Cara Kalibrasi Thermal Imager dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Thermal Imager Terpercaya

0

Thermal imager adalah alat ukur yang digunakan untuk mengubah cahaya inframerah menjadi sinyal listrik dan dapat membuat gambar dengan menggunakan informasi tersebut. Umumnya, thermal imager digunakan oleh pemadam kebakaran.

Sebagaimana alat ukur lain, thermal imager memerlukan kalibrasi agar dapat terus bekerja dengan baik dan mengeluarkan hasil yang konsisten dan akurat. Kalibrasi thermal imager tidak boleh dilakukan dengan sembarangan melainkan harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat? mari simak pembahasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Thermal Imager

Standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermal imager menentukan kualitas kalibrasi yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas membutuhkan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermal imager yang tepat:

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Thermal Imager

Standar acuan dan metode yang digunakan untuk kalibrasi thermal imager harus mengacu pada dokumen Komite Akreditasi Nasional. Berdasarkan dokumen dari KAN, standar acuan kalibrasi thermal imager meliputi rentang ukur dan standar acuan. Rentang ukur thermal imager adalah mulai dari 25°C hingga 150°C dengan nilai ketidakpastian 1.6°C. Metode yang digunakan adalah metode IK.T-K-LAB.I.21-TD.S01 (perbandingan langsung dengan standar).

Prosedur Cara Kalibrasi Thermal Imager

Prosedur cara kalibrasi thermometer imager yaitu dengan mempersiapkan thermometer imager yang akn dikalibrasi dan peralatan yang digunakan untuk mengkalibrasi terlebih dahulu, kemudian pelaksanaan kalibrasi dapat dilakukan. Pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan oleh teknisi kalibrasi yang profesional dan kompeten sehingga kalibrasi dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku.

Kemudian, setelah kalibrasi selesai dilaksanakan, data yang dihasilkan kemudian dihitung dengan objektif. Lalu, nilai ketidakpastian kalibrasi ditentukan. Kemudian memasuki tahapan terakhir kalibrasi thermometer imager yaitu pembuatan dan penerbitan laporan hasil kalibrasi, pembuatan laporan hasil kalibrasi thermometer imager harus mengacu pada SNI 19-17025.

Frekuensi Kalibrasi untuk Thermal Imager

Frekuensi kalibrasi untuk thermal imager harus ditentukan dengan tepat agar tidak berakibat fatal. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk melakukan konsultasi mengenai frekuensi kalibrasi thermal imager agar dapat menentukan frekuensi kalibrasi dengan tepat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dapat dilakukan dengan menggunakan jasa kalibrasi atau secara individu. Namun, kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi lebih menguntungkan. Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan jasa kalibrasi adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi dapat menghasilkan kalibrasi yang tertelusur dan sesuai standar dengan catatan jasa kalibrasi yang digunakan telah memiliki akreditasi KAN. Hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai standar aka dipercaya dan diterima di berbagai tempat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi juga berhak mengeluarkan sertifikasi kalibrasi sehingga dapat memberikan bukti sertifikat kalibrasi. Bukti sertifikat kalibrasi sangat bermanfaat bagi pelaku industri ataupun pemilik alat ukur untuk meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran alat ukur yang telah dikalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Thermal Imager Terakreditasi KAN

Pada artikel ini kami merekomendasikan jasa kalibrasi terakreditasi KAN dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com adalah jasa kalibrasi yang memiliki kredibilitas tinggi. Selain itu, kalibrasi.com juga menyediakan berbagai layanan menarik. Layanan yang disediakan oleh kalibrasi.com adalah sebagai berikut:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Thermal Imager di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi yang luas termasuk ruang lingkup kalibrasi untuk thermal imager. Luasnya ruang lingkup kalibrasi akan menambah opsi jenis alat ukur yang dapat dikalibrasi sehingga lebih beragam.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Thermal Imager dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com sebagai penyedia jasa kalibrasi terakreditasi memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan kalibrasi.com antara lain yaitu menggunakan standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai standar, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan layanan logistik yang dapat diandalkan.

Oleh karena itu, Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com, Anda dapat langsung menghubungi kalibrasi.com dan mengajukan permintaan dengan cara mengisi form yang disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.