Cara Kalibrasi Timbangan Mekanik dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Timbangan Mekanik Terpercaya

0

Timbangan mekanik merupakan cara pengukuran berat tradisional, sedangkan timbangan digital modern dan lebih akurat. Timbangan mekanis ini menggunakan metode mekanis untuk mengukur berat badan Anda dan umumnya dapat menangani beban hingga 250 kg. Karena ini masih menggunakan cara yang tradisional, maka jika penggunaannya dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan pengukurannya menjadi tidak presisi.

Maka dari itu, perlu adanya proses kalibrasi timbangan mekanik yang tepat dengan menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang benar.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Timbangan Mekanik

Dalam melaksanakan kalibrasi alat ukur apapun itu termasuk timbangan mekanik, akan ada standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang berbeda-beda. Dalam pelaksanaannya, perlu Anda garis bawahi lagi jika berbagai pertimbangan tersebut harus Anda lakukan dan Anda harus memiliki standar acuan dan juga metode yang benar agar menghasilkan hasil timbangan mekanik yang akurat kembali.

Berikut ini standar acuan dan juga metode dari kalibrasi timbangan mekanik yang perlu Anda ketahui.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Timbangan Mekanik

Kalibrasi untuk timbangan mekanik menggunakan standar acuan sesuai dengan timbangan mekanik yang sudah dilakukan kalibrasi sebelumnya. metode yang akan digunakan adalah CSIRO 2010.

Prosedur Cara Kalibrasi Timbangan Mekanik

Dalam pelaksanaan dari kalibrasi timbangan mekanik, harus melewati berbagai prosedur yang sudah diterapkan dan memang sudah diatur di dalam ISO 17025. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan persiapan untuk pelaksana kalibrasi, timbangan mekanik yang sudah dibersihkan, dan juga alat kalibrasi berupa standar acuan.
  2. Melaksanakan kalibrasi timbangan mekanik untuk setiap rentang ukur menggunakan standar acuannya. Untuk rentang ukurnya adalah sebagai berikut:
  • 0 g ~ 100 g
  • 100 g ~ 200 g
  • 200 g ~ 500 g
  • 500 g ~ 1 kg
  • 1 kg ~ 2 kg
  • 2 kg ~ 4 kg
  • 4 kg ~ 14 kg
  • 14 kg ~ 60 kg
  • 60 kg ~ 150 kg
  • 150 kg ~ 250 kg 
  1. Selanjutnya, adalah melakukan pencatatan data dan melakukan kalibrasi pada timbangan mekanik apabila ada deviasi atau ketidakakuratan pengukuran.
  2. Hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi timbangan mekanik.
  3. Dan terakhir, dokumentasi dari proses kalibrasi akan disusun untuk selanjutnya dibuatkan laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Timbangan Mekanik

Sebenarnya tidak ada peraturan yang mengatur secara pasti frekuensi kalibrasi untuk timbangan mekanik. Namun, disarankan untuk melakukan kalibrasi timbangan digital setidaknya setiap enam bulan sekali, atau bahkan lebih sering jika timbangan digunakan secara intensif atau ditempatkan di lingkungan yang tidak stabil.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melakukan kalibrasi pada timbangan mekanik bisa dibedakan menjadi dua prosesnya. Yaitu Anda yang melakukannya sendiri dan juga melakukan kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi. Tentu saja, jika menggunakan jasa kalibrasi yang terpercaya seperti Kalibrasi.com, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan yang tidak akan Anda dapatkan dengan melakukan kalibrasi sendiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi di jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) akan mendapatkan sertifikat kalibrasi. Ini membuat hasil kalibrasi bisa tertelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalibrasi di jasa kalibrasi akan bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Dengan ini, timbangan mekanik Anda bisa meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen.

Layanan Jasa Kalibrasi Timbangan Mekanik Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com adalah salah satu dari banyaknya laboratorium kalibrasi yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN. Berbeda dengan yang lainnya, Kalibrasi.com adalah platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang memberikan kepada Anda kemudahan dalam melaksanakan kalibrasi timbangan mekanik.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Timbangan Mekanik di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memberikan kemudahan dalam melaksanakan kalibrasi timbangan mekanik karena memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas, dan salah satunya adalah ruang lingkup kalibrasi massa. Kalibrasi massa ini adalah ruang lingkup yang tepat untuk kalibrasi timbangan mekanik.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Timbangan Mekanik dari Kalibrasi.com

Dibandingkan dengan lainnya, Kalibrasi.com akan bisa menawarkan kepada Anda biaya kalibrasi yang terjangkau, pembayaran yang fleksibel, logistik tanpa masalah, dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda mempercayakan Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi timbangan mekanik. Jika berminat, Anda bisa mengisi form di bawah ini dan lakukan penawaran kalibrasi untuk timbangan mekanik Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.