Cara Kalibrasi Treadmills dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Treadmills Terbaik

0

Apabila Anda berpikir treadmills yang akan dibahas sekarang ini adalah yang ada di gym, treadmills kali ini agak berbeda. Ini adalah treadmills exercise stress test. Treadmills jenis ini digunakan untuk mengetahui efek olahraga pada jantung. Olahraga memungkinkan dokter mendeteksi irama jantung yang tidak normal (aritmia) dan mendiagnosis ada tidaknya penyakit arteri koroner.

Tes ini melibatkan berjalan di atas treadmill sambil memantau aktivitas listrik jantung Anda. Sepanjang pengujian, kecepatan dan kemiringan treadmill meningkat. Hasilnya menunjukkan seberapa baik jantung Anda merespons stres pada berbagai tingkat olahraga.

Tentu saja untuk perputaran treadmills ini harus sesuai dengan kecepatan yang ditampilkan di layar dan memastikan kecepatannya memang sesuai. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi. Bagaimana caranya? Mari kita simak di sini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Treadmills

Perlu Anda ketahui untuk setiap pelaksanaan kalibrasi Anda harus memperhatikan yang namanya standar acuan, metode, dan juga prosedurnya. Pada setiap instrumen memiliki 3 komponen yang berbeda dan ini termasuk juga untuk treadmills.

Treadmills ini mengacu kepada Komite Akreditasi Nasional atau KAN yang sudah menjelaskan bagaimana cara kalibrasi treadmills yang benar.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Treadmills

Dalam dunia medis, treadmills memang sangat penting untuk mengetahui heart rate atau detak jantung pada pasien. Maka dari itu, sebenarnya tidak hanya tentang mengukur kecepatan treadmills yang akurat yang akan dilaksanakan kalibrasinya melainkan pengukuran detak jantung juga.

Untuk standar acuan pelaksanaan kalibrasi adalah menggunakan standar yang ditetapkan oleh KAN dan metodenya sendiri adalah sesuai dengan SK Dirjen Pelayanan Kesehatan No HK.02.02/V/5771/2018 (MK.054-18) dengan melaksanakan kalibrasi secara langsung (Direct Calibration).

Prosedur Cara Kalibrasi Treadmills

Untuk pelaksanaan kalibrasi treadmills, ada beberapa cara yang sudah menjadi prosedur pasti, di antaranya adalah:

1. Lakukan persiapan kalibrasi treadmills dengan mempersiapkan beberapa hal ini:

    • Pastikan treadmill berada di permukaan yang datar dan stabil.
    • Matikan treadmill dan pastikan tidak ada kabel yang terhubung ke sumber listrik.
    • Pastikan semua bagian treadmill dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

Setelah persiapan selesai, saatnya melaksanakan kalibrasi dengan dimulai dari kalibrasi untuk kecepatan treadmills hingga ke pengukuran yang lain.

2. Kecepatan:

  • Nyalakan treadmill dan biarkan berjalan selama beberapa menit untuk memanaskan motor.
  • Gunakan alat pengukur kecepatan yang akurat, seperti speedometer atau aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk mengukur kecepatan.
  • Atur treadmill pada kecepatan tertentu (misalnya 5 mph) sesuai dengan alat pengukur kecepatan yang Anda gunakan.
  • Bandingkan kecepatan yang ditampilkan di treadmill dengan pembacaan pada alat pengukur eksternal. Jika ada perbedaan, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian melalui pengaturan treadmill.
  • Untuk rentang ukur kecepatannya adalah 0.3 m/min sampai dengan 1999.9 m/min.

3. Kemiringan:

  • Jika treadmill Anda memiliki fitur kemiringan (incline), pastikan permukaan treadmill datar.
  • Gunakan alat pengukur kemiringan yang akurat, seperti alat ukur kemiringan digital.
  • Atur treadmill pada kemiringan tertentu (misalnya 10%) sesuai dengan alat pengukur kemiringan yang Anda gunakan.
  • Bandingkan kemiringan yang ditampilkan di treadmill dengan pembacaan pada alat pengukur eksternal. Jika ada perbedaan, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian melalui pengaturan treadmill.

4. Pengukuran Lainnya:

  • Beberapa treadmill dapat mengukur jarak, kalori terbakar, detak jantung, dan parameter lainnya. Pastikan untuk memeriksa keakuratan pengukuran ini dengan alat pengukur eksternal jika diperlukan.
  • Untuk treadmills yang ada di dalam sektor kesehatan, pengukuran detak jantung dilakukan dengan rentang ukur 30bpm, 60bpm, 120bpm, dan 240bpm.

Frekuensi Kalibrasi untuk Treadmills

Anda perlu melaksanakan kalibrasi secara berkala sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen treadmill Anda.

Selalu periksa manual pengguna untuk informasi spesifik tentang kalibrasi dan pemeliharaan.

Penting untuk dicatat bahwa kalibrasi treadmill mungkin memerlukan alat pengukur eksternal yang akurat. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak yakin melakukannya sendiri, sebaiknya hubungi layanan pelanggan produsen treadmill atau teknisi yang terlatih. 

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Memang jika dilaksanakan sendiri, kalibrasi pada treadmills secara sekilas Anda dapat melaksanakannya. Akan tetapi, jika tidak memenuhi standar kompetensi, maka yang harus Anda laksanakan adalah mempercayakannya kepada jasa kalibrasi treadmills yang terpercaya.

Ada beberapa keunggulan atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melaksanakan kalibrasi treadmills Anda ke jasa kalibrasi, apa saja itu?

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi apalagi yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN bisa memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, mereka akan melaksanakan kalibrasi yang sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Untuk kalibrasi yang dilaksanakan di laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN, Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang berguna untuk kepercayaan Anda dan juga konsumen bahwa treadmills Anda sudah terkalibrasi dengan baik dan hasilnya dapat dipercaya serta dipertanggung jawabkan.

Layanan Jasa Kalibrasi Treadmills Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang mencari jasa kalibrasi treadmills terakreditasi KAN? Jawabannya adalah di Kalibrasi.com saja! Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi terbesar di Indonesia dan pertama juga yang dapat memberikan jasa kalibrasi treadmills dengan akurat.

Semua mitranya sudah mendapatkan akreditasi dari KAN termasuk untuk mitra yang menangani masalah kalibrasi peralatan kesehatan.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Treadmills di Kalibrasi.com

Kalibrasi untuk treadmills berada di ruang lingkup kalibrasi waktu dan frekuensi. Kalibrasi.com melalui mitranya yaitu laboratorium kalibrasi PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia akan melaksanakan kalibrasi pada treadmills Anda dengan mengikuti prosedur dari KAN.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Treadmills dari Kalibrasi.com

Menggunakan jasa kalibrasi treadmills dari Kalibnrasi.com sangat menguntungkan. Terdapat beberapa kelebihan seperti pelayanan yang cepat, logistik yang cepat dan handal, pembayaran yang fleksibel, dan jaminan kalibrasi yang mengikuti standar acuan KAN.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.