Cara Kalibrasi Vernier Caliper dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Vernier Caliper Terpercaya

0

Alat ukur vernier caliper mungkin masih asing ditelinga masyarakat. Nama lain dari alat ini adalah jangka sorong yang digunakan untuk mengukur dengan presisi. Alat ini berfungsi untuk mengukur dimensi benda kerja seperti ketebalan, diameter eksternal, diameter internal, panjang, dan lebar dari suatu part. 

Beberapa vernier caliper juga dilengkapi dengan ‘depth rod’, sebuah tongkat tipis yang berfungsi untuk mengukur kedalaman lubang atau celah pada part. Kalibrasi pada vernier caliper sangat penting untuk memastikan akurasi hasil pengukuran. Di bawah ini kita akan membahas tentang bagaimana cara kalibrasi vernier caliper yang juga dilakukan oleh jasa kalibrasi vernier caliper yang profesional berikut ini.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Vernier Caliper

Sebelum melakukan prosedur dengan cara kalibrasi vernier caliper yang dilakukan oleh penyedia jasa kalibrasi vernier caliper, pasti akan menentukan standar acuan yang berlaku dan juga metode kalibrasi yang sesuai dengan alat ukur nya berikut penjelasannya.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Vernier Caliper

Untuk melakukan cara kalibrasi vernier caliper yang benar, kita perlu merujuk pada standar acuan internasional. Vernier caliper biasanya memiliki rentang ukur 0 mm- 100mm hingga 300mm – 600mm, dan metode kalibrasi yang digunakan adalah JIS B7507:1993 dan IK-KAL-D 05.

Prosedur Cara Kalibrasi Vernier Caliper

Cara kalibrasi vernier caliper terdiri dari beberapa tahapan:

  • Persiapan: pada tahap ini, kita perlu mempersiapkan alat, memeriksa kondisi fisik, dan memastikan bahwa vernier caliper berada dalam kondisi baik. Lingkungan juga harus diatur agar stabil dan kondusif untuk menghasilkan pengukuran yang akurat.
  • Pelaksanaan: setelah persiapan, cara kalibrasi vernier caliper selanjutnya adalah melakukan pengaturan parameter pada vernier caliper sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Menghitung Data dan Ketidakpastian: data yang dikumpulkan akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, dan perhitungan ketidakpastian untuk menentukan batas toleransi yang diterima.
  • Membuat dan Menerbitkan Laporan: cara kalibrasi vernier caliper terakhir adalah pembuatan laporan kalibrasi yang berisi informasi mengenai hasil kalibrasi, deviasi, ketidakpastian, dan catatan penting lainnya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Vernier Caliper

Interval kalibrasi atau frekuensi kalibrasi pada vernier caliper dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga cukup sulit bagi pengguna untuk menentukannya. Namun begitu Anda bisa mengkonsultasikannya ke ahli kalibrasi seperti Kalibrasi.com dengan mengklik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Tentunya, menjalankan cara kalibrasi vernier secara mandiri dan menggunakan jasa kalibrasi vernier caliper memiliki perbedaan signifikan. Kalibrasi secara mandiri dapat memerlukan pemahaman dan pengetahuan teknis yang cukup mendalam, serta waktu dan biaya yang mungkin tidak sebanding. Sementara itu, memanfaatkan jasa kalibrasi vernier caliper dapat menghemat waktu dan upaya, serta memberikan hasil yang lebih akurat dan dapat dipercaya. 

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kelebihan utama menggunakan jasa kalibrasi adalah cara kalibrasi vernier caliper dan metodenya yang telah sesuai standar yang berlaku dan dapat ditelusuri. Ini berarti bahwa proses kalibrasi dilakukan sesuai dengan aturan dan norma internasional, sehingga hasilnya dapat diakui dan diterima secara luas. Proses kalibrasi ini dilakukan oleh profesional yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan mendalam tentang vernier caliper dan metode kalibrasinya. 

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Satu lagi keuntungan yang bisa diperoleh adalah sertifikat kalibrasi vernier caliper. Sertifikat ini tidak hanya menjadi bukti bahwa alat telah dikalibrasi, tetapi juga menjadi jaminan bahwa alat tersebut telah melalui proses kalibrasi yang tepat dan sesuai standar yang berlaku. Sertifikat ini sangat penting, khususnya untuk kepentingan audit dan memastikan kualitas pengukuran yang dilakukan.

Layanan Jasa Kalibrasi Vernier Caliper Terakreditasi KAN

Sebaiknya, proses kalibrasi dijalankan oleh ahli yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidangnya. Di sini, Kalibrasi.com menjadi solusi yang tepat. Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi vernier caliper yang sudah terakreditasi KAN, menjamin kualitas dan standar layanan yang diberikan. Seluruh mitra di Kalibrasi.com telah melalui proses akreditasi yang ketat dan memiliki ruang lingkup layanan yang lengkap.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Vernier Caliper di Kalibrasi.com

Ada banyak ruang lingkup kalibrasi dan vernier caliper merupakan salah satu alat yang masuk dalam daftar tersebut. Di Kalibrasi.com, Kalibrasi.com telah bekerja sama dengan berbagai mitra yang telah terakreditasi KAN dan memiliki pengetahuan mendalam tentang vernier caliper. Meski Kalibrasi.com tidak banyak mempromosikan mitra tersebut, Kalibrasi.com dapat menjamin bahwa mereka semua adalah ahli di bidang mereka.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Vernier Caliper dari Kalibrasi.com

Beberapa kelebihan dari jasa kalibrasi vernier caliper di Kalibrasi.com antara lain: standar acuan yang jelas, metode kalibrasi yang sesuai, prosedur yang transparan dan mudah dimengerti, opsi pembayaran yang fleksibel, serta layanan logistik yang dapat diandalkan. Apabila Anda membutuhkan jasa kalibrasi vernier caliper, jangan ragu untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com. Silahkan isi formulir yang tersedia di bawah ini dan tim Kalibrasi.com akan segera menghubungi Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.