Cara Kalibrasi Torque Tester dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Torque Tester Terpercaya

0

Torque tester adalah suatu alat ukur  yang digunakan untuk menguji dan mengkalibrasi alat yang dikontrol oleh torsi. Dengan kata lain, torque tester adalah kalibrator dari alat yang dikontrol oleh torsi. Sebagai kalibrator, torsi harus terus dijaga keakuratannya dengan melakukan kalibrasi torque tester secara berkala.

Kalibrasi torque tester harus memperhatikan standar acuan, metode, dan cara kalibrasinya. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi torque tester yang tepat? mari kita simak pembahasan berikut ini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Torque Tester

Standar acuan, metode, dan cara kalibrasi torque tester sangat menentukan hasil kalibrasi torque tester. Kalibrasi torque tester yang berkualitas dan terakreditasi harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai standar acuan, metode, dan cara kalibrasi torsi yang tepat:

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Torque Tester

Standar acuan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi torque tester harus mengacu pada dokumen dari KAN. Dalam dokumen dari KAN, ditetapkan bahwa standar acuan kalibrasi torque tester yang meliputi rentang ukur adalah mulai dari 0 kgf cm hingga 50 kgf cm dengan nilai ketidakpastian mulai dari 0.0058 kgf cm hingga 0.058 kgf cm. Sedangkan, metode kalibrasi torque tester menurut dokumen KAN adalah dengan menggunakan metode ASTM D 3474-90 (1997).

Prosedur Cara Kalibrasi Torque Tester

Cara kalibrasi torque tester terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, perhitungan data, penentuan ketidakpastian, pembuatan dan penerbitan laporan. Pada tahap persiapan, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan torque tester yang akan dikalibrasi dan alat yang digunakan untuk mengkalibrasi, pastikan peralatan yang dibutuhkan sudah siap dan dapat berfungsi normal.

Kemudian kalibrasi dapat dilaksanakan. Pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan oleh teknisi kalibrasi yang kompeten dan profesional sehingga kalibrasi dilaksanakan sesuai standar. Lalu, data yang dihasilkan dihitung dengan objektif dan nilai ketidakpastian kalibrasi ditentukan. 

Setelah itu, laporan hasil kalibrasi dibuat dan diterbitkan sebagai tahapan terakhir kalibrasi torque tester. Pembuatan laporan hasil kalibrasi torque tester harus mengacu pada SNI 19-17025.

Frekuensi Kalibrasi untuk Torque Tester

Frekuensi kalibrasi untuk torque tester adalah rentang waktu dilakukannya kalibrasi torque tester yang terakhir dengan kalibrasi torque tester yang akan dilaksanakan berikutnya. Untuk menghindari kesalahan frekuensi kalibrasi, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi mengenai frekuensi kalibrasi torque tester pada jasa kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dapat dilakukan dengan menggunakan jasa kalibrasi atau dengan individu atau perorangan. Namun, kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi memiliki lebih banyak keuntungan. Keuntungan kalibrasi dengan menggunakan jasa kalibrasi adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi yang dilakukan dengan menggunakan jasa kalibrasi akan tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Jasa kalibrasi yang terakreditasi wajib memenuhi standar dan harus tertelusur dengan standar nasional maupun internasional. Sehingga, kalibrasi yang dihasilkan juga merupakan kalibrasi yang tertelusur dan sesuai standar.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi juga kan memberikan bukti sertifikat kalibrasi. Bukti sertifikat kalibrasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan meningkatkan kepercayaan terhadap torque tester atau alat yang telah dikalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Torque Tester Terakreditasi KAN

Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan jasa kalibrasi torque tester yang  telah mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dan memiliki kredibilitas tinggi dalam pelaksanaan kalibrasi di Indonesia. Jasa kalibrasi tersebut adalah kalibrasi.com. Kalibrasi.com memiliki banyak layanan menarik, yaitu sebagai berikut:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Torque Tester di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi yang luas termasuk ruang lingkup kalibrasi torsi yang merupakan ruang lingkup kalibrasi torque tester. Luasnya ruang lingkup kalibrasi, akan memperbanyak pilihan jenis alat ukur yang dapat dikalibrasi.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Torque Tester dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com juga memiliki banyak kelebihan seperti menggunakan standar acuan yang jelas, metode yang sesuai dengan standar, Prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, serta layanan logistik yang dapat diandalkan.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik menggunakan jasa kalibrasi torque tester yang terakreditasi dari kalibrasi.com, Anda dapat langsung menghubungi dan mengajukan permintaan kalibrasi pada kalibrasi.com dengan cara mengisi form yang disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.