Menjaga Kualitas Obat Obatan Dengan Kalibrasi Farmasi

0

Layanan kesehatan dalam sebuah fasilitas kesehatan baik itu rumah sakit hingga farmasi haruslah memiliki standar yang tinggi karena berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Terutama pada bidang farmasi yang mempengaruhi kualitas obat-obatan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

Dalam dunia kesehatan, Produksi obat-obatan berkualitas tinggi menjadi aspek sangat penting. Untuk menjaga dan memastikan kualitas tersebut, peran kalibrasi farmasi menjadi sangat penting. Artikel ini akan menjelaskan mengenai pentingnya kalibrasi dalam bidang farmasi dan bagaimana melakukannya dengan tepat.

Mengenal Tentang Kalibrasi Farmasi

Kalibrasi dalam konteks farmasi merupakan proses dimana instrumen atau alat ukur dibandingkan dengan standar referensi yang diketahui. Perbedaan antara nilai yang diukur dan nilai standar tersebut menentukan performa dari instrumen yang digunakan. Dalam dunia farmasi, kalibrasi ini menjadi sangat penting mengingat keamanan dan kualitas produk adalah hal yang harus diutamakan. Tanpa kalibrasi yang tepat, berbagai masalah teknis dapat muncul dan berpotensi menjadi bencana bagi industri farmasi.

Tujuan Kalibrasi Farmasi Dilakukan

Kalibrasi farmasi dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua instrumen dan alat ukur bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang akurat. Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas obat-obatan yang diproduksi. 

Peningkatan frekuensi kalibrasi mungkin diperlukan ketika instrumen menunjukkan hasil di luar batas toleransi, terjadi kesalahan pengukuran yang berpotensi mengganggu kualitas produk, atau saat instrumen digunakan dalam proses kritis yang berisiko tinggi.

Syarat Melakukan Kalibrasi Farmasi

Melakukan kalibrasi farmasi memerlukan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya adalah:

Menggunakan standar acuan paling tepat

Alat farmasi harus dilakukan kalibrasi sesuai dengan standar acuan yang tepat. Standar acuan yang digunakan harus dapat ditelusuri ke standar nasional atau internasional untuk memastikan hasil pengukuran yang akurat.

Menggunakan metode kalibrasi yang sesuai

Setiap alat ukur pasti memiliki metode kalibrasi yang berbeda-beda tak terkecuali alat kesehatan ataupun farmasi. Metode kalibrasi yang diakui secara nasional atau internasional harus digunakan untuk memastikan hasil yang akurat dan konsisten.

Personil kalibrasi yang terlatih

Keakuratan dan kekonsistenan hasil pengukuran alat kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu, Individu yang melakukan kalibrasi harus memiliki pelatihan yang memadai dan dibuktikan dengan sertifikasi dari laboratorium yang terakreditasi.

Lingkungan atau ruangan kalibrasi yang terkondisi

Farmasi memiliki standar yang tinggi terutama dalam hal ruangan kalibrasinya. Proses kalibrasi harus dilakukan dalam lingkungan yang tepat, seperti suhu, kelembaban, tekanan udara, aliran udara, dan kedap getaran. Karena dapat mempengaruhi hasil yang terkenal sensitif bagi alat farmasi dan alat kedokteran.

Peralatan kalibrasi dalam kondisi yang baik

Alat yang akan dikalibrasi harus dalam keadaan berfungsi dengan baik dan tidak rusak. Jika alat farmasi tersebut rusak maka akan membuatnya menjadi percuma, karena nantinya akan kembali menjadi tidak akurat lagi walaupun sudah dikalibrasi berulang-ulang.

Kesimpulan

Dalam dunia farmasi, menjaga kualitas produk merupakan hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan melakukan kalibrasi farmasi yang tepat dan akurat. Dengan memastikan bahwa semua instrumen dan alat ukur bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang akurat, kita dapat memastikan bahwa obat-obatan yang dihasilkan adalah produk yang berkualitas dan aman untuk digunakan oleh masyarakat secara luas.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.