Cara Kalibrasi Ring Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Ring Gauge Terbaik

0

Ring gauge secara umum dapat diartikan sebagai alat metrologi yang berfungsi sebagai pengukur diameter luar pin, poros, pengencang, splines, studs, pasak, dan bagian silinder mesin lainnya. Sebagaimana peralatan lain, ring gauge juga perlu dikalibrasi agar dapat terus menghasilkan pengukuran yang konsisten dan akurat.

Namun, pelaksanaan kalibrasi ring gauge tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kalibrasi ring gauge harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat untuk menghasilkan kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat? mari kita bahas!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Ring Gauge

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalibrasi ring gauge tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, melainkan harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk menghasilkan kalibrasi yang terakreditasi, kalibrasi ring gauge harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat dan sesuai aturan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar acuan, metode, dan cara kalibrasi ring gauge yang tepat:

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Ring Gauge

Standar acuan kalibrasi ring gauge yang meliputi rentang ukur, metode kalibrasi, dan nilai ketidakpastian harus mengacu pada dokumen dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).Dimana, mengacu pada dokumen dari KAN, kalibrasi ring gauge memiliki rentang ukur mulai dari 2 mm hingga 325 mm dengan nilai ketidakpastian mulai dari 1.9 μm hingga 2.9 μm dan metode kalibrasi yang digunakan yaitu metode JIS B 7420 – 1997.

Prosedur Cara Kalibrasi Ring Gauge

Prosedur cara  kalibrasi ring gauge meliputi beberapa tahapan. Tahap pertama adalah persiapan, dimana alat yang akan digunakan untuk melakukan kalibrasi dan ring gauge yang akan dikalibrasi harus dipersiapkan dengan baik.

 Lalu,lakukan pengecekan kondisi lingkungan, pastikan lingkungan yang digunakan untuk kalibrasi adalah lingkungan yang aman dan tanpa gangguan. Kemudian tetapkan metode dan rentang ukur yang digunakan untuk kalibrasi. Pastikan bahwa metode dan rentang ukur yang digunakan sudah sesuai standar yang berlaku. Barulah proses kalibrasi ring gauge dapat dilaksanakan. 

Setelah kalibrasi dilaksanakan, hasil kalibrasi dihitung dengan objektif dan sesuai aturan sehingga menghasilkan kalibrasi yang akurat. Langkah terakhir adalah pembuatan laporan hasil kalibrasi yang harus mengacu pada standar ISO/IEC 17025:2017.

Frekuensi Kalibrasi untuk Ring Gauge

Frekuensi kalibrasi atau rentang waktu pelaksanaan kalibrasi antara kalibrasi ring gauge terakhir ke kalibrasi berikutnya harus ditetapkan dengan penuh pertimbangan, karena sebenarnya frekuensi kalibrasi ring gauge sangat dipengaruhi oleh kondisi alat. Maka, kami sangat merekomendasikan untuk melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi ring gauge untuk menetapkan frekuensi kalibrasi yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Sebenarnya, kalibrasi dapat dilakukan secara individu, namun pelaksanaan kalibrasi secara individu tentu harus dengan persiapan yang matang dan harus memiliki ilmu tentang kalibrasi yang mumpuni, Oleh karena itu, opsi kalibrasi lain dengan menggunakan jasa kalibrasi lebih diminati masyarakat dan pemilik alat ukur karena memiliki berbagai keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan jasa kalibrasi:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku 

Dengan menggunakan jasa kalibrasi, kalibrasi yang dihasilkan akan tertelusur dan sudah sesuai standar karena menggunakan teknisi kalibrasi yang sudah berpengalaman dan dapat melakukan kalibrasi sesuai standar yang berlaku. Selain itu, jasa kalibrasi yang kredibel juga akan mengacu pada standar nasional dan internasional sehingga dapat menghasilkan kalibrasi yang tertelusur.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Hal yang tidak bisa didapatkan dari melakukan kalibrasi secara individu dan hanya bisa didapatkan dengan menggunakan jasa kalibrasi adalah mendapat bukti sertifikasi kalibrasi. Bukti sertifikasi kalibrasi sangat penting dan bermanfaat untuk menambah kepercayaan konsumen atau pengguna alat ukur terhadap hasil pengukuran yang dihasilkan alat yang telah dikalibrasi tersebut.

Layanan Jasa Kalibrasi Ring Gauge Terakreditasi KAN

Pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan jasa kalibrasi ring gauge yang terakreditasi KAN dan berkualitas yaitu dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com adalah platform digital yang menyediakan jasa kalibrasi terakreditasi dan telah memiliki kredibilitas tinggi dalam melaksanakan kalibrasi di Indonesia. Berikut ini adalah layanan yang disediakan oleh kalibrasi.com:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Ring Gauge di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com telah memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai aspek kalibrasi di berbagai jenis alat ukur. Hal ini dibuktikan dengan layanan kalibrasi yang disediakan dalam berbagai jenis ruang lingkup kalibrasi. Luasnya ruang lingkup kalibrasi akan menambah opsi jenis alat ukur yang dapat dikalibrasi.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Ring Gauge dari Kalibrasi.com

Selain itu, kalibrasi.com juga memiliki kelebihan dalam melakukan kalibrasi ring gauge. Kelebihan jasa kalibrasi ring gauge dari kalibrasi.com adalah telah memiliki standar acuan yang jelas, metode yang sesuai dengan standar yang berlaku, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan layanan logistic yang dapat diandalkan.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi untuk kalibrasi ring gauge, Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com dan mengajukan permintaan kalibrasi dengan cara yang sangat mudah. Yaitu cukup mengisi form yang telah disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.