Memahami Jenis-jenis Kalibrasi Berdasarkan Ruang Lingkup

0

Sebagai teknisi kalibrasi atau pemilik alat ukur, tentu saja memahami berbagai jenis dari kalibrasi memang sangat penting. Pasalnya, untuk setiap standar kompetensi dari laboratorium memang berbeda-beda, ada yang Cuma di satu ruang lingkup saja, ada pula yang memberikan ruang lingkup kalibrasi yang lengkap. Setiap alat ukur memiliki ruang lingkupnya sendiri yang akan dikelompokkan dengan instrumen lainnya dengan ruang lingkup yang sama.

Dimanapun pengukuran memang sangat penting, kalibrasi juga sangat penting karena memungkinkan pengguna dan bisnis untuk memiliki kepercayaan pada hasil yang mereka pantau dan catat. Pelaksanaan kegiatan kalibrasi memiliki banyak macam berdasarkan ruang lingkupnya.

Kalibrasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Kalibrasi alat ukur bisa dibedakan menjadi berbagai jenis ruang lingkup. Mari kita cari tahu apa saja kalibrasi jika kita bedakan berdasarkan ruang lingkupnya.

Ruang Lingkup Kalibrasi Massa

Alat ukur yang sering kali digunakan di industri atau di sektor lainnya adalah massa. Ruang lingkup kalibrasi massa sangat masif untuk sekarang ini. Seperti contohnya timbangan berat, timbangan digital, dan timbangan dengan jenis lain perlu adanya kalibrasi. 

Ruang Lingkup Kalibrasi Waktu dan Frekuensi

Ruang lingkup kalibrasi waktu dan frekuensi merupakan salah satu ruang lingkup kalibrasi yang sangat penting. Ini menentukan berbagai alat ukur di ruang lingkup tersebut bisa melakukan kalibrasi dengan baik dan benar. Kalibrasi di ruang lingkup ini untuk mempertahankan waktu yang akurat dan standar frekuensi.

Beberapa alat ukur yang ada di ruang lingkup ini adalah frequency counter, stopwatch, oscilloscope – vertical deflection, oscilloscope analog – volt/division, rpm calibrator (stroboscope), rpm meter/tachometer, oscilloscope digital – time/division, frekuensi meter dan ECG meter.

Ruang Lingkup Kalibrasi Volumetrik

Ruang lingkup kalibrasi volumetrik adalah proses kalibrasi yang dilakukan untuk berbagai instrumen yang digunakan untuk mengukur volume cairan atau gas. Biasanya, ruang lingkup ini diisi dengan berbagai instrumen laboratorium seperti labu ukur, buret, pipet ukur, pipet volume, dispenser dan gelas ukur.

Ruang Lingkup Kalibrasi Tekanan

Selanjutnya adalah ruang lingkup tekanan. Semakin ke sini akan semakin banyak industri yang menggunakan instrumen tekanan. Kalibrasi tekanan atau pressure ini akan sangat penting demi kelangsungan industri.

Beberapa contoh instrumen tekanan yang dikalibrasi secara teratur adalah:

  • Pengukur Tekanan Digital
  • Indikator Digital
  • Transduser
  • Pemancar
  • Pengukur Tekanan Analog
  • Barometer
  • Pengukur Uji 

Ruang Lingkup Kalibrasi Instrumen Analitik

Pada ruang lingkup kalibrasi instrumen analitik, ini sangat penting dalam menentukan akurasi pada instrumen analitik. Alat ukur yang ada di ruang lingkup ini yang dilakukan kalibrasi secara rutin di antaranya gas detector – H2s, spektofotometer UV VIS, pH checker, transmission densitometer, automotive emission analyzer – O2, inductivity meter, indoor & outdoor gas ambient analyzer – O3, fixed gas monitoring/air quality monitoring – voc (isobutylene), dan pH meter.

Ruang Lingkup Kalibrasi Gaya

Untuk ruang lingkup kalibrasi gaya, ini bertujuan untuk melakukan verifikasi pengukuran dari berbagai alat ukur di dalam ruang lingkup gaya. Beberapa contoh alat ukur gaya seperti alat uji tekan, torsi meter, push-pull gauge, cable tension meter, proving ring / load cell (tekan), dan mesin tarik (gaya tarik).

Ruang Lingkup Kalibrasi Panjang

Lalu ada ruang lingkup kalibrasi panjang. Ruang lingkup ini akan melakukan kalibrasi pada berbagai instrumen yang digunakan untuk pengukuran panjang dengan menggunakan standar referensi yang sudah diketahui. 

Beberapa contoh alat ukur panjang yang selalu dikalibrasi adalah dial indicator tester, siku, caliper/jangka sorong, outside micrometer, holtest (three point inside micrometer), dan dial calibrator (calibration tester).

