Cara Kalibrasi Spectrometer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Spectrometer Kredibel

0

Sebenarnya, spektrometer adalah instrumen apa pun yang digunakan untuk melihat dan menganalisis rentang (atau spektrum) karakteristik tertentu untuk suatu zat (misalnya, rentang nilai massa ke muatan seperti dalam spektrometri massa), atau rentang panjang gelombang seperti dalam spektrometri serapan seperti spektroskopi radiasi magnetik nuklir atau spektroskopi inframerah). Spektrofotometer adalah spektrometer yang hanya mengukur intensitas radiasi elektromagnetik (cahaya) dan berbeda dari spektrometer lain seperti spektrometer massa.

Spektrometer biasanya digunakan untuk mengukur panjang gelombang radiasi elektromagnetik (cahaya) yang telah berinteraksi dengan sampel. Instrumen analitic yang satu ini perlu adanya pengukuran akurat.

Maka dari itu, harus dilakukan kalibrasi secara teratur. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara kalibrasi spectrometer yang benar?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Spectrometer

Melaksanakan kalibrasi pada spectrometer memang menjadi keharusan tersendiri. Akan tetapi, tidak semudah itu untuk melakukannya. Harus ada standar acuan, metode, dan cara kalibrasi spectromter yang sesuai dengan prosedur untuk bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang akurat serta spectrometer yang pengukurannya akurat kembali sesuai dengan standar.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Spectrometer

Untuk melaksanakan kalibrasi spectrometer, Anda harus mengerti bahwa ada standar acuannya yang berlaku dan sudah diatur oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Pengukurannya harus sesuai dengan satuan internasional.

Untuk metode yang paling benar, adalah dengan menggunakan metode SNSU PK.F-01-2020 yang dijamin paling terpercaya dan paling akurat.

Prosedur Cara Kalibrasi Spectrometer

Untuk pelaksanaan kalibrasi spectrometer, yang paling tepat dan juga sesuai dengan prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan berbagai peralatan kalibrasi untuk kalibrasi spectrometer. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan spectrometer yang sudah Anda cek kondisi fisiknya.
  2. Setelah persiapan dirasa cukup, selanjutnya adalah dengan menentukan nilai kalibrasinya. Hitung dengan menggunakan standar acuan yang berlaku dan juga menggunakan metode yang benar.
  3. Apabila pada rentang ukur tertentu hasil deviasinya tidak bisa sampai ke batas toleransi, Anda harus melakukan pembenaran untuk setiap rentang ukurnya agar sampai ke tahap bisa ditoleransi.
  4. Setelah itu, Anda bisa menghitung ketidakpastian dari proses kalibrasi spectrometer seperti human error yang terjadi, atau faktor lain yang tidak dapat dihilangkan seperti suhu dan juga kelembapan ruangan kalibrasi.
  5. Dokumentasikan seluruh proses kalibrasi spectrometer, ini akan berguna sekali dalam penulisan laporan hasil kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Spectrometer

Setiap instrumen memiliki masa akurasinya tersendiri yang akan semakin melemah, tak terkecuali untuk spectrometer. Kalibrasi spectrometer setidaknya dilakukan 12 bulan sekali tergantung dengan kondisinya.

Untuk lebih memahami frekuensi kalibrasi untuk spectrometer, konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Merasa bingung adalah hal yang sangat wajar apabila Anda melihat bagaimana cara kalibrasi spectrometer itu dilakukan. Tidak heran jika dalam pelaksanaan kalibrasi spectrometer, banyak yang lebih mengandalkan jasa kalibrasi spectrometer yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Dengan mempercayakan jasa kalibrasi spectrometer, Anda akan mendapatkan keuntungan daripada Anda melakukannya sendiri, di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi pada jasa kalibrasi spectrometer terlebih yang sudah terakreditasi akan memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur. Hasil ini dijamin sudah sesuai dengan standar yang berlaku untuk pengukuran spectrometer secara internasional.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Sertifikat kalibrasi ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap industri Anda karena spectrometer yang Anda gunakan sudah terkalibrasi dengan baik.

Layanan Jasa Kalibrasi Spectrometer Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN di sekitar Anda? Anda bisa mempercayakannya di Kalibrasi.com! Dengan Anda memilih Kalibrasi.com Anda bisa mendapati bagaimana cara kalibrasi spectrometer yang baik dan benar yang dilaksanakan oleh pelaksana kalibrasi terlatih dan profesional.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Spectrometer di Kalibrasi.com’

Mengapa Kalibrasi.com sampai bisa mengatasi berbagai kalibrasi instrumen? Ini dikarenakan Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Untuk instrumen analitik seperti spectrometer, Kalibrasi.com akan menyerahkan kepada mitranya yang terakreditasi seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi Spectrometer dari Kalibrasi.com

Tidak akan ada salahnya mempercayakan Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi spectrometer. Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menguntungkan sekali bukan? Jika Anda ingin mendapatkannya, berikan penawaran kalibrasi spectrometer Anda dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.