Cara Kalibrasi Tangki dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Tangki Terbaik

0

Sebenarnya tangki bisa juga dibilang sebagai salah satu jenis alat ukur, hal ini bisa kita lihat bahwa setiap tangki memiliki kapasitas tertentu. Biasanya tangki ini banyak digunakan di berbagai jenis industri dari manufaktur hingga pertambangan. Perlu Anda ketahui bahwa tangki juga perlu dikalibrasi apakah benar kapasitasnya sesuai dengan standar yang berlaku dan juga dapat memastikan kepresisian dan keakuratannya. 

Kalibrasi juga dapat membantu dalam menjaga konsistensi output dan menghindari kemungkinan kerugian akibat pengukuran yang tidak tepat. Dalam hal ini mari kita simak penjelasan tentan cara kalibrasi tangki dan rekomendasi jasa kalibrasi tangki terbaik di Indonesia.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Tangki

Didalam cara kalibrasi tangki sendiri, terdiri dari beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti standar acuan, metode kalibrasi, dan interval kalibrasi tangki itu sendiri. Mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Tangki

Standar acuan adalah patokan yang digunakan untuk membandingkan hasil kalibrasi. Sementara itu, metode kalibrasi adalah langkah-langkah sistematis yang perlu diikuti untuk melaksanakan kalibrasi. 

Untuk tangki, menggunakan standar nasional dan internasional yang mencakup rentang ukur dari 20kL – 500 kL hingga mencapai 50000kL – 106000kL. Metode kalibrasi tangki bisa mengikuti IK-TK-01;IK-TK-02;IK-TK-03;IK-TK-04.

Prosedur Cara Kalibrasi Tangki

Cara kalibrasi tangki biasanya melibatkan lima langkah utama: persiapan, pelaksanaan, dan pembuatan laporan.

Pada tahap persiapan, peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, dan metode kalibrasi seperti metode IK-TK-01;IK-TK-02;IK-TK-03 atau IK-TK-04. Alat yang diperlukan termasuk alat standar dan alat yang akan dikalibrasi. Alat standar harus memiliki traceability atau ketelusuran yang dapat diverifikasi dengan sertifikat kalibrasi. Pelaksana kalibrasi harus memahami tentang proses kalibrasi dan memiliki pengalaman atau pelatihan di bidang ini.

Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan, kalibrasi dimulai dengan pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, hingga menentukan ketidakpastian. Setelah pengamatan, pengukuran pada titik ukur tertentu dilakukan sesuai dengan dokumen acuan kalibrasi.

Terakhir dari cara kalibrasi tangki tersebut adalah pembuatan laporan hasil kalibrasi, laporan hasil kalibrasi dibuat dan diterbitkan, yang mencakup detail tentang pengukuran, perhitungan data, hingga penghitungan ketidakpastian.

Frekuensi Kalibrasi untuk Tangki

Frekuensi kalibrasi untuk tangki berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti jenis tangki, intensitas penggunaan, dan lingkungan operasional. Untuk mendapatkan saran yang paling tepat mengenai frekuensi kalibrasi untuk tangki Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kalibrasi dengan mengklik banner di bawah ini untuk menghubungi jasa kalibrasi tangki di Kalibrasi.com.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dilihat dari cara kalibrasi tangki diatas, tentu ada yang mungkin merasa kerepotan dan tidak mengetahui secara lengkap bagaimana cara kalibrasi tangki dengan benar. Namun begitu Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi tangki yang terpercaya seperti di Kalibrasi.com. 

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan jasa kalibrasi tangki yang profesional dari Kalibrasi.com seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku 

Kalibrasi.com menggunakan standar acuan yang terpercaya dan tertelusur ke standar yang lebih tinggi. Hal ini juga dapat memastikan bahwa setiap alat ukur yang dikalibrasi dipastikan berlaku ke standar nasional maupun internasional. 

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagai bukti kalibrasi. Sertifikat ini bisa menjadi bukti bahwa tangki sudah dikalibrasi sesuai dengan metode kalibrasi yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Tangki Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com juga memiliki mitra kalibrasi yang tau akan cara kalibrasi tangki yang benar dan sesuai standar. Tidak lupa Kalibrasi.com bekerja sama dengan mitra kalibrasi yang terakreditasi KAN, yang menjamin bahwa mereka bekerja sesuai dengan standar yang berlaku sesuai dengan ruang lingkupnya

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Tangki di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki banyak ruang lingkup kalibrasi termasuk ruang lingkup volumetrik termasuk jasa kalibrasi tangki yang sesuai dengan standar acuannya. Tentu dengan ruang lingkup yang luas ini dapat mempermudah Anda dalam memilih jasa kalibrasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Tangki dari Kalibrasi.com

Selain ruang lingkup yang luas, Kalibrasi.com juga menawarkan kelebihan lainnya seperti standar acuan yang jelas dan metode kalibrasi yang sesuai. Lalu prosedur kalibrasi yang sangat jelas dan rinci. Kalibrasi.com menawarkan opsi pembayaran yang fleksibel dan logistik yang bisa diandalkan. Jadi, jika Anda memerlukan layanan kalibrasi tangki, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com Anda bisa memesan jasa kalibrasi tangki dengan cara mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.