Ruang Lingkup Kalibrasi Torsi

Pada ruang lingkup kalibrasi torsi, ini akan mengukur perputaran sesuai dengan waktu yang ditentukan dan sesuai dengan standar acuan yang berlaku. Di ruang lingkup ini, ada beberapa alat ukur torsi yang dilakukan kalibrasi seperti torsi meter, torque calibrator, torque mutifier, torque driver, torque wrench, dan torque meter (Screw Scrap Tester).

Ruang Lingkup Kalibrasi Fotometri

Kalibrasi fotometri adalah proses yang bertujuan untuk memastikan akurasi alat yang digunakan dalam mengukur cahaya dan karakteristiknya, seperti intensitas atau warna. Dalam ruang lingkup kalibrasi fotometri beberapa alat yang termasuk dalam ruang lingkupnya antara lain suhu warna lampu (tipe a), light box, light meter suhu warna, dan lux meter.

Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan

Kalibrasi kekerasan adalah proses yang melibatkan pemeriksaan dan penyesuaian pengaturan perangkat pengujian kekerasan. Dalam ruang lingkup kalibrasi kekerasan, beberapa alat yang termasuk dalam ruang lingkupnya yaitu durometer (hardness shore).

Ruang Lingkup Kalibrasi Arus dan Aliran

Pengukur aliran (atau sensor aliran) adalah alat uji yang digunakan untuk mengukur laju aliran linier, nonlinier, massa, atau volumetrik dari cairan atau gas. Laju aliran mengacu pada kecepatan di mana fluida proses bergerak melalui pipa, lubang, atau bejana pada waktu tertentu dan insinyur kontrol dan instrumentasi perlu mengukur nilai ini untuk memantau dan mengatur kecepatan dan efisiensi proses dan perangkat aliran industri.

Ruang lingkup kalibrasi arus dan aliran memiliki berbagai alat ukur yang harus dilakukan kalibrasi seperti:

  • Thermal Mass Flowmeters
  • Laminar Flowmeters
  • Rotameters gas dan udara
  • Turbine Meters 

Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

Untuk ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi, ini akan sangat penting di berbagai industri manufaktur dan juga otomotif. Untuk melaksanakan kalibrasi ini, harus sesuai dengan standar acuan yang berlaku.

Untuk contoh alat ukur akustik dan vibrasi yang dilakukan kalibrasi diantaranya:

  • Vibration calibrator/exciter/meja vibrasi
  • Sound level meter
  • Exciter
  • Sound calibrator
  • Vibration meter

Ruang Lingkup Kalibrasi Kelistrikan

Pada ruang lingkup kalibrasi kelistrikan mengacu pada proses verifikasi kinerja instrumen apa pun yang mengukur atau menguji parameter kelistrikan seperti: voltase, arus, resistansi, induktansi, kapasitansi, waktu dan frekuensi.

Berbagai alat ukur yang ada di ruang lingkup kalibrasi kelistrikan di antaranya:

  • Data logger
  • Electrical meter
  • Multi-meter
  • Oscilloscope
  • Frequency counter
  • Insulation tester
  • Loop tester

Ruang Lingkup Kalibrasi Suhu dan Kelembapan

Dalam semua proses di mana pembacaan suhu memiliki peran penting, kalibrasi suhu dilakukan dan dilakukan di lingkungan yang terkendali. Ruang lingkup kalibrasi suhu dan kelembapan memang sangat krusial dan harus dilakukan di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi karena memiliki ruang kalibrasi sesuai dengan standar ISO 17025.

Beberapa contoh alat ukur di ruang lingkup ini adalah:

  • Data acquisition system
  • Thermometers/thermocouple
  • Dial thermometer
  • Chambers/furnace
  • Infrared meter
  • Parts and thermistor
  • Kamera thermal

Ruang Lingkup Kalibrasi Densitas dan Kepadatan

Kalibrasi densitas merupakan proses untuk memverifikasi dan menyesuaikan alat yang digunakan dalam mengukur densitas zat, guna memastikan pembacaan yang akurat dan dapat diandalkan. Di dalam ruang lingkup kalibrasi densitas dan kepadatan, terdapat beberapa alat yang termasuk di antaranya adalah hydrometer. 

Dengan melakukan kalibrasi secara berkala, alat seperti hydrometer dapat memberikan hasil pengukuran densitas yang lebih tepat, sehingga memastikan ketepatan dan konsistensi dalam analisis densitas suatu zat atau material.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali ruang lingkup kalibrasi jika dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Anda harus teliti dalam memilih ruang lingkup ini agar bisa memastikan jasa kalibrasi yang Anda dapatkan memang sesuai atau tepat dengan kebutuhan Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.