Kegiatan Kalibrasi Ulang Guna Meningkatkan Mutu Produksi Lebih Baik

0

Kalibrasi ulang adalah suatu proses penting dalam memastikan bahwa alat ukur atau instrumen yang digunakan dalam proses produksi memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Dalam lingkungan industri, keakuratan pengukuran sangatlah krusial karena hasil yang tidak tepat dapat berdampak negatif pada mutu produksi dan efisiensi operasional. Kalibrasi ulang dilakukan untuk memverifikasi kembali performa alat ukur dan mengkompensasi setiap penyimpangan yang terjadi setelah kalibrasi awal dilakukan. Dengan melakukan kalibrasi ulang secara teratur, pemilik alat ukur dapat memastikan bahwa produksi dilakukan dengan tingkat akurasi yang optimal.

Mengapa Harus Ada Kalibrasi Ulang?

Sebagai pemilik alat ukur, melakukan kalibrasi ulang memiliki beberapa alasan utama yang penting. Pertama, seiring waktu dan penggunaan, alat ukur cenderung mengalami penyimpangan dari hasil pengukuran yang sebenarnya. Dengan melakukan kalibrasi ulang, kita dapat mengoreksi penyimpangan ini dan memastikan alat tetap memberikan hasil yang akurat.

Kedua, regulasi dan standar industri sering mengharuskan alat ukur untuk menjalani kalibrasi ulang secara teratur. Hal ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan. Ketiga, kalibrasi ulang juga berperan dalam mendukung sertifikasi dan akreditasi laboratorium atau fasilitas produksi, yang memberikan kepercayaan dan integritas terhadap hasil pengukuran yang dihasilkan.

3 Kegiatan Kalibrasi Ulang 

Berikut adalah tiga kegiatan utama dalam proses kalibrasi ulang:

Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan untuk mengevaluasi kondisi fisik alat ukur. Hal ini mencakup pengecekan apakah alat mengalami kerusakan atau aus pada bagian-bagian tertentu. Jika ditemukan kerusakan atau komponen yang perlu diganti, maka pemeriksaan ini memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan sebelum melanjutkan proses kalibrasi ulang.

Pengujian

Pengujian dilakukan untuk menguji keakuratan alat ukur dengan menggunakan standar kalibrasi yang terukur. Hasil pengukuran dari alat ukur akan dibandingkan dengan hasil dari standar kalibrasi untuk menentukan apakah terjadi penyimpangan atau tidak. Jika terdapat perbedaan, koreksi akan dilakukan pada alat ukur untuk mengembalikan akurasi yang sesuai.

Pembubuhan Tanda Kalibrasi Ulang

Setelah kalibrasi ulang selesai dilakukan dan alat ukur telah memenuhi persyaratan akurasi, maka alat akan diberikan tanda kalibrasi ulang yang menunjukkan tanggal kalibrasi terakhir. Tanda ini berguna untuk memantau kapan kalibrasi ulang berikutnya harus dilakukan.

Kapan Harus Dilakukan Kalibrasi Ulang

da beberapa situasi di mana kalibrasi ulang harus dilakukan:

Habis Masa Berlaku Kalibrasi

Setiap alat ukur memiliki masa berlaku kalibrasi yang telah ditentukan. Setelah masa berlaku tersebut habis, kalibrasi ulang harus dilakukan untuk memastikan akurasi alat.

Tanda Kalibrasi Rusak

Jika tanda kalibrasi pada alat rusak atau hilang, maka kalibrasi ulang perlu dilakukan untuk memperbaharui tanda dan memastikan kalibrasi terakhir yang dilakukan.

Setelah Dilakukan Perbaikan

Jika alat ukur mengalami perbaikan atau penggantian komponen krusial, kalibrasi ulang diperlukan untuk memverifikasi performa alat setelah perbaikan dilakukan.

Terjadi Penyimpangan Hasil Ukur

Jika terjadi penyimpangan yang signifikan dalam hasil pengukuran, kalibrasi ulang harus segera dilakukan untuk menentukan penyebabnya dan mengoreksi hasil yang tidak akurat.

Baca Juga : Inilah Contoh Perubahan Kalibrasi yang Sering Terjadi

Kesimpulan

Kalibrasi ulang merupakan kegiatan yang krusial dalam upaya meningkatkan mutu produksi. Dengan memastikan bahwa alat ukur memberikan hasil yang akurat dan konsisten, pemilik alat ukur dapat menghindari kesalahan dalam proses produksi, meningkatkan kualitas produk, serta mencapai efisiensi operasional yang lebih baik. Melalui pemeriksaan, pengujian, dan pembubuhan tanda kalibrasi ulang, alat ukur dapat dijaga performanya agar tetap sesuai dengan standar yang diharapkan.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.