Penjelasan, Kelebihan Dan Kekurangan Kalibrasi Eksternal

0

Seperti yang kita tahu, untuk melakukan kalibrasi alat ukur ada dua cara, yaitu kalibrasi internal dan juga eksternal. Kita sudah membahas tentang kalibrasi internal dan sekarang kita akan membahas tentang kalibrasi eksternal. 

Kalibrasi eksternal membutuhkan pengaturan optimal dan perawatan yang tepat untuk keseimbangan dan bobot. Ini cepat dan mudah, tetapi membutuhkan ketekunan untuk mempertahankan kalibrasi yang optimal. berbeda dengan kalibrasi internal lebih cocok jika kondisi bervariasi, atau jika keadaan mencegah seringnya kalibrasi manual.

Jadi, apa yang perlu Anda ketahui tentang kalibrasi eksternal? Dan apa saja kelebihan serta kekurangan dari melakukan kalibrasi eksternal?

Pengertian Dari Kalibrasi Eksternal

Kalibrasi eksternal adalah proses kalibrasi alat ukur secara manual dengan standar acuan yang telah ditentukan. 

Pada dasarnya, pengguna mengatur alat ukur untuk dikalibrasi (secara manual atau melalui menu dengan timbangan digital misalnya), meletakkan massa kalibrasi pada timbangan dan memverifikasi bahwa berat yang ditampilkan sudah benar. Akan tetapi, hal tersebut dilakukan secara lebih dalam dan dilakukan di pihak ketiga.

Pihak ketiga inilah yang berhak untuk melakukan kalibrasi eksternal karena mereka sudah memiliki akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN yang menjamin adanya standar kompetensi yang jelas serta standar ruang kalibrasi sesuai dengan standar ISO 17025.

Keunggulan Menggunakan Kalibrasi Eksternal

Kalibrasi untuk instrumen atau alat ukur merupakan hal yang sangat kritis, terlebih lagi penggunaan dari alat ukur ini digunakan untuk industri ataupun sektor jasa. Melakukan kalibrasi secara manual tentu saja memerlukan adanya pengetahuan yang luas tentang bagaimana pengukuran dari alat ukur tersebut bisa dinyatakan benar.

Melaksanakan kalibrasi eksternal tentu saja memungkinkan untuk Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya:

Menghemat Biaya

Keunggulan utama menggunakan kalibrasi eksternal adalah menghemat biaya. Dengan mengandalkan layanan kalibrasi dari pihak luar, perusahaan atau laboratorium tidak perlu menginvestasikan dana besar untuk membangun dan memelihara laboratorium kalibrasi internal. Ini akan mengurangi biaya operasional jangka panjang dan memungkinkan perusahaan untuk fokus pada kegiatan inti bisnisnya.

Menghemat Waktu

Mengkalibrasi alat ukur dan instrumen secara internal memerlukan waktu dan tenaga, terutama jika perusahaan tidak memiliki sumber daya dan personel yang cukup untuk tugas tersebut. Dengan menggunakan layanan kalibrasi eksternal, perusahaan dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk kegiatan lain yang lebih strategis.

Kekurangan Menggunakan Kalibrasi Eksternal

Disamping adanya kelebihan dari kalibrasi eksternal, tentu saja ada kekurangan yang pastinya harus Anda pahami dan Anda maklumi. Apa saja kekurangan dari menggunakan kalibrasi eksternal?

Ketergantungan Kalibrasi Terhadap Pihak Luar

Salah satu kekurangan menggunakan kalibrasi eksternal adalah ketergantungan pada pihak luar. Perusahaan harus mengandalkan layanan dari laboratorium kalibrasi eksternal, yang berarti bahwa mereka harus menyesuaikan jadwal kalibrasi dengan ketersediaan pihak eksternal. Jika terjadi kendala atau keterlambatan dalam pelayanan, ini dapat berdampak pada kelancaran proses produksi atau operasional.

Resiko Kerusakan Alat Saat Pengiriman

Apabila Anda melakukan kalibrasi di luar perusahaan Anda, maka Anda harus mengirimkan instrumen ke laboratorium kalibrasi. Alat ukur biasanya yang dilakukan pengiriman tidak selamanya memiliki logistik yang bagus. Adanya risiko kerusakan alat saat pengiriman selalu membayang-bayangi.

Maka dari itu, Anda harus memastikan Anda memilih jasa kalibrasi dengan layanan logistik terpercaya untuk keamanan dari alat ukur Anda.

Waktu Yang Mungkin Lebih Lama

Proses kalibrasi eksternal dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan kalibrasi internal. Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti jarak pengiriman alat ke laboratorium, jadwal pelayanan laboratorium, dan proses administratif yang harus diselesaikan. Jika perusahaan membutuhkan hasil kalibrasi dengan cepat, ini dapat menjadi tantangan.

Jadi, pastikan Anda harus mengerti kapan harus melakukan kalibrasi agar saat Anda membutuhkan alat ukur tersebut, alat ukur sudah dilakukan kalibrasi dan sudah sampai ke Anda kembali.

Kesimpulan

Meskipun ada beberapa kekurangan, menggunakan kalibrasi eksternal tetap menjadi pilihan yang baik terutama bagi perusahaan yang tidak memiliki sumber daya dan infrastruktur untuk melaksanakan kalibrasi internal. Akan tetapi, pastikan Anda memilih laboratorium kalibrasi terpercaya dan juga sudah mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional untuk meminimalisir kekurangan di atas.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.