Cara Kalibrasi Vacuum Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Vacuum Gauge Terakreditasi

0

Dalam bidang otomotif secara umum pastinya sudah tidak asing lagi bukan atas peralatan yang dikenal dengan nama vacuum gauge? Vacuum gauge adalah indikator yang berfungsi untuk menunjukkan besarnya pengurangan tekanan udara atau menunjukkan jumlah tekanan kendaraan, atau juga dapat disebut untuk memeriksa tingkat kevakuman udara pada mesin mobil.

vacuum gauge atau alat pengukur vakum menjadi salah satu alat ukur yang memiliki fungsi sangat penting bagi operator atau teknisi. Alat ini masih digunakan dalam proses diagnosa kerusakan yang terjadi pada mesin atau sistem tenaga lainnya. Nah sebagai sebuah alat ukur tentuya vacuum gauge membutuhkan perawatan untuk mempertahankan standar hasil pengukurannya.

Dengan melakukan kalibrasi secara rutin dapat menjadi solusi paling tepat untuk mempertahankan keakuratan sebuah alat ukur. Dalam prosedurnya kalibrasi untuk menyamaratakan hasil kalibrasi alat ukur maka terdapat ketentuan yang  wajib dipatuhi setiap pelaksana kalibrasi. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Vacuum Gauge

Setiap penyelenggara kalibrasi dibutuhkan standar acuan, metode kalibrasi dan prosedur cara kalibrasi vacuum gauge yang tepat. Beberapa ketentuan tersebut wajib dipatuhi dalam melakukan kalibrasi untuk menyamaratakan hasil kalibrasi yang sesuai dengan harapan. Untuk memahami selengkapnya mengenai standar acuan,metode dan cara kalibrasi dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Vacuum Gauge

Prosedur kalibrasi yang dilakukan harus menggunakan standar acuan yang tepat sesuai dengan standar internasional (SI). Dengan menggunakan standar acuan yang tepat juga dapat berpedoman sesuai dengan metode dan rentang ukur kalibrasi yang mana telah diatur dalam EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 bar = 10⁵ Pa, DKD-R 6-1 (Edition 03/2014), TO-MD-1.15 sebagai metode kalibrasi yang sudah sesuai dengan standar.

Prosedur Cara Kalibrasi Vacuum Gauge

Untuk mencapai tujuan kalibrasi sebagaimana yang diharapkan sesuai dengan standar kalibrasi vacuum gauge maka dalam melakukan kalibrasi harus sesuai dengan prosedur kalibrasi. dalam pelaksanaanya terdapat 4 cara kalibrasi vacuum gauge, diantaranya : 

  1. Lakukanlah persiapan, dari mulai persiapan alat-bahan kalibrasi hingga metode yang akan digunakan.
  2. Pelaksanaan kalibrasi yang dilakukan dengan pengamatan terhadap alat ukur yang dikalibrasi.
  3. menghitung data yang telah diperoleh dari pengamatan, hasil perhitungan akan digunakan untuk menentukan ketidakpastian dan dasar menyusun kesimpulan.
  4. Membuat laporan dan menerbitkannya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Vacuum Gauge

Setiap alat ukur memiliki frekuensi kalibrasi yang berbeda-beda karena beberapa faktor yang mempengaruhi semakin sering atau jarang dlammelakuka kalibrasi. begitu pula untuk frekuensi kalibrasi untuk Vacuum gauge yang tidak dapat disamakan dengan alat ukur lainnya, tapi umumnya kalibrasi dilakukan secara berkala paling sedikit  satu kali dalam satu tahun

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda telah paham bahwa untuk melakukan kalibrasi memiliki cara kalibrasi vacuum gauge yang panjang dan membutuhkan pemahaman atas setiap detail pelaksanaan kalibrasi dan menguasai standar nasional maupun internasional. 

Oleh karenanya akan sangat lebih baik jika kalibrasi dilakukan pada jasa kalibrasi yang telah berkompeten di bidang kalibrasi, dari pada melakukan kalibrasi sendiri. Adapun terdapat keuntungan dengan Anda menggunakan jasa kalibrasi yang diantaranya 

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan melibatkan Jasa kalibrasi yang telah mendapatkan akreditasi KAN akan menjamin setiap alat ukur yang dikalibrasi  mampu tertelusur. Sehingga lebih memperoleh kepastian akan alat ukur yang sudah memenuhi  standar nasional maupun internasional 

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Melakukan kalibrasi pada jasa kalibrasi terakreditasi juga akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Hal ini karena jasa kalibrasi KAN memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikat asli sebagaimana alat ukur setelah dikalibrasi. 

Layanan Jasa Kalibrasi Vacuum Gauge Terakreditasi KAN

Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas, kalibrasi memang sebaiknya dilakukan oleh seorang ahli yang memiliki kompetensi di bidang kalibrasi.  dengan mempercayakan jasa kalibrasi yang berkompeten kepastian akan keakuratan alat dapat terjamin. Di Kalibrasi.com dapat menjadi solusi terbaik dalam mencari jasa kalibrasi vacuum gauge terbaik. 

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan jasa kalibrasi dengan pilihan jasa kalibrasi yang beragam untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi Anda. Tidak hanya itu Kalibrasi.com pastinya memiliki mitra yang terakreditasi KAN sehingga berhak melakukan jasa kalibrasi yang sesuai dengan ISO 1705. Nah berikut layanan untuk jasa kalibrasi vacuum gauge di Kalibrasi.com.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Vacuum Gauge di Kalibrasi.com

Sebagai layanan penyedia jasa kalibrasi, Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup yang luas dan lengkap termasuk untuk jasa kalibrasi vacuum gauge pada ruang lingkup kalibrasi tekanan. Berikut mitra laboratorium yang menyediakan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup tekanan seperti PT Qualis Indonesia, PT, Mutuagung Lestari, dan PT Mandiri Transforma Global 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Vacuum Gauge dari Kalibrasi.com

Selain ruang lingkup yang luas, Kalibrasi.com juga memberikan kelebihan atas pelayanan jasa kalibrasi Vacuum gauge yang akan Anda dapatkan diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Tertarik melakukan penawaran jasa kalibrasi Vacuum gauge di Kalibrasi.com? Anda dapat langsung melakukan penawaran jasa kalibrasi Vacuum gauge dengan mengisi form yang telah artikel ini sediakan berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.