Cara Kalibrasi Torque Calibrator dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Torque Calibrator Terpercaya

0

Kalibrasi instrumen torsi sangat penting untuk menjaga keakuratan dan umur panjangnya. Melakukan kalibrasi memastikan bahwa instrumen tetap sesuai dengan standar yang ditetapkan sehingga juga memastikan bahwa pengukuran seakurat dan seandal mungkin. Maka dari itu dibutuhkanlah alat yang dinamakan torque calibrator. Ini akan sangat penting apabila kalibrator memiliki pengukuran yang sangat akurat untuk mengkalibrasi instrumen torsi.

Maka dari itu, dibutuhkan keahlian yang sangat khusus untuk melakukannya. Jadi, bagaimana sebenarnya cara kalibrasi torque calibrator yang benar? Dan apakah ada jasa kalibrasi torque calibrator yang bisa diandalkan apabila caranya memang susah? Mari temukan jawabannya di sini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Torque Calibrator

Kalibrasi alat ukur atau instrumen tertentu memiliki standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi yang berbeda-beda. Tentu saja ini adalah rahasia umum yang semua orang pasti mengerti. Setiap alat ukur walaupun ada di satu ruang lingkup, metode kalibrasinya bisa berbeda-beda, ini sama seperti torque calibrator. 

Apa standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi torque calibrator ini?

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Torque Calibrator

Sebagai sebuah kalibrator, standar acuan dari torque calibrator adalah pengukuran dengan menggunakan satuan internasional pengukuran torsi. Pembandingan ini akan sangat penting dan dilakukan dengan amat teliti. Karena, metode kalibrasinya juga sesuai dengan standar internasional dan diatur dalam Komite Akreditasi Nasional yaitu IK-KM-GB16, BS EN ISO 6789-1:2017, BS EN ISO 6789-2:2017.

Prosedur Cara Kalibrasi Torque Calibrator

Sudah paham dengan standar acuan dari kalibrasi torque calibrator dan juga metodenya, sekarang yang harus Anda lakukan adalah dengan mengkalibrasi dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Persiapkan berbagai alat kalibrasi, standar acuan, dan juga metode kalibrasi dari torque calibrator. Jangan lupa untuk mengecek apakah ada kerusakan pada torque calibrator atau tidak, dan bersihkan terlebih dahulu kalibrator ini.
  2. Setelah itu, lakukan pencarian nilai kalibrasi dengan menggunakan rentang ukur sebagai berikut:
  • 0.1 N.m ~ 10 N.m
  • 11 N.m ~ 100 N.m
  • 101 N.m ~ 200 N.m
  • 0.1 N.m ~ 50 N.m
  • 51 N.m ~ 350 N.m
  • 351 N.m ~ 550 N.m
  • 551 N.m ~ 800 N.m
  • 801 N.m ~ 2000 N.m
  1. Setelah itu, apabila ada pada satu rentang ukur yang tidak ada di dalam batas ditoleransi, maka lakukan pembenaran dan juga verifikasi lebih lanjut.
  2. Hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi torque calibrator. Ada berbagai faktor seperti suhu dan juga kelembapan yang menjadi faktor tidak bisa dihindari.
  3. Dokumentasikan seluruh proses kalibrasi torque calibrator untuk menerbitkan hasil laporan kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Torque Calibrator

Kalibrasi pada torque calibrator memang tidak bisa dilakukan sekali dalam masa penggunaannya, namun harus dilakukan secara berkala dan ada frekuensinya juga. Untuk lebih memahami kapan seharusnya torque calibrator ini dilakukan kalibrasi, Anda bisa klik banner di bawah ini untuk melakukan konsultasi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Bingung dengan cara kalibrasi torque calibrator yang rumit?  Atau Anda tidak bisa melakukannya karena kendala waktu? Anda bisa mempercayakan urusan kalibrasinya di jasa kalibrasi. Jasa kalibrasi torque calibrator ini bisa memberikan kepada Anda dua keuntungan penting seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Menggunakan jasa kalibrasi memberikan keuntungan tertelusur dan sesuai standar yang berlaku. Hasil kalibrasi dipastikan sesuai dengan standar internasional untuk memastikan akurasi dan keandalan alat ukur.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain itu, dengan menggunakan jasa kalibrasi, Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang sah. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa alat ukur Anda telah dikalibrasi dengan baik dan dapat dipercaya untuk memberikan hasil yang akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Torque Calibrator Terakreditasi KAN

Ingin mendapatkan jasa kalibrasi torque calibrator yang terpercaya dan dapat diandalkan? Anda bisa mempercayakannya saja kepada Kalibrasi.com! Kalibrasi.com adalah layanan yang menyediakan jasa kalibrasi berbagai alat ukur dan juga instrumen seperti contohnya torque calibrator yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN.

Kalibrasi.com juga memiliki mitra yang sangat banyak terdiri dari berbagai ruang lingkup kalibrasi seperti contohnya untuk kasus ini adalah ruang lingkup kalibrasi instrumen torsi.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Torque Calibrator di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com bekerja sama dengan berbagai laboratorium kalibrasi terakreditasi di Indonesia. Untuk mitra dari Kalibrasi.com di ruang lingkup kalibrasi instrumen torsi adalah PT Pananjung Anugrah Solution dan PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Torque Calibrator dari Kalibrasi.com

Tidak hanya ruang lingkupnya saja yang sangat banyak, Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi torque calibrator juga bisa memberikan berbagai keuntungan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk melaksanakan kalibrasi pada torque calibrator Anda dan Anda tidak tahu bagaimana caranya, percayakan saja kepada Kalibrasi.com! Isi form di bawah ini untuk melakukan penawaran kalibrasi instrumen Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.