kalibrasi untuk dokumentasi lebih lanjut untuk membuat hasil laporan kalibrasi resistor.

Frekuensi Kalibrasi untuk Resistor

Frekuensi kalibrasi untuk resistor biasanya dilakukan setiap 12 bulan tergantung faktor-faktor tertentu yang mempengaruhinya. Untuk lebih memahami frekuensi kalibrasi dari resistor, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apabila Anda merasa bingung dengan cara kalibrasi resistor atau tidak yakin dengan hasil kalibrasinya, maka Anda bisa mempercayakannya kepada jasa kalibrasi. Selama Anda menggunakan jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Keuntungan pertama dari menggunakan jasa kalibrasi resistor adalah Anda akan mendapatkan hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai standar berkat akreditasi dari KAN.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain itu, jasa kalibrasi resistor yang sudah terakreditasi KAN bisa menerbitkan sertifikat kalibrasi yang meyakinkan Anda bahwa resistor sudah bisa berjalan dengan akurat dan juga benar.

Layanan Jasa Kalibrasi Resistor Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang bingung di mana bisa mendapatkan jasa kalibrasi resistor yang sudah terakreditasi KAN? Kalibrasi.com bisa sekali menjadi jawaban Anda! Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang memiliki mitra laboratorium kalibrasi terakreditasi dari berbagai ruang lingkup kalibrasi.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Resistor di Kalibrasi.com

Ada berbagai ruang lingkup kalibrasi yang ditawarkan Kalibrasi.com, dan salah satunya adalah instrumen kelistrikan. Untuk mitra yang akan melaksanakan kalibrasi untuk resistor Anda adalah:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Resistor dari Kalibrasi.com

Apakah Anda tertarik untuk melaksanakan kalibrasi resistor di Kalibrasi.com karena adanya akreditasi dari KAN? Tapi tunggu dulu, ada berbagai kelebihan yang ditawarkan Kalibrasi.com yaitu:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menarik sekali bukan? Maka dari itu, percayakan sekarang juga Kalibrasi.com untuk cara kalibrasi resistor paling benar sesuai standar dengan cara Anda mengisi form penawaran kalibrasi di bawah ini! Dapatkan penawaran menarik lainnya yang menunggu Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.