Cara Kalibrasi Welding Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Welding Gauge Terpercaya

0

Welding gauge atau alat ukur las merupakan alat ukur yang digunakan untuk semua pengukuran selama pekerjaan pengelasan. Sebagian besar bahan yang digunakan adalah baja tahan karat yang tidak mudah berkarat, dan pengukur yang diperlukan untuk pengukuran biasanya terintegrasi, tetapi ada juga produk tunggal seperti pengukur alur.

Dalam penggunaan dari welding gauge, akan sangat memungkinkan walaupun memang memiliki pengukuran yang akurat seiring dengan penggunaannya akan memberikan pengukuran yang tidak akurat juga. Maka dari itu dibutuhkanlah kalibrasi welding gauge.

Akan tetapi, setiap proses dari kalibrasi tidaklah mudah, Anda harus mengerti bagaimana cara kalibrasi welding gauge yang baik dan juga benar.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Welding Gauge

Kalibrasi akan sangat bermanfaat untuk bisa mengetahui apakah alat ukur memiliki pengukuran yang sudah tepat atau belum. Ini akan sama seperti welding gauge apabila Anda melakukan kalibrasi secara rutin dan dengan cara yang benar. Maka dari itu, Anda harus tahu standar acuan, metode, dan juga prosedur yang harus dilakukan dalam kalibrasinya.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Welding Gauge

Kalibrasi untuk welding gauge memiliki standar acuan berupa standar pengukuran panjang kedalaman dan juga ketebalan dari sudut. Dengan standar acuan tersebut, kalibrasi dari welding gauge bisa dilakukan.

Selain itu, untuk metode dari kalibrasi welding gauge sendiri akan menggunakan metode IK-D-48 dengan mengkomparasi gauge block, length gauge, dan juga angle block.

Prosedur Cara Kalibrasi Welding Gauge

Setelah memahami cara kalibrasi welding gauge seperti standar acuan dan juga metode dari kalibrasinya, Anda bisa melakukan kalibrasi welding gauge dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan dengan mempersiapkan welding gauge yang sudah dibersihkan, alat kalibrasi, dan pengkondisian dari ruangan kalibrasi.
  2. Setelah semua persiapan selesai, selanjutnya adalah dengan mencari nilai kalibrasi welding gauge. Nilai kalibrasi akan sangat penting ditemukan karena ini merupakan penentuan dari hasil kalibrasi. Penentuan ini akan dilakukan dengan rentang ukur sebagai berikut:
  • 0 mm – 60 mm (panjang) dengan toleransi 0.58 mm.
  • 0mm – 20 mm (kedalaman) dengan toleransi 0.58 mm.
  • 0 mm – 20 mm (ketebalan) dengan toleransi 0.58 mm.
  • 0 derajat – 30 derajat (sudut) dengan toleransi 2.9 derajat.
  1. Apabila memang nilai kalibraisnya ada diluar batas toleransi, Anda harus membenarkannya sampai dengan batas toleransi.
  2. Setelah itu, hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi yang meliputi banyak faktor seperti suhu dan juga kelembapan dari ruangan kalibrasi.
  3. Terakhir, dokumentasikan seluruh proses kalibrasi welding gauge untuk dibuat laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Welding Gauge

Welding gauge sebenarnya akan sama saja dengan instrumen panjang lainnya. Dengan penggunaan yang terus menerus, biasanya akan dilaksanakan kalibrasi dengan jangka waktu 12 bulan sekali. Akan tetapi, itu tidak bisa menjadi patokan selamanya.

Anda bisa melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi welding gauge dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apabila Anda merasa susah dengan cara kalibrasi welding gauge, memang yang paling benar adalah dengan menggunakan jasa kalibrasi welding gauge. Mereka bisa melaksanakan kalibrasi welding gauge dengan baik dan benar dan pastinya terpercaya.

Anda bisa memilih yang sudah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Ini akan bisa memberikan berbagai keuntungan seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Setiap kalibrasi di jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi akan memberikan kepada Anda hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, prosesnya sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setiap kalibrasi yang dilakukan di jasa kalibrasi welding gauge terakreditasi KAN bisa memberi kepada Anda bukti sertifikat kalibrasi yang dapat Anda pertanggung jawabkan hasil kalibrasi dari welding gauge Anda.

Layanan Jasa Kalibrasi Welding Gauge Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi welding gauge yang terpercaya dan juga terakreditasi KAN? Kalibrasi.com adalah jawabannya!

Sebagai jasa kalibrasi yang dapat Anda andalkan, Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan yang sangat menarik dari jasa kalibrasi andalan Anda untuk industri Anda sendiri.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Welding Gauge di Kalibrasi.com

Tidak perlu lagi ragu dengan memilih Kalibrasi.com sebagai jasa kalibrasi welding gauge, Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Kalibrasi.com akan melaksanakan kalibrasi welding gauge dengan mitra yang terakreditasi seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT PANANJUNG ANUGRAH SOLUTION
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Welding Gauge dari Kalibrasi.com

Selain keuntungan berupa ruang lingkup yang luas dan juga mitra yang terakreditasi, memilih jasa kalibrasi welding gauge di Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menguntungkan sekali bukan? maka dari itu, sekarang juga percayakan jasa kalibrasi welding gauge di Kalibrasi.com dengan isi form di bawah ini untuk melakukan penawaran kalibrasi welding gauge sekarang juga!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.