Aspek dan Biaya Melakukan Kalibrasi Internal untuk Alat Ukur

0

Kalibrasi internal adalah kegiatan kalibrasi yang dilakukan secara internal oleh perusahaan tanpa menggunakan jasa kalibrasi alat ukur dari luar. Ini merupakan metode yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki instrumen atau alat ukur dalam jumlah banyak. 

Dengan melakukan kalibrasi secara mandiri, mereka dapat menekan biaya yang bisa jadi cukup besar. Namun, kalibrasi internal ini bukan sekedar proses kalibrasi sembarangan, ada aspek-aspek tertentu yang perlu dipertimbangkan.

Aspek yang Terdapat Dalam Kalibrasi Internal

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam proses kalibrasi internal ini. Mari kita bahas satu per satu aspek kalibrasi internal di bawah ini.

Aspek Lingkungan

Lingkungan yang memadai adalah kunci utama dalam proses kalibrasi. Bagi perindustrian maupun laboratorium sebaiknya didesain agar sesuai faktor lingkungan yang dapat meminimalisir ketidakpastian pada hasil pengukuran. Misalnya pada alat ukur dimensi dan volume, dapat dipengaruhi oleh perubahan temperatur sehingga lingkungan yang stabil dan sesuai standar.

Aspek Alat Ukur

Alat ukur yang digunakan juga memiliki peran penting dalam proses kalibrasi internal. Alat ukur harus memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan resolusi yang sesuai. Sebagai catatan, alat ukur yang paling mahal pun bisa rusak dan mengalami penurunan akurasi setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu.

Aspek Pengadaan Standar Alat Ukur

Pengadaan standar alat ukur yang tepat sangat penting dalam kalibrasi internal. Standar ini harus bisa menjamin nilai ukuran yang dihasilkan tertelusur dan hasil ukur dapat diterima di mana pun. Pemilihan standar ini dapat dilakukan dari segi tingkat akurasi, resolusi, dan tentunya dari segi harga.

Aspek Kompetensi Pekerja

Kompetensi pekerja yang melakukan kalibrasi juga menjadi faktor yang tidak kalah penting. Pekerja tersebut harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan kalibrasi alat ukur. Mereka bisa mendapatkan pelatihan khusus tentang kalibrasi alat ukur untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Biaya Kalibrasi Internal Terbaru

Mengenai biaya, melakukan kalibrasi secara internal tentunya lebih terjangkau karena dilakukan sendiri oleh petugas atau pekerja kita yang tentunya sudah bersertifikasi serta melalui berbagai jenis pelatihan yang berkaitan dengan kalibrasi alat ukur. Meski begitu, bukan berarti tidak ada biaya sama sekali. Perusahaan harus mengalokasikan dana untuk pengadaan alat ukur, pelatihan pekerja, dan pemeliharaan lingkungan laboratorium agar tetap kondusif untuk kalibrasi.

Kesimpulan

Melakukan kalibrasi internal memang dapat membantu perusahaan menekan biaya kalibrasi. Namun, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk memastikan hasil kalibrasi yang akurat, seperti lingkungan laboratorium, alat ukur yang digunakan, standar alat ukur, dan kompetensi pekerja. 

Selain itu, biaya kalibrasi internal sendiri tentu akan lebih terjangkau dibandingkan dengan menggunakan jasa eksternal, walaupun tentu saja masih memerlukan investasi. Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan kalibrasi internal, sebaiknya perusahaan menimbang-nimbang terlebih dahulu aspek-aspek dan biaya yang dibutuhkan.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.