Cara Kalibrasi Spirometer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Spirometer Terbaik

0

Spirometer merupakan salah satu jenis alat medis yang memiliki peranan penting dalam membantu pasien untuk mendiagnosa penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Dengan alat spirometer ini maka kita dapat mengetahui seberapa gawat dan tahap berapa penyakit paru-paru yang diderita pasien. Spirometer ini dapat menampilkan hasil pengukuran fungsi paru Anda, dan mencatat hasilnya dalam bentuk grafik. 

Dalam perkembangan teknologi spirometer yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan alat ini juga bisa salah dalam pengukurannya sehingga perlu dikalibrasi secara berkala. Mari kita bahas cara kalibrasi spirometer dan rekomendasi jasa kalibrasi spirometer yang terbaik di artikel berikut ini secara lengkap.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Spirometer

Adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan prosedur atau cara kalibrasi spirometer, seperti standar acuan, metode kalibrasi, dan menentukan frekuensi spirometer. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dibawah ini.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Spirometer

Untuk melakukan cara kalibrasi spirometer, diperlukan beberapa standar acuan dan metode kalibrasi yang sesuai. Standar acuan yang digunakan harus sesuai dengan standar internasional dan juga sesuai dengan metode dan rentang ukurnya yang berlaku. Untuk metode kalibrasi yang digunakan SK Dirjen Pelayanan Kesehatan No. HK.02.02/V/5771/2018 (MK043018), yang mencakup rentang ukur dari 0,5L – 3L. 

Prosedur Cara Kalibrasi Spirometer

Kalibrasi spirometer mencakup lima langkah penting, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pembuatan laporan. Persiapan meliputi pemilihan alat standar, penentuan pelaksana, pengaturan kondisi lingkungan, dan pemilihan metode kalibrasi. Setelah itu, proses pelaksanaan melibatkan pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kembali, pengukuran, dan penentuan ketidakpastian. Dan yang terakhir, hasil dari kalibrasi perlu diolah dan dijelaskan dalam laporan.

Frekuensi Kalibrasi untuk Spirometer

Frekuensi kalibrasi untuk spirometer akan sangat tergantung pada seberapa sering alat tersebut digunakan dan berapa banyak tekanan yang alat tersebut hadapi. Untuk menentukan frekuensi kalibrasi yang paling tepat untuk situasi Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kalibrasi profesional seperti penyedia jasa kalibrasi spirometer yakni Kalibrasi.com dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Memilih untuk menggunakan jasa kalibrasi spirometer memiliki beberapa keuntungan dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri. Selain dapat memastikan bahwa cara kalibrasi spirometer dilakukan dengan standar yang berlaku dan tertelusur, Anda juga akan mendapatkan bukti berupa sertifikat kalibrasi.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Standar yang digunakan dalam jasa kalibrasi spirometer, Kalibrasi.com memastikan sudah menggunakan standar yang tertelusur ke standar yang lebih tinggi dan tentunya dengan cara kalibrasi spirometer yang dapat dipertanggung jawabkan.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Sertifikat kalibrasi bisa dijadikan sebagai bukti bahwa spirometer tersebut sudah dilakukan dengan cara kalibrasi spirometer yang tepat dan sesuai standar yang berlaku. Jadi pastikan Anda menerima sertifikat kalibrasi ini sebelum menggunakan spirometer kepada pasien.

Layanan Jasa Kalibrasi Spirometer Terakreditasi KAN

Melakukan kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dan terakreditasi. Salah satu layanan yang dapat Anda pertimbangkan adalah Kalibrasi.com. Layanan ini menawarkan jasa kalibrasi spirometer yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan memiliki ruang lingkup layanan yang lengkap.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Spirometer di Kalibrasi.com

Di Kalibrasi.com, ruang lingkup layanan jasa kalibrasi spirometer mencakup berbagai aspek, termasuk kalibrasi untuk berbagai jenis spirometer. Selain itu, semua mitra Kalibrasi.com telah terakreditasi KAN, sehingga Anda dapat merasa yakin bahwa layanan yang Anda terima memenuhi standar kualitas tertinggi.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Spirometer dari Kalibrasi.com

Kelebihan menggunakan jasa kalibrasi spirometer dari Kalibrasi.com meliputi standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran yang fleksibel, dan sistem logistik yang dapat diandalkan. Dengan semua kelebihan ini, Anda dapat merasa yakin bahwa spirometer Anda akan dikalibrasi dengan tepat dan efisien. Untuk memulai prosesnya, Anda cukup mengisi formulir yang tersedia di bawah artikel ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.