Cara Kalibrasi Vernier Checker dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Vernier Checker Terbaik

0

Vernier caliper adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur dimensi dan jarak internal dan eksternal. Vernier caliper ini dapat mengukur akurasi hingga seperseratus milimeter dan seribu inci. Dengan vernier caliper , Anda dapat membuat pengukuran yang lebih tepat daripada dengan penggaris biasa. Akan tetapi, tentu saja yang harus Anda perhatikan adalah akurasinya. Dalam melakukan kalibrasi vernier caliper, biasanya akan digunakan alat kalibrasi bernama vernier checker.

Vernier checker ini merupakan alat kalibrasi yang digunakan untuk menentukan akurasi dari vernier caliper. Jadi, alat kalibrasi juga harus dilakukan kalibrasi bukan?

Akan tetapi, lantas bagaimana cara kalibrasi vernier checker ini? Mari kita cari tahu dengan membaca artikel ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Vernier Checker

Vernier checker adalah instrumen yang paling cocok untuk kalibrasi vernier caliper dan pengukur ketinggian vernier dari semua jenis (mekanis/dial/digital) hingga 1 meter. Akan tetapi, perlu Anda ingat juga apabila melakukan kalibrasi alat ukur apapun itu harus ada yang namanya standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi vernier checker yang benar dan sesuai dengan standar.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Vernier Checker

Untuk melakukan kalibrasi vernier checker Anda harus menggunakan standar acuan pengukuran sesuai dengan satuan internasional. Hal ini akan sama untuk setiap kalibrasi vernier checker, akan selalu ada standar acuannya.

Lalu, untuk metode kalibrasi yang digunakan adalah 2.3.5.1 -IK-KD-43-CALIPER CHECKER. Semua metode dan juga standar acuannya ini harus Anda pahami untuk cara kalibrasi vernier checker yang seuai dengan standar.

Prosedur Cara Kalibrasi Vernier Checker

Setelah menemukan standar acuan dan juga metode kalibrasi dari vernier checker yang benar, maka Anda bisa melaksanakan kalibrasi dari vernier checker, prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan untuk kalibrasi vernier checker dengan menggunakan standar acuan, metode, dan juga vernier checker yang sudah dilakukan pembersihan serta pembenaran apabila memang ada kerusakan secara fisik yang tidak parah.
  2. Jika proses persiapan telah selesai, selanjutnya adalah dengan mencari nilai kalibrasinya sesuai dengan standar acuan yang sudah diterapkan tadi.
  3. Perhatikan, apabila pada rentang ukur tertentu terdapat penyimpangan hasil pengukuran yang tidak bisa ditoleransi, maka itu harus dibenarkan sampai ke batas yang bisa ditoleransi.
  4. Lalu, jika sudah hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi vernier checker seperti faktor suhu dan juga kelembapan dan masih banyak lagi sebenarnya faktornya.
  5. Dokumentasikan setiap kalibrasi dari vernier checker. Ini akan sangat berguna untuk penulisan dan juga penerbitan laporan hasil kalibrasi. 

Frekuensi Kalibrasi untuk Vernier Checker

Untuk instrumen panjang dan juga alat kalibrasi seperti vernier checker ini memiliki frekuensi kalibrasi yang sangat sering karena dituntut memiliki pengukuran yang presisinya sangat tinggi. Maka dari itu, memiliki vernier checker ini menjadi sebuah tantangan untuk Anda bisa melaksanakan kalibrasi rutin.

Jika Anda bingung kapan seharusnya untuk melaksanakan kalibrasi vernier checker, Anda bisa konsultasikan dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apakah Anda terkendala dengan cara kalibrasi vernier checker karena cara kalibrasi vernier checker yang rumit dan harus memiliki kompetensi yang tinggi terkait pelaksanaannya? Tentang hal tersebut, Anda bisa lebih tenang karena Anda bisa mempercayakannya kepada jasa kalibrasi vernier checker. Ada beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Hasil kalibrasi dari vernier checker jika Anda menggunakan jasa kalibrasi terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) adalah adanya hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, prosesnya juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setelah itu, Anda bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagai bukti yang sah jika vernier checker milik Anda sudah terkalibrasi dengan baik dan bisa digunakan dengan akurasi yang tinggi.

Layanan Jasa Kalibrasi Vernier Checker Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi vernier checker yang terakreditasi dari KAN? Ini akan sangat mudah apabila Anda mempercayakannya kepada Kalibrasi.com! Kalibrasi.com merupakan platform online kalibrasi pertama di Indonesia yang bisa menyediakan kalibrasi dengan ruang lingkup yang sangat luas termasuk untuk kalibrasi berbagai peralatan ukur panjang.

Sudah banyak industri yang mempercayakan jasa kalibrasi vernier checker di Kalibrasi.com karena berbagai keunggulannya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Vernier Checker di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ini akan sangat menguntungkan apabila Anda mempercayakan Kalibrasi.com karena dijamin kompetensinya dalam melaksanakan kalibrasi.

Ada beberapa mitra dari Kalibrasi.com yang sudah terakreditasi KAN yang akan melakukan kalibrasi vernier checker, di antaranya:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Vernier Checker dari Kalibrasi.com

Selain akreditasi dari KAN, sebenarnya Kalibrasi.com sebagai penyedia jasa kalibrasi vernier checker memiliki kelebihan yang lain seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Memilih jasa kalibrasi di Kalibrasi.com untuk vernier checker memang sangat menguntungkan. Berbagai kelebihan di atas memang hanya sebagian kecil saja, temukan kelebihan jasa kalibrasi vernier checker di Kalibrasi.com lainnya dengan buat penawaran kalibrasi di form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.