Cara Kalibrasi Timbangan Analitic dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Timbangan Analitic Terbaik

0

Timbangan analitic adalah neraca laboratorium yang sangat akurat yang dibuat untuk mengukur massa suatu objek dengan tepat. Menawarkan keterbacaan hingga 0,00001 gram (0,01 mg), timbangan analitic sering digunakan di laboratorium. Memberikan pengukuran yang akurat seperti itu berarti timbangan sangat sensitif. Oleh karena itu, timbangan analitic dirancang dengan pelindung angin untuk memberikan perlindungan dari lingkungan eksternal seperti aliran udara dan debu yang dapat mempengaruhi presisi.

Karena penggunaan yang sangat krusial, sudah pasti memberikan pengukuran yang akurat dan sesuai standar adalah tuntutan untuk timbangan analitic. Maka dari itu, kalibrasi adalah jawaban yang paling tepat. Bagaimana cara kalibrasi timbangan analitic dan di mana jasa kalibrasi timbangan analitic yang bisa membantu Anda?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Timbangan Analitic

Timbangan analitic sangat direkomendasikan untuk secara teratur menyesuaikan (mengkalibrasi) timbangan analitic, terutama saat dioperasikan untuk pertama kali, atau telah dipindahkan, dan setelah pendaftaran, atau perubahan suhu atau atmosfer yang signifikan.

Dalam pelaksanaan kalibrasi timbangan analitic, perlu adanya standar acuan, metode, dan cara kalibrasi timbangan analitic yang baik dan benar sesuai dengan standar internasional dan juga nasional.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Timbangan Analitic

Sebenarnya, standar acuan dari kalibrasi timbangan analitic ini dibagi menjadi beberapa kelas seperti kelas E1 sampai dengan F2. Ini mempengaruhi tingkat akurasi yang dibutuhkan. Untuk standar acuan dari kalibrasi timbangan analitic ini adalah timbangan analitic yang sudah dilakukan penyesuaian.

Untuk metode kalibrasinya, timbangan analitic menggunakan CSIRO:2010 sebagai metode yang terbaik dan juga paling menunjukkan hasil akurat.

Prosedur Cara Kalibrasi Timbangan Analitic

Untuk cara kalibrasi timbangan analitic, ini memerlukan beberapa prosedur yang harus diterapkan, diantaranya:

  1. Melakukan persiapan untuk alat kalibrasi dan juga timbangan analitic yang sudah dibersihkan serta dilakukan pengecekan secara fisik.
  2. Selanjutnya, proses kalibrasi bisa dilakukan. Lakukan pengecekan dengan menghitung data sesuai dengan rentang ukur pada standar acuan sebagai berikut:
  • 0g ~ 10g
  • 10g ~ 20g
  • 20g ~ 50g
  • 50g ~ 100g
  • 100g ~ 200g
  • 200g ~ 300g
  • 300g ~ 400g
  • 400g ~ 500g
  • 500g ~ 1000g
  • 1kg ~ 2kg
  • 2kg ~ 3kg
  • 3kg ~ 4kg
  • 4kg ~ 5kg
  • 5kg ~ 6kg
  • 6kg ~ 10kg
  • 10kg ~ 20kg
  • 20kg ~ 60kg
  • 50kg ~ 100kg
  • 100kg ~ 200kg
  • 200kg ~ 400kg
  • 400kg ~ 600kg
  • 600kg ~ 1000kg
  • 500kg ~ 1500kg
  • 1500kg ~ 3000kg
  • 3000kg ~ 5000kg
  1. Apabila pada setiap alat rentang ukur ada yang tidak sama dengan standar acuan, yang harus dilakukan adalah melakukan pembenaran sampai dengan pengukuran bisa diterima atau sampai batas toleransi.
  2. Selanjutnya, hitung ketidakpastian proses kalibrasi. Hitung seperti suhu, kelembapan, laju udara, yang ada di ruangan kalibrasi.
  3. Semua dokumentasi kalibrasi timbangan analitic akan disusun untuk penerbitan hasil laporan kalibrasi timbangan analitic.

Frekuensi Kalibrasi untuk Timbangan Analitic

Mengingat penggunaannya yang menuntut untuk akurasi yang tinggi, kalibrasi pada timbangan analitic harus dilakukan dengan frekuensi 6 bulan sekali. Anda harus mempercayakan jasa kalibrasi timbangan analitic ini di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mengapa Anda harus melakukan kalibrasi timbangan analitic ini di jasa kalibrasi dibandingkan dengan melakukannya sendiri? Ada dua alasan kenapa Anda harus mempercayakan jasa kalibrasi dibandingkan Anda melakukan kalibrasi sendiri, yaitu:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Laboratorium kalibrasi menawarkan keuntungan utama yaitu keakuratan dan ketelusuran yang tinggi dalam proses kalibrasi. Timbangan analitic yang dikalibrasi di laboratorium ini dijamin sesuai dengan standar yang berlaku, baik itu standar nasional maupun internasional. Semua proses kalibrasi dilakukan dengan cermat dan teliti oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman. Hasil kalibrasi yang diperoleh memberikan kepastian bahwa timbangan analitic telah dikonfigurasi dengan benar dan dapat diandalkan untuk memberikan hasil pengukuran yang akurat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Salah satu manfaat besar dari kalibrasi di laboratorium kalibrasi adalah mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Setelah proses kalibrasi selesai, timbangan analitic akan diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa alat tersebut telah dikalibrasi dengan sukses dan sesuai dengan standar yang berlaku. Sertifikat kalibrasi ini merupakan bukti validitas kalibrasi dan dapat digunakan sebagai referensi untuk audit atau keperluan peraturan dan akreditasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Timbangan Analitic Terakreditasi KAN

Jadi bagaimana? Sudah tahu betapa pentingnya kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi timbangan analitic? Selanjnutnya Anda harus mencari di mana yang bisa diandalkan. Jangan bingung, sekarang ada Kalibrasi.com yang bisa menjawab kebingungan Anda.

Sebagai jasa kalibrasi timbangan analitic terpercaya di Indonesia, Kalibrasi.com akan memberikan kepada Anda beragam kemudahan dan juga keuntungan dalam melaksanakan kalibrasi timbangan analitic. 

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Timbangan Analitic di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Termasuk untuk ruang lingkup massa, Kalibrasi.com bisa memberikan pelayanan terhadap jasa kalibrasi timbangan analitic sesuai dengan standar internasional karena sudah terakreditasi KAN.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Timbangan Analitic dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com akan memberikan kepada Anda kemudahan dalam melakukan pembayaran jasa kalibrasi timbangan analitic dengan menawarkan metode termin atau cicilan. Untuk biaya, dijamin kompetitif. Lalu, untuk urusan logistik, Kalibrasi.com menjamin layanan logistik tanpa masalah.

Tertarik dengan jasa kalibrasi timbangan analitic dari Kalibrasi.com? segera lakukan penawaran kalibrasi timbangan analitic dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.