Jenis-jenis Sertifikasi Kalibrasi yang Wajib Diketahui

0

Dalam dunia industri, setiap kali kita melakukan proses kalibrasi, hal tersebut harus sesuai dengan standar yang berlaku. Kenapa begitu? Karena sertifikasi kalibrasi sangat penting sebagai penanda kualitas dari alat yang telah dikalibrasi. Alat yang telah dikalibrasi dengan benar akan menghasilkan pengukuran yang lebih akurat dan handal. 

Dengan begitu, kita akan lebih yakin dalam mengambil keputusan berdasarkan data yang dihasilkan oleh alat tersebut. Lalu, apa sajakah jenis-jenis sertifikasi kalibrasi yang perlu kita ketahui? Mari kita bahas selengkapnya di artikel berikut ini.

Pentingnya Menggunakan Sertifikasi Kalibrasi

Sebelum kita membahas jenis-jenis sertifikasi kalibrasi, ada baiknya kita mengetahui dulu pentingnya menggunakan sertifikasi kalibrasi. Secara sederhana, sertifikasi kalibrasi adalah dokumen yang berisi informasi tentang proses dan hasil kalibrasi suatu perangkat. Yang mana dokumen ini bisa berfungsi sebagai bukti bahwa sudah perangkat tersebut sudah dikalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Adapun beberapa informasi yang terkandung dalam sertifikasi kalibrasi sangat penting, mulai dari metode kalibrasi yang digunakan, hasil kalibrasi, hingga kondisi perangkat saat pengukuran. Oleh karena itu, sertifikasi kalibrasi bukan hanya menjadi bukti, tetapi juga menjadi sumber informasi yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran kita tepat dan akurat.

Jenis-jenis Sertifikasi Kalibrasi

Pada umumnya, ada beberapa jenis jenis sertifikasi kalibrasi yang biasa digunakan dalam dunia industri, antara lain Sertifikasi ISO dan Sertifikasi SNI. Kedua sertifikasi ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses sertifikasi instrumentasi dan kalibrasi.

Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO merupakan Standar Internasional yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi. ISO/IEC 17025 adalah salah satu contohnya, yang menjadi standar untuk laboratorium pengujian dan kalibrasi. Laboratorium yang telah mendapatkan sertifikasi ini diakui memiliki kompetensi teknis dan dapat diandalkan.

Sertifikasi SNI

Sertifikasi SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional. Sertifikasi ini menjamin bahwa produk atau layanan telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh negara.

Kesimpulan

Memahami jenis jenis sertifikasi kalibrasi sangat penting untuk memastikan bahwa proses dan hasil kalibrasi perangkat kita memenuhi standar yang berlaku. Dengan menggunakan sertifikasi kalibrasi, kita dapat memastikan keakuratan dan keandalan pengukuran, yang tentunya akan sangat berguna dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa perangkat kita telah dikalibrasi dan disertifikasi oleh laboratorium yang memiliki kredibilitas dan akreditasi yang tepat.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.